menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Ide Bekal Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Anak, Dijamin Suka!

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah suatu konsep yang dibuat oleh pemerintah untuk memperbaiki gizi anak di Indonesia. Dengan mengkonsumsi bekal 4 sehat 5 sempurna, kebutuhan gizi anak-anak dapat terpenuhi, sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak bisa optimal.

Oleh karena itu, Yupiers tentu harus selalu membawakan si kecil bekal yang bergizi agar mereka terbiasa mengkonsumsi makanan bergizi sejak dini.

Agar si kecil tidak bosan dengan menu bekal yang dibawakan, kali ini Yumin akan memberikan beberapa ide bekal dengan menu 4 sehat 5 sempurna yang tidak akan membosankan namun tetap bernutrisi tinggi bagi si kecil. Simak baik-baik ya!

Apa Saja yang Termasuk Dalam 4 Sehat 5 Sempurna? Ini Komponennya!

Berikut beberapa komponen yang dapat Yupiers gunakan untuk bekal 4 sehat 5 sempurna:

1. Makanan Sumber Karbohidrat Sehat

Dilansir dari halodoc, anak-anak perlu mengonsumsi 130 gram karbohidrat setiap harinya. Selain berfungsi sebagai sumber energi utama bagi perkembangan otak si kecil, karbohidrat juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi pencernaan, hingga membantu pembentukan sel tubuh. 

Sereal gandum, beras merah, roti gandum, buah-buahan, sayur-sayuran, dan susu rendah lemak dapat menjadi komponen yang dapat Yupiers pilih sebagai sumber karbohidrat untuk bekal si kecil.

2. Makanan Sumber Protein Sehat

Protein merupakan nutrisi penting yang berperan dalam pertumbuhan sel dan pemeliharaan jaringan tubuh. Untuk itu, si kecil tentu memerlukan asupan protein yang seimbang dan berkualitas. 

Beberapa makanan sumber protein sehat antara lain daging ikan, telur, kacang-kacangan, dan susu, karena mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi si kecil.

3. Makanan Sumber Serat

Konsumsi serat sangat penting bagi anak untuk mendukung pencernaan dan kesehatan sistem pencernaan. Menurut KidsHealth, roti gandum, beras merah, kacang-kacangan, hingga buah dan sayur-sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi. 

Dengan pilihan makanan yang mengandung serat, anak memiliki asupan serat seimbang untuk mendukung pencernaan dan kekebalan tubuhnya.

4. Makanan Sumber Vitamin

Salah satu hal penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah vitamin, dimana vitamin merupakan nutrisi penting bagi anak-anak. Beberapa makanan sumber vitamin yang disarankan adalah buah-buahan, sayuran, telur, dan susu. buah-buahan seperti jeruk, mangga, dan stroberi kaya akan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh anak. 

Vitamin C dalam buah dapat mencegah flu dan infeksi. Sayur-sayuran seperti brokoli dan bayam yang kaya akan vitamin A, C, dan K juga bermanfaat untuk penglihatan dan kesehatan tulang si kecil.

5. Makanan Sumber Lemak Sehat 

Meskipun lemak sering dikaitkan dengan obesitas, tetapi jenis lemak tertentu justru dibutuhkan bagi perkembangan anak. 

Dilansir dari Healthline, lemak sehat dapat membantu tubuh menyerap vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K yang tentunya sangat penting bagi pertumbuhan, penglihatan, dan kekebalan tubuh si kecil. Alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga protein hewani dapat menjadi komponen yang Yupiers gunakan.

Baca Juga: 12 Makanan yang Mengandung Kolagen Alami, Kulit Jadi Glowing!

Ide Menu Bekal Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Ini dia beberapa ide menu bekal makanan 4 sehat 5 sempurna yang dijamin tidak akan membosankan untuk si kecil!

1. Sandwich Isi Telur dan Ikan Disempurnakan dengan Susu 
Sandwich Isi Telur dan Ikan Disempurnakan dengan Susu

Sandwich dengan isi telur dan ikan yang disempurnakan dengan susu tentu dapat menjadi ide menu bekal makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Sandwich yang berbahan dasar roti gandum diisi oleh telur dan ikan tuna yang disempurnakan dengan susu tentu sudah mencukupi gizi anak untuk menjalani aktivitas di sekolah, apalagi ditambah dengan Yupi Big Burger agar menjadi variasi yang membuat anak tidak bosan.

2. Sup Telur Puyuh dan Sayur-Sayuran
sup telur puyuh dan sayuran

Sup telur puyuh dan sayuran juga dapat menjadi menu bekal sederhana untuk anak di sekolah, loh! Sup telur puyuh yang dikombinasikan dengan sayuran seperti brokoli dan wortel tentu sudah sangat mencukupi nutrisi si kecil. Telur puyuh mengandung protein berkualitas dengan kalori rendah yang baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Sayur-sayuran seperti brokoli dan wortel juga menjadi tambahan yang sangat bagus karena mengandung vitamin c dan vitamin a yang baik untuk kesehatan mata dan kulit.

