menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Apa itu Kolagen? Ini Fungsi dan Manfaatnya Untuk Tubuh!

Mempunyai kulit yang sehat dan cerah tentunya menjadi keinginan banyak orang terutama bagi seorang perempuan. Berbagai cara dilakukan setiap orang untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah.

Berbagai cara tersebut adalah seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan sampai dengan mengkonsumsi suplemen dan salah satunya adalah kolagen.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, kolagen menjadi topik pembicaraan yang cukup banyak diperbincangkan karena kolagen dipercaya dapat membuat kulit menjadi lembab, mencegah kerutan dan membuat kulit wajah menjadi cerah.

Lalu apakah kolagen itu kolagen dan apa saja manfaat kolagen bagi tubuh? Untuk menjawab pertanyaan penting tersebut, simak informasi selengkapnya dari Yumin berikut ini.

Mengenal Apa itu Kolagen
kolagen

Apa itu kolagen? Kolagen adalah salah satu jenis protein alami berserat yang tak akan larut dan jumlahnya sendiri cukup banyak di dalam tubuh manusia. 

Meskipun tubuh manusia dapat memproduksi kolagen secara alami, namun seiring bertambahnya usia dan juga gaya hidup yang tidak sehat, akan membuat kemampuan ini menurun.

Kolagen juga merupakan pondasi utama yang akan memberikan kekuatan dan pada struktur tulang, urat, kulit dan jaringan ikat. Selain itu, kolagen juga terdapat pada beberapa bagian tubuh lainnya yang perlu Yupiers ketahui seperti kornea mata, gigi dan pembuluh darah.

Pada bagian persendian dan tendon, kolagen bermanfaat sebagai lem yang dapat membantu menahan tubuh.

Kolagen juga merupakan bagian dari tulang, tulang rawan dan jaringan lainnya pada tubuh manusia dan hewan.

Seperti yang telah Yumin jelaskan sebelumnya, seiring bertambahnya usia dan juga gaya hidup yang tidak sehat, akan membuat kemampuan tubuh memproduksi kolagen menurun. Beberapa gaya hidup yang tidak sehat tersebut adalah seperti berikut ini.

  1. Rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi.
  2. Merokok.
  3. Terpapar sinar matahari.
  4. Jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen.
  5. Kekurangan gizi.
  6. Memiliki masalah pencernaan.

Selain dari suplemen Yupiers juga bisa mendapatkan tambahan kolagen dari beberapa bahan makanan alami yang mengandung kolagen. Beberapa makanan alami tersebut adalah seperti makanan yang mengandung Vitamin C, Vitamin B, Vitamin E, mineral, dan omega 3. 

Kandungan-kandungan tersebut bisa Yupiers dapatkan beberapa makanan seperti buah jeruk, strawberry, sayur bayam, apel, Yupi Bolicious, ikan salmon, daging ayam, brokoli dan putih telur.

Rutin mengkonsumsi beberapa makanan tersebut tentunya akan jauh lebih baik daripada suplemen karena jauh lebih aman dan dalam suplemen belum tahu kepastian tentang isi kandungan dari sebuah suplemen.

Baca Juga : 10 Buah yang Bagus Untuk Kulit Jadi Sehat dan Awet Muda

Fungsi dan Manfaat Kolagen Untuk Kulit dan Tubuh
fungsi dan manfaat kolagen bagi kulit dan tubuh

Setelah mengetahui apa itu kolagen, selanjutnya Yumin akan menjelaskan tentang fungsi dan manfaat kolagen.

Ada beberapa fungsi kolagen yang perlu Yupiers ketahui. Beberapa fungsi kolagen tersebut adalah seperti untuk memperkuat tulang, merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu, dan memulihkan jaringan tubuh yang terluka, Yumin akan menjelaskan lebih rinci tentang hal ini pada poin pembahasan selanjutnya.

Lalu ada beberapa manfaat kolagen bagi tubuh yang juga perlu Yupiers ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat kolagen bagi tubuh Yupiers dari Yumin yang perlu Yupiers ketahui.

1. Mencegah Penuaan dan Mengencangkan Kulit

Manfaat kolagen pertama yang akan Yumin bahas adalah untuk mencegah penuaan dan mengencangkan kulit.

Manfaat pertama ini adalah manfaat kolagen yang paling terkenal. Selain untuk mencegah penuaan dini dan mengencangkan kulit, kolagen juga dapat mengatasi kulit kering, menjaga kesehatan rambut sehingga rambut tidak mudah untuk rontok, mengalami kebotakan atau memperlambat tumbuhnya uban.

