menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

20 Lagu Pengantar Tidur Untuk Anak Hingga Dewasa, Enak Didengar dan Bikin Pulas

Tidur cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 7-8 jam tidur per malam. Anak-anak membutuhkan waktu tidur lebih banyak, bergantung pada usia.

Dilansir dari halodoc, bayi yang berusia dibawah 1 tahun membutuhkan jam tidur selama 12-16 jam per hari, sedangkan anak berusia 1-2 tahun membutuhkan jam tidur selama 11-14 jam per hari, dan anak berusia 3-5 tahun membutuhkan jam tidur selama 10-13 jam per hari. 

Sedangkan untuk orang dewasa, menurut Kementrian Kesehatan, orang dewasa dengan usia 18-40 tahun membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam per harinya. Dengan jam tidur yang teratur, hidup tentunya akan lebih sehat dan tubuh dapat bekerja lebih produktif untuk menjalani rutinitas sehari-hari. 

Tanpa tidur cukup, tubuh kekurangan istirahat sehingga fungsi kognitif dan daya tahan tubuh menurun. Bisa timbul berbagai gangguan kesehatan seperti stres, depresi, resiko jantung, diabetes, bahkan obesitas.

Salah satu cara untuk memfasilitasi tidur cukup dan nyenyak adalah dengan mendengar lagu pengantar tidur. Lagu-lagu dengan irama dan melodi pelan serta lirik tentang alam dapat memecah fokus pikiran dan merangsang relaksasi.

Dilansir dari UNICEF, lagu pengantar tidur mampu menurunkan detak jantung dan memungkinkan pernapasan lebih tenang, sehingga tubuh lebih siap untuk tidur. Lagu ini juga ampuh mengusir kegelisahan pikiran dan membantu anak atau orang dewasa merasa rileks dan cepat tertidur.

Mendengarkan musik pada anak juga memiliki banyak manfaat dan lagu pengantar tidur ini dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi anak yang susah tidur hingga menunjang kebutuhan akan jam tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan fisik dan mental bagi anak maupun orang dewasa.

Nah, kali ini, Yumin akan berbagi beberapa rekomendasi lagu pengantar tidur untuk anak hingga orang dewasa. Penasaran? Yuk, simak baik-baik, ya!

Daftar Lagu Pengantar Tidur Untuk Anak atau Bayi

  1. You Are My Sunshine

  2. Twinkle, Twinkle, Little Star

  3. When You Wish Upon a Star

  4. Rockabye Baby

  5. Somewhere Over the Rainbow

  6. Dream a Little Dream of Me

  7. Ambilkan Bulan Bu

  8. Baby Mine

  9. Hush, Little Baby

  10. When She Loved Me

Lagu Enak Pengantar Tidur yang Romantis

  1. Understand - keshi

  2. Lo Que Siento - Cuco

  3. Lover Is a Day - Cuco

  4. All I Want - Kodaline

  5. Pluto Projector - Rex Orange County

  6. Heather - Conan Grey

  7. Sparks - Coldplay

  8. Romantic Homicide - d4vd

  9. Photograph - Ed Sheeran

  10. Get You - Daniel Caesar (ft. Kali Uchis)

Manfaat Lagu Pengantar Tidur

Lagu pengantar tidur memiliki manfaat yang cukup bagus untuk kualitas tidur anak-anak hingga orang dewasa. Berikut adalah beberapa manfaat lagu pengantar tidur. Simak dengan baik, ya!

1. Menciptakan Suasana yang Tenang dan Nyaman

Dengan suasana yang tenang dan nyaman, siapapun akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Membuat suasana menjadi tenang dan nyaman juga dapat membuat diri lebih cepat mengantuk.

2. Mengurangi Stres dan Kegelisahan

Lagu pengantar tidur dapat merelaksasikan pikiran yang akan menghilangkan stress dan rasa gelisah sebelum tidur. Jika rasa stress dan gelisah dapat teratasi sebelum tidur, tentunya dapat membuat kualitas tidur lebih baik

3. Membantu Mengatur Ritme Pernapasan dan Denyut Jantung

Selain kedua manfaat di atas, lagu pengantar tidur juga dapat membantu untuk mengatur ritme pernapasan dan denyut jantung yang akan mempercepat diri seseorang agar terlelap lebih awal karena tubuh sudah rileks.

