menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Pahami Pengertian Ekstrakurikuler dan Tips Memilihnya!

Saat anak memasuki masa sekolah, mereka juga akan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan ekstrakurikuler tentunya sudah tidak asing bagi para orang tua siswa. Kegiatan ekstrakurikuler menjadi bagian wajib dari perjalanan akademis setiap siswa, memiliki peranan penting dalam pengembangan diri siswa di luar lingkup akademik formal yang mereka terima.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014, serta Standar Penilaian Pendidikan tahun 2013, setiap siswa diharuskan mengikuti setidaknya satu kegiatan ekstrakurikuler sebagai syarat kenaikan kelas. 

Ekstrakurikuler tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap kurikulum, tetapi juga sebagai tempat untuk siswa mengeksplorasi dan menyalurkan minat serta bakat yang mungkin tidak terasah melalui kegiatan belajar mengajar biasa. 

Lebih jauh, kegiatan ini memberi kesempatan kepada siswa untuk memilih hal yang sesuai dengan apa yang mereka minati, bukan karena paksaan orang tua, sehingga lebih bermakna dan menyenangkan bagi mereka.

Ekstrakurikuler akan menjadi topik bacaan yang menarik untuk dibahas, bukan cuman untuk orang tua siswa agar lebih mengenal tentang kegiatan yang satu ini, bagi para siswa juga akan menjadi lebih terbuka tentang banyak mengenai ekstrakurikuler, jadi simak penjelasan ekstrakurikuler dari Yupi berikut ini ya.

Apa itu Ekstrakurikuler?

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang wajib diselenggarakan oleh suatu instansi pendidikan sebagai wadah kegiatan pengembangan diri siswa dalam rangka memperluas potensi, minat, bakat, kepribadian, dan kemandirian siswa secara optimal.

Mengutip dari informasi situs repository.radenintan.ac.id, ekstrakurikuler berasal dari dua buah kata, yaitu ekstra dan kurikuler yang bila digabungkan menjadi ekstrakurikuler. Extracurricular digunakan dalam bahasa Inggrisnya yang memiliki arti di luar rencana pelajaran.

Berdasarkan hal tersebut, maka kegiatan ekstrakurikuler memiliki arti kegiatan yang dilakukan oleh para siswa untuk mengembangkan diri mereka dengan cara yang menyenangkan. Dikarenakan sifatnya sebagai kegiatan tambahan, maka perlu juga dipastikan agar siswa tidak melupakan kewajiban utama mereka di sekolah, yaitu belajar dan tidak terlalu lelah atau berlebihan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini. 

Apa Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa Sekolah?

Berikut ini adalah beberapa fungsi ekstrakurikuler yang perlu Yupiers ketahui:

1. Pengembangan Diri

Fungsi esktrakulikuler yang pertama adalah sebagai sarana pengembagan diri bagi para siswa. Pengembagan diri yang dimaksud adalah pengembangan baik dari sisi minat, bakat potensi secara maksimal, pengembangan karakter dan kepribadian, melatih kepemimpinan baik untuk diri sendiri maupun lingkungan mereka, sampai ke pegembangan sosial bagi para siswa  di sekolah untuk saling berinteraksi.

2. Sarana Bersosialisasi

Dari sisi sosial, seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, kegiatan ekstrakurikuler tempat bagi para siswa untuk memperluas pengalaman bersosialisasi dan melatih kemampuan berkomunikasi para siswa.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan nilai moral siswa, serta mendidik mereka menjadi warga masyarakat yang aktif, menghormati sesama manusia, dan menjadi manusia yang dapat hidup dengan baik dengan sesama.

3. Rekreatif

Fungsi rekreatif dari kegiatan ekstrakurikuler menciptakan suasana belajar dan beraktivitas yang gembira serta menyenangkan bagi para siswa. Suasana ini  mendukung relaksasi dan perkembangan psikologis para siswa di sekolah. 

Melalui fungsi ini juga kegiatan ekstrakurikuler berkontribusi pada pembentukan karakter positif dan membantu siswa mengasah serta meningkatkan bakat mereka dalam atmosfer yang menyenangkan, menarik dan bisa juga menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para siswa.

4. Persiapan Karir

Persiapan karir juga menjadi salah satu fokus utama kegiatan ekstrakurikuler, dengan menyediakan sarana bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang tertentu yang diminati, yang mana nantinya diharapkan hal ini dapat berperan dalam pemilihan karir mereka.

Secara tidak langsung kegiatan ekstrakurikuler juga akan memberikan pengalaman-pengalaman dan kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mempersiapkan diri mereka memasuki dunia kerja, seperti bekerja sama dalam sebuah tim, manajemen waktu, kemampuan interpersonal seperti bernegosiasi serta menyesuaikan diri,  yang mana beberapa hal tersebut sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja.

