cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Dongeng #Yupiness-ku - Hari Dongeng Sedunia

Hi Yupiers!

Dongeng anak menjadi salah satu trik biar si kecil bisa tidur cepat dan pulas. Ngga hanya itu, dongeng anak di malam hari dapat memberikan ruang imajinasi dan membangun pola pikir anak melalui pesan moral yang ada di dalam ceritanya, lho! Jadi, selain untuk #Yupiness, dongeng anak ini sangat penting untuk pengembangan diri anak!

Yumin punya beberapa rekomendasi cerita anak dengan pesan moral yang pasti si kecil suka nih!

  1. Yupiland
 yupiland

Keceriaan dan imajinasi yang sudah tercipta kini mulai pupus dari bumi. Ditandai dengan kehadiran Saddow, yaitu makhluk jahat yang memakan keceriaan dan imajinasi. Saddow dan pasukannya (awan hitam kecil) ingin menguasai seluruh dunia Yupi yang terbagi menjadi jungle, sea, city dan space serta merebut semua keceriaan di sana.

Namun, datang seorang pahlawan yaitu Yuro dari dunia space juga Siska, yaitu anak perempuan dengan hati yang murni, ceria dan imajinatif. Mereka ingin menyelamatkan dunia Yupi dan mengembalikan keceriaan seperti sediakala. Di dalam petualangannya, Yuro dan Siska mengalami banyak kesulitan. Namun karena bantuan pahlawan setiap dunia Yupi, mereka berhasil untuk mengarungi setiap tantangan yang ada.

Dunia pertama yang mereka datangi yaitu Yupi Forest, saat sampai di sana, Mayor Dinono langsung menceritakan perbuatan Saddow sehingga membuat tiga sahabat pahlawan bernama Berry Straw, Milly Moos, dan Ngo Ngo menjadi murung. Yuro dan Siska langsung berinisiatif mengajak ketiga sahabat tersebut untuk bermain dan bernyanyi bersama sehingga keceriaan pun perlahan datang kembali.
 
Setelah mengetahui hal tersebut, Saddow dan pasukannya langsung mengejar Yuro dan Siska. Mayor Dinono langsung memberikan Jelly Dino kepada mereka. Saat Yuro dan Siska memakan Jelly Dino, mereka memiliki kekuatan super seperti Dino yang kuat dan gagah sehingga membuat beberapa pasukan awan hitam kabur.

Yuro dan Siska ngga berhenti untuk memasuki dunia Yupi lainnya untuk diselamatkan. Baik itu Yupi Sea dengan pahlawan Rolleto, Sharky Shark, dan Snix; Yupi city dengan pahlawan Master Calcio Abracadabra, BB, Burger, dan Armand yaitu kakak Siska; dan Yupi Space dengan pahlawan Gummy Fangs, dan Twinkle. Kini semua pahlawan bersatu dan berhasil melawan Saddow dan pasukannya hingga Saddow berjanji ngga akan mengambil kebahagiaan di dunia Yupi lagi.

  1. Dongeng tentang Kancil dan Buaya
kancil dan buaya

Siapa sih Yupiers yang gatau dongeng yang satu ini? Dongeng ini menceritakan tentang seekor kancil yang sedang berjalan-jalan di dalam hutan untuk mencari makanan karena persediaan makanannya sudah menipis. Namun ternyata ia harus menyeberang sungai yang dihuni banyak sekali buaya besar yang sangat lapar. Kancil pun berpikir sejenak, lalu ia mendekat ke tepi sungai dan mempersiapkan strateginya untuk melewati sungai tersebut.

"Hai buaya, apakah kau sudah makan siang?" tanya kancil dengan suara yang dikeraskan.

Tak lama kemudian, munculah seekor buaya dari permukaan air yang kesal karena tidur siangnya diganggu oleh suara kancil. "Hai kancil, diam kau! Kalo ngga, aku makan nanti kamu,".

"Aku datang ke sini untuk menyampaikan pesan dari raja hutan, jadi janganlah kau makan aku dulu," jawab kancil.

"Ada apa sebenarnya kancil, ayo cepat katakan," kata buaya.

"Baiklah. Raja hutan memintaku untuk menghitung jumlah buaya yang ada di sini. Raja hutan hendak memberikan hadiah untuk kalian," ujar kancil.

"Jadi sekarang, panggil semua temanmu," lanjutnya.

Mendengar hal itu, buaya sangat senang dan langsung memanggil semua kawannya untuk berbaris berjajar di permukaan sungai. Namun, mereka semua ternyata hanya diperdaya oleh si kancil.

Dengan cerdik, si kancil langsung pergi setelah menghitung buaya terakhir di ujung sungai dan lolos dari cengkraman buaya yang lapar.