4. Lebih Mudah Tidur

Ritme dan melodi yang khas dapat memicu otak untuk memproduksi melatonin sehingga tubuh lebih cepat tertidur.

5. Menenangkan Bayi dan Anak

Lagu pengantar tidur efektif membantu anak merasa aman, nyaman, dan cepat tertidur.

6. Mengusir Insomnia Ringan

Mendengarkan musik relaksasi dapat membantu orang dewasa juga cepat terlelap walau sedang insomnia sementara.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Musik yang memiliki melodi dan irama yang tenang dapat merelaksasi tubuh yang akan mendukung terciptanya kualitas tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Tips Memilih Lagu Pengantar Tidur Enak dan Bikin Tidur Rileks

1. Pilih Lagu dengan Melodi yang Lembut, Lambat, dan Menenangkan

Lagu yang memiliki melodi dan irama yang lembut dan lambat cenderung akan membuat tubuh rileks dan akan lebih cepat tertidur.

2. Hindari Lagu dengan Suara atau Instrumen yang Terlalu Meriah atau Berirama Cepat

Lagu dengan instrumen melodi yang terlalu meriah dan memiliki irama cepat cenderung akan membuat tubuh tidak rileks dan justru akan memicu insomnia atau tidak bisa tidur.

3. Perhatikan Preferensi Pribadi Anak atau Diri sendiri Dalam Hal Genre Musik yang Disukai, Seperti Klasik, Instrumental, atau Musik Alam

Yupiers pastinya memiliki beberapa preferensi pribadi untuk lagu pengantar tidur bagi diri sendiri dan juga bagi anak-anak di rumah, seperti lagu-lagu Disney yang memiliki irama dan melodi yang cocok menjadi pengantar tidur. Kalian juga dapat memilih lagu anak-anak Indonesia sebagai salah satu referensi.

4. Pilih Lagu Instrumental Tanpa Lirik

Lagu yang hanya memiliki instrumental tanpa lirik juga dapat menjadi rekomendasi lagu pengantar tidur yang dapat Yupiers pilih.

5. Ambil Lagu dengan Durasi Panjang, Minimal 30 Menit

Dalam hal ini, kalian bisa memilih lagu yang memiliki durasi panjang, atau kompilasi beberapa lagu yang memiliki durasi lebih dari 30 menit. Hal ini dapat dilakukan agar lagu tetap menyala walaupun kalian sudah terlelap.

6. Pilih Lagu yang Menampilkan Alam

Kalian juga dapat memilih lagu yang memiliki ambience alam seperti deburan ombak, suara hujan, atau suara hutan.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa lagu pengantar tidur memiliki beragam manfaat yang baik untuk kualitas tidur yang lebih baik. Musik dengan melodi dan irama pelan mampu merilekskan tubuh dan pikiran sehingga dapat lebih cepat tidur. Irama teratur lagu tidur dapat membantu mengurangi stres, cemas, dan memicu produksi melatonin untuk cepat terlelap. 

Lagu pengantar tidur juga efektif dalam membantu bayi, anak-anak, maupun orang dewasa yang kesulitan tidur merasa nyaman dan cepat terlelap. Dengan memilih dan memainkan lagu yang sesuai dengan preferensi, tentunya dapat memaksimalkan manfaat relaksasi untuk mendukung pola tidur yang berkualitas. Hal ini pada akhirnya akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik maupun psikis.

Nah, itu dia Yupiers beberapa rekomendasi lagu pengantar tidur dan beberapa informasi terkait manfaatnya! Gimana menurut kalian? Lagu apa yang biasanya kalian gunakan untuk menjadi pengantar tidur? Jangan lupa untuk memberikan si kecil Yupi Calci Bean sebelum tidur agar mereka tetap happy sebelum tidur.

Home Our Story Events Games Profile