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler futsal, basket, taekwondo, paskibra dan masih banyak lagi, akan membantu siswa memelihara kesehatan fisik serta kebugaran mereka, yang hal ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan para siswa.

6. Memperkuat Hubungan dengan Sekolah

Kegiatan ekstrakurikuler juga bisa memperkuat hubungan siswa dengan sekolah mereka, hal ini bisa mempengaruhi motivasi siswa untuk berhasil selama masa bersekolah, baik dari sisi akademik dan sosial.

Selain itu juga, melalui kegiatan ekstrakurikuler tidak sedikit juga sekolah yang mempercayakan siswa yang memiliki bakat untuk mengikuti lomba atau kompetisi tertentu dengan membawa nama baik sekolah, hal ini tentunya akan membuat siswa yang dipercayakan semakin memiliki hubungan tersendiri dengan sekolahnya dan melatih mereka bertanggung jawab dengan apa yang mereka dapatkan.

7. Membangun Komunitas

Fungsi ekstrakurikuler yang terakhir adalah membangun komunitas. Seperti yang telah diketahui, melalui kegiatan ekstrakurikuler para siswa dengan bakat dan minat yang sama akan berkumpul melakukan aktivitas sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Melalui aktivitas ini, akan lebih mudah bagi para siswa untuk membentuk komunitas atau pergaulan dengan teman-teman yang memiliki minat dan hobi yang sama, hal ini akan menjadi hal yang menyenangkan bagi para siswa.

Contoh Ekstrakurikuler Wajib dan Pilihan

Mengutip informasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014, kegiatan ekstrakurikuler terbagi menjadi dua jenis, yaitu kegiatan ekstrakurikuler wajib dan kegiatan ekstrakurikuler pilihan, berikut ini adalah informasinya.

Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib

Masih mengutip informasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014, kegiatan ekstrakurikuler wajib yang dilakukan para siswa di sekolah adalah kegiatan pramuka.

Kegiatan Ekstrakurikuler Pilihan

Selanjutnya adalah kegiatan ekstrakurikuler pilihan, yang aman untuk kegiatan ekstrakurikuler ini disesuaikan dengan beberapa hal seperti fasilitas dan keamanan yang dimiliki oleh pihak sekolah untuk menyediakan beberapa pilihan kegiatan aktivitas ekstrakurikuler, dan juga tentunya disesuaikan dengan minat dan bakat para siswa.

Berikut ini adalah beberapa pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang biasanya disediakan sekolah di Indonesia:

  • Sepak bola
  • Futsal
  • Basket
  • Voli
  • Bulu tangkis
  • Tenis meja
  • Tenis lapangan
  • Berenang
  • Kegiatan beladiri seperti taekwondo, pencak silat, karate, bahkan kungfu, dan lain sebagainya
  • Klub akademis seperti klub bahasa asing, klub matematika dan lain sebagainya
  • Paduan suara
  • Seni tari 
  • Modern dance
  • Teater atau seni peran
  • Seni lukis
  • Kelompok rohani seperti rohani islam atau rohis, rokris atau rohani kristen, dan lain sebagainya
  • Paskibra
  • Palang Merah Remaja
  • Jurnalistik seperti fotografi dan lain masih banyak lagi
  • Pecinta alam

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bakat Millenial di Era “Serba” Digital

Bagaimana Cara Memilih Ekstrakurikuler yang Sesuai Minat dan Bakat?

Setelah mengetahui berbagai pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih, berikut ini adalah beberapa tips memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat anak-anak

1. Pilih Sesuai dengan Minat, Bakat atau Hobi

Cara memilih kegiatan ekstrakurikuler yang pertama adalah menyesuaikan dengan minat, bakat atau hobi. Kegiatan ekstrakurikuler pada dasarnya digunakan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh seorang siswa agar semakin berkembang dan dapat berguna di masa yang akan datang.

Sebagai tips tambahan, sering kali seorang anak atau siswa belum mengetahui apa minat, bakat dan hobi diri mereka sendiri. Disinilah peran orang terdekat seperti orang tua yang mungkin lebih mengetahui minat, bakat dan hobi anak-anaknya. Selain itu juga, mungkin di awal siswa bisa mencoba beberapa kegiatan ekstrakurikuler, lalu menentukan mana yang mereka sukai.

2. Sesuaikan Jadwal dan Jam Ekstrakurikuler dengan Kegiatan Lainnya

Tips dan cara memilih kegiatan ekstrakurikuler yang kedua adalah menyesuaikan jadwal dan jam kegiatan ekstrakurikuler dengan kegiatan lainnya. Terkadang, jadwal dan jam kegiatan ekstrakurikuler akan bertabrakan atau dibarengi dengan beberapa kegiatan yang juga penting bagi siswa atau anak-anak seperti kegiatan les pribadi di luar jam sekolah.

