menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Rekomendasi Mainan Anak yang Seru, Unik dan Murah!

Anak-anak pastinya menyukai mainan yang merupakan media hiburan dan ekspresi bagi mereka. Namun, sebagai orang tua yang baik, Yupiers mungkin khawatir tidak bisa memberikan mainan yang menarik bagi anak-anak.

Mainan yang baik tidak hanya bermanfaat untuk menghibur mereka, tapi juga bisa bermanfaat untuk melatih kemampuan fisik dan otak anak-anak dengan menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri anak-anak, dimana otak kanan berfungsi untuk daya imajinasi dan kreativitas anak-anak, sementara otak kiri berfungsi untuk mengasah logika anak-anak seperti salah satu contohnya adalah kemampuan berhitung anak-anak.

Di zaman modern seperti saat ini, mainan anak tidak sepopuler zaman dahulu, ada cukup banyak hal yang bisa menjadi perhatian anak-anak, seperti salah satunya adalah smartphone atau televisi, padahal mainan anak jauh lebih baik dibandingkan smartphone atau televisi.

Hal tersebut dijelaskan pada studi Journal American Medical Association (JAMA) Pediatrics, dikatakan bahwa paparan televisi atau smartphone memiliki dampak negatif pada kemampuan bahasa anak.

Karena hal tersebut, kali ini Yupi akan memberikan beberapa referensi rekomendasi mainan anak yang seru, unik dan murah, apa sajakah itu? Simak selengkapnya ya.

1. UNO

UNO 
Sumber: letsplayuno.com

Mainan anak yang seru pertama kali ini adalah permainan UNO. Permainan UNO yang terkenal adalah permainan kartu UNO, namun UNO sendiri sebenarnya terdapat dengan beberapa bentuk lainnya seperti balok yang disusun.

Permainan UNO seringkali menjadi favorit untuk menghabiskan waktu banyak orang, tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga suka bermain UNO, jadi permainan UNO bisa digunakan untuk menghabiskan quality time bersama keluarga atau teman-teman.

Untuk permainan kartu UNO caranya cukup sederhana, para pemain hanya perlu mengeluarkan kartu dengan angka atau warna dengan kartu yang baru saja dikeluarkan pemain sebelumnya. Jika tidak kartu yang sesuai maka pemain harus mengambil kartu dari tumpukan kartu yang disediakan sampai menemukan kartu yang sesuai. Permainan akan berakhir jika ada pemain yang sudah tidak memiliki kartu ditangannya. Lalu jangan lupa untuk mengatakan kata “UNO!”  jika hanya tersisa satu kartu di tangan ya.

Selain kartu angka, ada beberapa kartu unik yang memiliki peran khusus dalam permainan kartu UNO. Beberapa kartu tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kartu skip: Ini berarti pemain selanjutnya tidak bisa mengeluarkan kartu, dan berlanjut ke pemain selanjutnya, atau bisa juga dikatakan pemain tersebut skip untuk mengeluarkan kartu.
  • Kartu reverse: Kartu ini berarti arah perputaran giliran bermain berputar ke arah yang berlawanan. Kartu bisa digunakan untuk membuat pemain sebelum kita harus mengeluarkan kartu kembali.
  • Kartu wild: Kartu ini digunakan untuk merubah warna yang seharusnya dikeluarkan oleh seorang pemain, kartu ini juga bisa digunakan ketika kita tidak memiliki kartu yang sesuai dengan kartu yang terakhir keluar. Setelah mengeluarkan kartu ini, pemain yang mengeluarkannya harus mengatakan akan bermain dengan kartu warna apa dalam putaran tersebut.
  • Kartu +2: Kartu ini dapat dikeluarkan jika pada putaran permainan memiliki warna yang sesuai. Untuk kartu +2 digunakan untuk membuat pemain selanjutnya mengambil dua kartu dari tumpukan kartu disediakan. Pemain selanjutnya dapat selamat dari mengambil tumpukan kartu dengan mengeluarkan kartu +2 atau kartu +4. Jumlah angka + akan terus bertambah dan akan berakhir pada pemain yang tidak memiliki kartu +, pemain yang tidak memiliki kartu + akan mengambil kartu dari tumpukan kartu sesuai dengan total jumlah angka + pada putaran tersebut.
  • Kartu +4: Kartu ini hampir sama seperti seperti kartu +2, namun untuk kartu + ini bisa dikeluarkan kapanpun kita menginginkannya.

2. Monopoli

Monopoli 
Sumber: tokopedia.com

Mainan anak yang kedua adalah mainan monopoli. Mainan papan ini adalah mainan yang seru untuk dimainkan bersama dengan teman-teman, berikut ini adalah cara bermain mainan monopoli.

  1. Pemain melemparkan dadu lalu pion dadu yang dimiliki oleh pemain tersebut akan bergerak atau berpindah kotak atau kota sesuai dengan jumlah angka pada dadu tersebut.
  2. Pemain harus menyelesaikan satu putaran penuh terlebih dahulu.
  3. Setelah menyelesaikan satu putaran, pemain akan mendapatkan imbalan uang.
  4. Setelah menyelesaikan satu putaran, barulah pemain dapat membeli kota tempat pion pemain tersebut berhenti, baik membeli tanahnya saja, sampai membangun bangunan.
  5. Pemain lainnya yang berhenti ditempat seorang pemain yang sudah membangun bangunan harus membayar sejumlah uang sesuai dengan ketentuan.
  6. Semakin banyak kota yang dibangung bangunan oleh pemain, maka akan semakin besar kesempatan pemain tersebut menang.
  7. Pemain akan berakhir jika pemain tersebut telah kehabisan uang.