Manfaat kolagen yang sangat berguna bagi wajah dan tubuh ini tentunya akan semakin maksimal jika sesuai dengan anjuran dokter. 

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi kolagen sebanyak 2,5 sampai 5 gram dalam sehari untuk seorang wanita dengan usia 35 sampai 55 tahun dapat meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit dari dehidrasi, mencegah munculnya selulit dan mengurangi kulit kasar.

Sesulit sendiri adalah kondisi dimana jaringan lemak menembus serat dan menyebabkan kulit menjadi bergelombang dan memiliki tekstur yang tidak rata.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah ke Kulit

Manfaat kolagen yang kedua adalah adalah melancarkan sirkulasi darah ke kulit dengan memperkuat elastisitas dan kekuatan pembuluh darah. Dengan pembuluh darah yang kuat dan elastis ini, maka aliran darah dari jantung ke berbagai organ tubuh termasuk kulit akan semakin baik.

Dengan sirkulasi darah yang semakin baik ini, maka semakin banyak juga oksigen dan zat gizi yang dikirimkan ke sel-sel kulit sehingga pada akhirnya kulit Yupiers akan semakin sehat dan cerah.

3. Menjaga Kesehatan Sendi dan Meningkatkan Massa Otot

Seperti yang telah sempat disebutkan Yupiers sebelumnya, kolagen dapat menjaga kesehatan sendi, dan selain itu juga dapat meningkatkan massa otot.

Kolagen memiliki fungsi meningkatkan massa otot karena kolagen merupakan salah satu komponen utama dalam perkembangan jaringan otot.

Selanjutnya kolagen dapat menjaga kesehatan sendi dan mengurangi gejala osteoarthritis atau peradangan kronis pada sendi dan nyeri secara keseluruhan.

Hal tersebut bisa terjadi karena kolagen sendiri memiliki struktur seperti gel sehingga kolagen dapat melapisi dan menahan tulang, sehingga sendi dapat bergerak tanpa rasa sakit.

Namun untuk kedua manfaat yang telah Yumin jelaskan pada bagian ini masih perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan bukti yang lebih akurat.

4. Membantu Penyembuhan Luka

Manfaat kolagen selanjut yang akan dibahas oleh Yumin kali ini adalah dapat membantu penyembuhan luka.

Manfaat ini dapat terjadi dengan cara menarik sel-sel kulit baru ke area kulit yang terluka. Karena dapat menarik sel-sel kulit baru ke area kulit yang terluka, jaringan kulit baru akan lebih cepat pulih dan kuat.

Selain itu juga, kolagen memiliki manfaat untuk membentuk jaringan pada beberapa bagian tubuh lainnya seperti tendon, ligamen, dan beberapa bagian otot yang mengalami cedera.

5. Memperbaiki Masalah Pencernaan

Manfaat kolagen yang terakhir akan dibahas oleh Yumin kali ini adalah untuk memperbaiki masalah pencernaan.

Menurut penelitian, kandungan asam amino dalam kolagen dapat melapisi usus dan lambung. 

Karena kandungan asam amino tersebut, mengkonsumsi kolagen dapat membantu mengatasi gejala gangguan lambung dan membantu penyerapan air pada usus.

Yuk Cobain Yupi Bolicious, Permen Dengan Kandungan Kolagen Terbaik!
yupi bolicious (1)

Setelah mengetahui banyak hal tentang kolagen, mulai dari apa itu kolagen dan apa saja manfaat kolagen, salah satu cara alami terbaik untuk membantu Yupiers mendapatkan kolagen yang sangat baik bagi tubuh adalah dengan cara mengkonsumsi Yupi Bolicious.

Yupi Bolicious adalah salah satu jenis permen dari Yupi dengan kandungan kolagen terbaik dan Vitamin C yang sangat baik bagi tubuh Yupiers.

Yupi Bolicious juga tersedia dalam beberapa varian rasa buah berry yang enak dan lezat. Beberapa varian rasa tersebut adalah seperti rasa strawberry pada Yupi Bolicious Strawberry, rasa blackberry pada Yupi Bolicious Blackberry, dan rasa leci pada Yupi Bolicious Lychee.

Terdapat juga rasa anggur pada Yupi Bolicious White Grape dan rasa jeruk pada Yupi Bolicious Mandarin yang bisa Yupiers coba.

Itulah beberapa informasi tentang kolagen dari Yumin kali ini, semoga informasi tentang apa itu kolagen dan manfaat kolagen Yumin kali ini dapat bermanfaat untuk Yupiers dan membuat kulit Yupiers semakin glow up sehat dan cerah.

Home Our Story Events Games Profile