Kisah kancil dan buaya di atas mengajarkan bahwa dalam hidup, kecerdikan itu penting dan dapat mengalahkan kekuatan. Tetapi berbohong juga ngga patut dibenarkan ya, Yupiers!

  1. Malin Kundang
 malin kundang

Pada dahulu kala, hiduplah seorang perempuan miskin bersama anak tunggalnya, bernama Malin Kundang. Sehari-hari perempuan itu bekerja sebagai nelayan. Namun, penghasilannya ngga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga mereka hidup berkekurangan.

Saat Malin Kundang beranjak dewasa, dia memutuskan untuk merantau ke kota untuk mengadu nasib di sana. Meskipun berat hati, ibunya pun mengizinkan Malin untuk merantau.

Beberapa tahun kemudian, Malin berhasil mengubah nasibnya. Dia telah menjadi saudagar yang kaya raya serta juga mempersunting seorang perempuan bangsawan yang sangat cantik.

Suatu hari Malin kembali ke desanya untuk melihat keadaan di sana. Salah satu warga yang melihat kemudian memberitahukan berita sukacita itu kepada ibu Malin. “Ibu, apakah kau sudah tahu, anakmu Malin sekarang telah menjadi orang kaya," seru tetangga itu.

"Dari mana kau tahu itu? Selama ini aku tak pernah mendapat kabar darinya," ucap ibu Malin, terkejut kemudian mereka langsung menghampiri Malin.

Sesaat sampai disana, ibunya langsung memeluk anak satu-satunya itu. Malin yang merasa malu mengakui ibunya yang berpakaian lusuh tersebut dan bergegas melepaskan pelukan ibunya dan bicara bahwa “Dia bukanlah ibuku”.
Mendengar hal itu, ibunya sangat sakit hati atas perbuatan Malin, hingga akhirnya ibu Malin mengutuknya menjadi sebuah Batu. Yang mana batu tersebut sekarang terkenal menjadi sebuah cerita rakyat Malin Kundang.

Dari kisah Malin Kundang ini, mengajari anak untuk senantiasa menghormati dan berbakti kepada orang tua apapun keadaan mereka.

  1. Angsa dan Telur Emas
 angsa dan telur emas 
Suatu hari, seorang petani membawa seekor angsa pulang ke rumahnya. Esoknya, angsa itu mengeluarkan telur emas.

Ia terkejut kemudian segera membawa telur emas itu ke pedagang emas di pasar untuk mengetahui apakah telur tersebut benar-benar emas. Setelah diketahui telur itu emas murni kemudian pedagang membelinya dengan uang yang banyak.

Sang angsa terus mengeluarkan telur emas setiap harinya hingga petani memiliki selusin telur emas. Namun, petani itu masih belum puas.

"Aku akan kaya raya. Tapi, aku ingin angsa mengeluarkan lebih banyak telur emas setiap hari agar aku cepat kaya," kata petani.

Setelah angsa mengeluarkan telur emas yang banyak dalam sehari, petani masih belum puas juga.

"Angsa itu mengeluarkan banyak telur emas. Aku ngga akan menunggu besok. Aku ingin cepat kaya. Aku akan menyembelih angsa itu dan mengambil seluruh emas dalam tubuhnya," pikir petani.

Petani itu akhirnya menyembelih angsa, namun betapa kagetnya dia. Alih-alih menemukan banyak telur emas, justru dia ngga menemukan satupun di dalam tubuh angsa.

Kini, petani hanya bisa menyesal. Karena sifatnya yang serakah, karena telah menyembelih angsa. Coba aja ngga menyembelih angsa itu, pasti masih bisa mendapatkan telur emas. Itulah akibat dari keserakahan.

Cerita ini mengajari anak untuk ngga menjadi orang yang serakah. Untuk meraih kesuksesan, diperlukan kerja keras serta kesabaran. Orang yang serakah dan ngga sabar hanya akan mendapat kerugian dan meratapi nasibnya.

Itulah ke-empat dongeng yang juga bisa mendidik anak agar menjadi orang yang bisa bikin anak-anak jadi #Yupiness

Yupi yang kenyal, healthy, dan bikin hepi ini bisa didapatkan di Yupi Gummy Store saat berada di Yupiland. Kamu bisa temukan Yupi favorit kamu secara lengkap di sini, gratis ongkir serta dapatkan banyak promo menarik lainnya! Yupi juga punya merchandise yang ngga kalah menarik, lho!
Dapatkan lebih banyak #Yupiness!

Sumber: https://www.haibunda.com/parenting/20200819132953-61-157636/6-dongeng-anak-sebelum-tidur-yang-mendidik