menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

8 Contoh Cerita Fabel Untuk Anak, Seru dan Kaya Pesan Moral

Apakah Yupiers sedang mencari contoh cerita fabel? Cerita fabel merupakan salah satu jenis cerita yang populer yang dapat dinikmati anak-anak. Cerita jenis ini mengandung pesan moral untuk pembaca. Cerita fabel umumnya menceritakan tentang binatang yang bisa berbicara layaknya manusia dan ditujukan untuk menyampaikan ajaran hidup. 

Sebagai salah satu jenis cerita fiksi, cerita fabel mengandung unsur imajinatif namun tetap memberikan manfaat untuk perkembangan anak. Cerita fabel juga membantu stimulasi imajinasi dan kreativitas anak. Oleh karena itu, cerita fabel sangat bermanfaat untuk perkembangan jiwa dan intelektual anak. Cerita fabel juga dapat menjadi cerita dongeng anak sebelum tidur.

Oleh karena itu, kali ini Yumin akan memberikan beberapa contoh cerita fabel untuk anak yang dapat menjadi opsi bagi Yupiers dirumah. Yuk, langsung saja simak beberapa cerita fabel tersebut!

1. Cerita Fabel Tentang Gajah yang Baik Hati

Dahulu kala, hiduplah seekor gajah jantan di hutan yang lebat. Gajah ini bernama Gungi. Meski berukuran raksasa, Gungi sangat lemah lembut dan murah hati. Suatu hari, Gungi melihat seekor kijang yang kelelahan karena berlari seharian untuk lari dari singa. Kijang itu terengah-engah dan tidak sanggup bergerak lagi. Tanpa pikir panjang, Gungi mengangkat kijang malang itu di atas belalainya dan membawanya ke dekat sumber air. Setelah kijang itu minum dan pulih kembali, ia ingin segera berlari pergi lagi. Namun Gungi mencegahnya, "istirahatlah dulu hingga pulih tenagamu." Kijang pun menurut dan beristirahat di samping Gungi.Keesokan harinya, kijang itu telah bertenaga kembali. Ia berterima kasih kepada Gungi. "Terima kasih telah menyelamatkanku. Kau sangat baik hati meski tubuhmu besar dan menyeramkan." Gungi pun tersenyum lega.

Pesan moral dari contoh cerita fabel ini adalah kebaikan hati tidak diukur dari fisik melainkan dari sikap dan perbuatan kita. Cerita seperti ini juga bisa Yupiers dapatkan dalam bentuk buku cerita anak bergambar, yang tentunya akan lebih menarik bagi si kecil untuk dibaca. 

2. Cerita Fabel Tentang Kelinci dan Kura-kura

Ada seekor kelinci dan seekor kura-kura yang tinggal di hutan. Si kelinci sangat pintar dan gesit, sementara si kura-kura lamban geraknya. Suatu hari mereka bertanding lari. Kura-kura berkata, "Bagaimana jika kita balap lari hingga ke tepi sungai yang ada diujung jalan sana? Yang kalah harus menuruti kemenangan si pemenang." Si kelinci langsung melesat begitu dimulai. Sementara si kura-kura masih bergerak lambat. Tepat sebelum garis finish, kelinci sudah menunggu di garis finis sambil bersantai. Ketika kura-kura tiba, ia kelelahan. "Selamat kau menang Kelinci, aku kalah. Apa maumu?" tanya Kura-kura dengan pasrah. "Aku tak mau apa-apa. Lebih baik kita pulang bersama. Balapan tadi bukan segalanya, kan?" ucap Kelinci.

Pesan moral dari cerita ini adalah dalam bersaing jangan hanya mementingkan kemenangan, tetapi lebih penting saling menghargai walaupun kalian memiliki perbedaan.