3. LEGO

LEGO 
Sumber:pixabay.com

Mainan anak yang selanjutnya adalah LEGO. Mainan LEGO adalah mainan yang sangat mengandalkan daya imajinasi dan kreativitas anak-anak. Mainan LEGO ini terdiri dari berbagai susun balok dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna. Cara bermain LEGO adalah dengan menyusun balok-balok tersebut hingga membentuk suatu hal, baik itu bangunan, hewan, atau bentuk-bentuk lainnya.

4. Congklak

Congklak 
Sumber:kompasiana.com

Termasuk salah satu mainan tradisional yang masih dimainkan sampai sekarang, mainan congklak adalah mainan yang dapat melatih anak-anak untuk berhitung dengan cara yang menyenangkan bagi mereka.

Cara bermain mainan ini cukup mudah, caranya adalah dengan memindahkan biji yang berada pada satu lobang ke lobang selanjutnya dengan menaruh satu persatu biji tersebut.

5. Bola Bekel

Bola Bekel 
Sumber:ibudanbalita.com

Mainan bola bekel mungkin sudah jarang untuk dimainkan anak-anak, namun mainan ini tetap seru untuk dimainkan dan dapat melatih ketangkasan, kecepatan gerak dan daya fokus anak-anak.

Mainan ini dimainkan dengan cara melempar bola bekel ke atas, kemudian mengambil biji bekel sesuai dengan urutan, pada putaran pertama mengambil satu-satu biji sampai habis, pada putaran kedua mengambil mengambil per-dua biji sampai habis dan seterusnya.

6. Playdoh

Playdoh 
Sumber:playdoh.us.com

Mainan anak yang seru selanjutnya adalah playdoh, yang menjadi favorit anak-anak dari segala usia. Mainan ini adalah sejenis lilin atau tanah liat yang bisa dibentuk menjadi berbagai macam hal, mulai dari hewan, bangunan, makanan dan masih banyak lagi.

Mainan ini adalah mainan yang dapat menyalurkan kreativitas dan daya imajinasi anak-anak dengan baik. Namun untuk bermain dengan mainan anak ini, sebaiknya orang tua tetap mengawasinya, agar tidak sampai tertelan oleh anak-anak.

7.  Papan Gambar

Papan Gambar 
Sumber:shopee.co.id

Mainan anak selanjutnya adalah papan gambar. Sesuai dengan namanya, mainan papan gambar adalah papan yang bisa digunakan anak-anak untuk menggambar dan menyalurkan daya imajinasi dan kreativitas mereka. Berbeda dengan papan untuk orang dewasa, mainan papan gambar untuk anak-anak ini biasanya mudah untuk dihapus dan digambar ulang.

8. Mainan Alat Musik

Mainan Alat Musik Piano 
Sumber:pixabay.com

Mainan alat musik tentunya sudah terkenal sebagai salah satu mainan edukasi yang sangat membantu memaksimalkan pertumbuhan anak-anak dan mendukung bakat musik yang mereka miliki.

Beberapa mainan musik seperti piano, gitar, biola, bahkan sampai drum tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh dan perkembangan bakat anak-anak, beberapa alat musik tersebut juga bagus untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak.

Cara bermain alat musik tersebut tentunya disesuaikan dengan alat musiknya, seperti gitar yang dipetik, piano yang ditekan, atau drum yang dimainkan dengan cara dipukul.

9. Sepeda

Sepeda 
Sumber:pixabay.com

Siapa yang tidak mengetahui sepeda, tentunya semua orang mengetahui benda yang satu ini. Sepeda bisa menjadi mainan anak yang melatih saraf motorik kasar anak-anak karena dengan bersepeda, anak-anak akan banyak menggerakan anggota tubuh mereka.

Cara bermain sepedanya tentunya sudah menjadi hal umum yang diketahui banyak orang, Yupiers bisa bersepeda dengan anak-anak ke berbagai tempat yang aman untuk bersepeda, mulai dari halaman depan rumah, taman dan masih banyak lagi. Selain itu juga, sepeda juga sering dijadikan kado ulang tahun anak laki-laki ataupun perempuan.

10. Mainan Yupi Surprise

Yupi Surprise Semua Hadiah 
Rekomendasi terakhir adalah Yupi Surprise.
Apa itu Yupi Surprise? Yupi Surprise adalah berbagai macam jenis permainan yang terdapat dalam berbagai produk permen Yupi dengan tanda kemasan khusus.

Di dalam produk dengan tanda kemasan khusus ada berbagai mainan yang bisa didapatkan, mulai dari tazos, stiker 2D dan stiker 3D, tato jari, puzzle dan bahkan sampai figure. Berbagai mainan tersebut anak-anak kreasikan dengan berbagai macam cara.

Dan untuk menambah keseruan bermain Yupi Surprise, Yupiers bisa merekam berbagai hasil kreativitas anak-anak dengan menggunakan mainan Yupi Surprise, lalu mengikuti Yupi Surprise Challenge.

Dengan mengikuti Yupi Surprise Challenge, Yupiers bisa mendapatkan berbagai hadiah yang menarik, mulai smartphone, skuter, smartwatch, smart tv, nintendo switch, bahkan sampai kamera vlog, menarik bukan? Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan Yupi Surprise dan berkreasi bersama dalam Yupi Surprise Challenge.

Itulah beberapa rekomendasi mainan anak yang seru, unik dan murah, mulai dari mainan UNO, sampai ke mainan Yupi Surprise yang terdapat dalam berbagai produk permen Yupi. Semoga rekomendasi mainan anak dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya!

Home Our Story Events Games Profile