3. Spaghetti Bolognese dengan Salad dan Susu
Spaghetti Bolognese dengan Salad dan Susu

Spaghetti bolognese tentu sangat disukai oleh anak-anak. Spaghetti bolognese dapat Yupiers kombinasikan dengan salad dan susu agar nutrisi si kecil semakin seimbang dan berkembang dengan baik. 

Spaghetti yang mengandung karbohidrat dan salad yang mengandung berbagai vitamin tentu dapat menjadi asupan berkualitas bagi si kecil. Kalian juga dapat menambahkan susu untuk melengkapi kalsium dan protein hewani bagi anak. Selain itu, Yupiers juga dapat menambahkan Yupi Gummi Pizza agar si kecil tidak bosan dengan bekal yang disajikan.

4. Tumis Brokoli dan Ayam Teriyaki

Kombinasi ayam teriyaki yang mengandung protein hewani dan brokoli yang mengandung vitamin C, K, dan A, serta dapat menjadi sumber serat yang baik bagi pencernaan si kecil dapat menjadi ide menu bekal 4 sehat 5 sempurna yang bisa Yupiers gunakan. 

Campuran nutrisi yang terkandung pada ayam, brokoli, serta bumbu tambahan yang sehat tentu dapat mencukupi kebutuhan protein, vitamin, hingga serat yang dibutuhkan si kecil.

5. Pasta dengan Salad dan Anggur

Pasta dengan salad dan anggur juga dapat menjadi bekal yang enak dan bernutrisi bagi anak. Pasta yang mengandung karbohidrat dapat dikombinasikan dengan salad serta anggur yang mengandung serat dan berbagai vitamin yang akan mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Agar anak tetap menyukai buah-buahan, Yupiers juga dapat menambahkan Yupi Fruit Bites untuk si kecil.

6. Chicken Katsu dengan Tumis Sayur-Sayuran
Chicken Katsu dengan Tumis Sayur-Sayuran

Kombinasi chicken katsu, nasi, dan tumis sayuran dapat menjadi pilihan tepat karena mengandung berbagai nutrisi seperti protein hewani, karbohidrat, serat, hingga berbagai macam vitamin. Secara keseluruhan, nutrisi dari ide menu bekal yang satu ini sudah mencukupi kebutuhan gizi harian si kecil.

7. Nasi dan Perkedel Daging Serta Sup Wortel

Nasi, perkedel daging, dan sup wortel juga dapat menjadi opsi bagi Yupiers dirumah yang masih bingung akan menu bekal 4 sehat 5 sempurna untuk si kecil disekolah. Selain mengandung karbohidrat, menu bekal ini juga mengandung protein hewani, mineral, serat, dan berbagai macam vitamin untuk kebutuhan gizi harian anak.

8. Mango Sticky Rice Dengan Yupi Mango Kiss
mango sticky rice

Mango Sticky Rice merupakan hidangan tradisional Thailand yang lezat dan cocok untuk dijadikan bekal 4 sehat 5 sempurna. Dengan tambahan permen Yupi Mango Kiss, hidangan ini akan lebih menarik bagi anak-anak dan memberikan sentuhan manis yang unik.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah beras ketan, santan kelapa, Mangga matang yang dipotong dadu dan permen Yupi Mango Kiss sebagai topping. 

Berikut cara pembuatannya : 

  • Rendam beras ketan dalam air selama 4-6 jam atau semalaman. Kemudian tiriskan.
  • Kukus beras ketan yang sudah direndam selama sekitar 20-25 menit atau hingga matang dan lengket. Angkat dan biarkan dingin sebentar.
  • Sementara itu, panaskan santan, gula kelapa, dan garam dalam panci kecil sambil diaduk hingga gula larut.
  • Tuangkan campuran santan ke atas beras ketan yang sudah matang. Aduk rata hingga beras ketan tercampur dengan baik dengan santan.
  • Biarkan beras ketan dan santan meresap selama beberapa menit.
  • Sajikan Mango Sticky Rice di dalam kotak bekal. Tambahkan potongan mangga dan taburkan permen Yupi Mango Kiss di atasnya sebagai hiasan dan tambahan manis.

Itu dia beberapa ide bekal menu 4 sehat 5 sempurna yang dapat menjadi pilihan bagi Yupiers dirumah! 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa memberikan bekal bernutrisi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Bekal yang seimbang dalam asupan karbohidrat kompleks, protein hewani/nabati, sayuran, buah-buahan serta lemak sehat dapat memenuhi kebutuhan gizi harian anak. 

Maka dari itu, Yupiers disarankan untuk membuat menu bekal bernutrisi yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar, daya ingat, dan kekebalan tubuh anak. Semoga informasi tentang bekal 4 sehat 5 sempurna dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya.

Home Our Story Events Games Profile