3. Cerita Fabel Persahabatan Singa dan Tikus dengan Yupi Wild Safari

Di suatu padang savana, hiduplah seekor singa raja hutan bernama Roga. Suatu hari, Roga sedang tidur ketika seekor tikus kecil yang bernama Tiku berlari takut di atas perutnya. Roga terbangun marah dan bersiap menangkap Tiku. Namun Tiku memohon, "Ampun raja singa, jangan makan aku. Suatu saat nanti aku pasti bisa membalas budi." Roga pun tertawa mendengar ucapan tikus kecil itu, tapi ia melepaskan Tiku. Beberapa hari kemudian, Roga terjerat jaring pemburu. Ia berusaha melepaskan diri namun tak bisa. Tiku melihat Roga kesulitan dan bergegas menggigit jaring hingga putus. Roga pun bebas. "Terima kasih Tiku, kau sudah membalas budiku," kata Roga. Sejak saat itu Roga dan Tikus menjadi sahabat yang saling membantu hingga akhir hayat mereka.

Pesan moral dari contoh cerita fabel ini adalah persahabatan bisa terjalin meski berbeda ukuran dan jenis, yang penting saling percaya dan menghargai. Yupiers bisa membacakan cerita tentang si raja hutan ini sambil memberikan si kecil Yupi Wild Safari yang berisi macam-macam binatang hutan.

4. Cerita Fabel Tentang Harimau yang Baik

Di hutan lebat tinggallah seekor harimau perempuan bernama Sarah. Meski kuat dan tangkas, Sarah juga sangat lemah lembut. Suatu hari, saat berburu, Sarah melihat kambing kecil terjepit di antara bebatuan. "Grrrr... Apakah itu kamu Kambing? Bertahanlah!" teriak Sarah sambil berusaha melepaskan kambing. Setelah berhasil, Kambing menangis ketakutan. "Jangan takut, aku tak akan memakanmu. Kambing, kamu perlu beristirahat," kata Sarah dengan nada yang halus. Kambing pun berjalan dengan letih ke desanya. Dia menceritakan kebaikan Sarah kepada keluarga dan tetangganya. Sejak saat itu, binatang di desa yang ditinggali kambing tidak lagi takut pada Sarah. Mereka justru membantu Sarah ketika sedang sakit. Sarah belajar bahwa kebaikan akan mendapat balasan kebaikan. Hidupnya juga menjadi lebih bahagia dikelilingi kawan barunya.

Pesan moral dari cerita fabel harimau ini adalah kebaikan akan tumbuh dengan sendirinya jika ditanamkan dengan tulus.

5. Cerita Fabel Tentang Burung Gagak dan Macan Tutul

Dahulu kala, hiduplah seekor burung gagak. Ia selalu terbang sendirian di langit. Suatu hari, burung-burung lain mulai mengejeknya karena warna hitamnya yang tidak menarik. "Lihat burung itu, hitam sekali. Tidak ada indah-indahnya," kata seekor elang. Gagak menjadi sedih mendengarnya. Ia terbang pulang sambil menangis. Di sisi hutan, ia bertemu dengan macan tutul kecil yang terluka. "Tak perlu murung. Tubuhmu yang berwarna hitam membuat aku bisa melihatmu. Bantu aku, aku tak punya teman," ujar macan tutul. Gagak Pun merawat dan menemani macan tutul hingga sembuh. Sejak saat itu mereka menjadi sahabat. Gagak pun belajar bahwa keindahan tak hanya kepuasan fisik semata.

Pesan moral dari cerita ini adalah saat keindahan sejati datang dari hati, tidak harus fisik. Persahabatan membuat kalian saling melengkapi satu sama lain. 

6. Cerita Fabel Tentang Rusa Bersaudara

Ada dua ekor rusa kembar yang sangat akur, namanya Roni dan Rina. Mereka selalu bermain bersama di hutan. Suatu hari, sedang berlari riang tiba-tiba Roni tersandung akar pohon dan terluka. Rina sedih melihatnya namun harus mencari rumput untuk Roni makan. Rina menangis memanggil ibunya, "Ibu tolong Roni." Ibu rusa mengobati luka Roni dengan sabar. Setelah sembuh, Roni berjanji tak akan ceroboh lagi. Mereka pun kembali bermain bahagia. Roni selalu menjaga Rina dan Rina juga begitu.