Ketika hal tersebut terjadi, penting bagi anak-anak untuk berdiskusi dengan orang tua mereka untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Sebagai orang tua yang baik, tentunya juga penting mempertimbangkan beberapa hal seperti keinginan dan kemampuan anak-anak.

3. Banyak Mencari Informasi Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler yang Akan Dipilih

Cara selanjutnya adalah banyak mencari tahu tentang kegiatan ekstrakurikuler yang banyak dipilih. Hal ini penting agar siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik. Beberapa informasi yang perlu dicari tahu adalah seperti jadwal dan jam kegiatan ekstrakurikuler, peralatan yang mungkin akan digunakan, sampai dengan manfaat jangka panjang yang bisa dirasakan dari mengikuti kegiatan ekstrakuler yang dipilih.

4. Jangan Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler yang Berpotensi Menurunkan Nilai dan Prestasi

Cara memilih kegiatan ekstrakurikuler yang selanjutnya adalah jangan memilih kegiatan ekstrakurikuler yang berpotensi menurunkan nilai dan prestasi anak-anak.

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar jam belajar formal anak-anak, karena hal tersebut, pastikan kegiatan tersebut tidak dilakukan secara berlebihan. 

Selain itu juga melalui kegiatan ekstrakurikuler anak-anak mungkin akan mengikuti berbagai perlombaan, pastikan anak-anak nantinya tidak akan berlebihan dalam mengikuti latihan untuk kegiatan perlombaan ini.

5. Pertimbangkan Biaya yang Mungkin Muncul

Memilih kegiatan ekstrakurikuler juga harus mempertimbangkan biaya yang nantinya akan dikeluarkan ketika memilih kegiatan tersebut. Beberapa aktivitas ekstrakurikuler mungkin memerlukan biaya tambahan seperti untuk perlengkapan, seragam, atau biaya-biaya lainnya. Untuk hal ini, anak-anak dan orang tua mereka bisa berdiskusi bersama untuk menentukan kegiatan ekstrakurikuler apa yang tepat untuk anak-anak.

6. Jangan Mengikuti Suatu Kegiatan Ekstrakulikuler Karena Mengikuti Teman

Cara memilih kegiatan ekstrakurikuler yang baik dan benar adalah hindari mengikuti ekstrakurikuler yang dipilih teman. Memilih kegiatan ekstrakurikuler harus memperhatikan minat, hobi, dan bakat yang dimiliki diri sendiri, karena belum tentu minat, hobi, dan bakat yang dimiliki teman sama dengan diri sendiri.

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler hanya karena mengikuti teman berpotensi membuat siswa malas untuk mengikutinya karena beberapa hal seperti ketertarikan yang tidak dimiliki, sampai kesulitan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

7. Jangan Lupakan Jam Istirahat

Tips dan cara memilih kegiatan ekstrakurikuler yang terakhir adalah jangan lupakan jam istirahat. Seperti yang telah diketahui, kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di luar jam pendidikan formal, karena hal tersebut, pastikan anak-anak nantinya tetap memiliki jam istirahat yang cukup dan waktu untuk luang untuk diri mereka sendiri.

Jangan sampai kegiatan ekstrakurikuler atau mungkin beberapa kegiatan lainnya di luar sekolah seperti les pribadi akan membuat anak-anak kurang memiliki waktu istirahat dan waktu luang untuk diri mereka diri sendiri.

Tunjukan Minat, Bakat dan Hobi Anak-anak dalam Yupi Good Talent 2024!
Yupi Good Talent (YGT_Banner)

Seperti yang telah diketahui, kegiatan esktrakulikuler adalah tempat untuk megembangkan minat, bakat dan hobi anak-anak, karena hal tersebut, Yupi Good Talent 2024 kini hadir untuk kalian! Yupi Good Talent 2024 adalah lomba yang dilakukan oleh Yupi untuk memilih anak-anak dengan kemampuan terbaik, sesuai dengan bakat yang mereka miliki.

Mengikuti Yupi Good Talent 2024 juga bisa menjadi ajang bagi anak-anak dalam mengikuti ajang perlombaan yang sesungguhnya, melatih mereka untuk banyak hal seperti berkompetisi dengan baik, mempersiapkan diri dengan baik, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apalagi, yuk gabung dalam acara Yupi Good Talent 2024 dari Yupi.

Itulah beberapa informasi tentang kegiatan ekstrakurikuler dari Yupi kali ini, mulai dari pengertian ekstrakurikuler, fungsi kegiatan ekstrakulikuler yaitu pengembangan diri sampai ke membangung komunitas, contoh kegiatan ekstrakurikuler, dan beberapa cara memilih kegiatan ekstrakurikuler yang tepat.

Semoga informasi tentang kegiatan ekstrakurikuler dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya!

Home Our Story Events Games Profile