Pesan moral dari cerita ini adalah bagaimana persaudaraan yang saling melindungi adalah anugerah terindah dalam kehidupan berkeluarga.

7. Cerita Fabel Tentang Belalang dan Semut

Musim panas tiba, semut sibuk mengumpulkan persediaan makanan. Sementara itu, Belalang hanya bernyanyi riang di sawah. Ketika musim dingin datang, Belalang kedinginan dan kelaparan. Ia mencari makanan tapi tak menemukan. Belalang meminta tolong pada Semut tetangganya. "Maaf belalang, aku tak bisa membantu. Kamu seharusnya menyimpan makanan seperti aku. Musim panas lalu kamu hanya bernyanyi saja," ujar Semut sambil menutup pintu rapat-rapat. Belalang menangis kedinginan. Ia sadar, persiapan ternyata sangatlah penting untuk masa depan.

Pesan moral dari cerita belalang dan semut ini adalah persiapkan diri sejak dini agar kelak dapat menghadapi masa sulit dengan mudah.

8. Cerita Fabel Tentang Gajah dan Semut

Di tepi hutan, sedang asik bermain seekor gajah muda. Tiba-tiba kakinya menginjak semut kecil. Sang semut mengeluarkan suara nyaring kesakitan. Gajah terkejut dan sedih, "Maafkan aku semut kecil. Aku tidak sengaja, apa kakiku menyakitimu?" "Iya sakit sekali. Tapi tidak apa-apa, kamu kan tidak sengaja," kata Semut sambil meringis. Gajah mengobati luka semut dengan hati-hati. "Pergilah, jagalah dirimu baik-baik," ujar gajah dengan lembut. Semut terharu dengan kebaikan gajah walau tubuhnya raksasa, tetapi ia tetap bersikap rendah hati. Ia pun memberi nasihat, "Sebagai gajah yang besar, kamu tetap harus hati-hati akan segala hal yang kamu jumpai."

Pesan moral dari cerita gajah dan semut ini adalah kalian harus bertanggung jawab atas tindakan yang sudah kalian lakukan. Kebaikan juga akan dibalas kebaikan.

Manfaat Membacakan Cerita Fabel yang Penuh Pesan Moral Untuk Anak

Membacakan cerita fabel yang memuat pesan moral merupakan aktivitas penting untuk perkembangan anak. Cerita fabel dapat memberikan banyak manfaat berharga bagi anak.

Hal ini dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas si kecil. Cerita fabel dapat memicu imajinasi anak. Si kecil juga akan mendapatkan perkembangan kognitif, karena cerita fabel dapat membantu anak memahami konsep seperti hubungan, persahabatan, dan memberikan solusi masalah. Cerita fantasi anak yang menarik juga dapat menjadi opsi selain cerita fabel.

Aktivitas bercerita seperti ini juga membantu perkembangan komunikasi lisan anak. Opsi lain dari dongeng yang dapat diberikan kepada si kecil adalah cerita pendek tentang liburan sekolah

Dengan demikian, membacakan cerita fabel ataupun cerita lain sejak dini sangat penting untuk memotivasi perkembangan anak secara keseluruhan. Kualitas cerita dan penyampaian penuh kasih sayang dari orang tua juga semakin menambah manfaatnya.

Itu dia beberapa contoh cerita fabel yang dapat Yupiers berikan kepada si kecil yang tentunya ditemani juga dengan Yupi Wild Safari yang akan menambah keseruan dari dongeng yang disampaikan. Kira-kira, mana cerita yang sudah pernah kalian berikan kepada si kecil?

Home Our Story Events Games Profile