cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Cara Efektif Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Sebagai orang tua yang baik, sangat penting bagi Yupiers untuk mengajarkan anak-anak membaca. Agar anak dapat membaca dengan lebih baik, maka ada beberapa cara mengajari anak membaca cepat tanpa mengeja yang perlu Yupiers ketahui.

Membaca adalah suatu kegiatan melihat tulisan dan kemudian memahami apa yang ada dalam tulisan tersebut. Mengajari anak-anak membaca sejak dini, tentunya akan memberikan hasil yang positif bagi mereka dan bagi Yupiers.

Membaca tentunya akan sangat bermanfaat bagi anak-anak. Beberapa manfaat dari membaca adalah seperti dapat meningkatkan kapasitas berpikir dan juga dapat meningkatkan keterampilan menulis

Untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca anak-anak, kali ini Yupi akan memberikan informasi apa saja penyebab anak belum bisa baca dan bagaimana cara mengajari anak yang sulit membaca.

Baca Juga : Manfaat Mengajarkan Anak Dua Bahasa

Apa Penyebab Anak Belum Bisa Baca?

Sebelum mengetahui beberapa teknik membaca tanpa mengeja yang efektif, Yupiers perlu mengetahui apa saja penyebab anak belum bisa membaca.

Banyak anak umur 7 tahun belum bisa membaca. Kondisi saat anak kesulitan dalam membaca dalam istilah medis dikenal dengan disleksia.

Kondisi disleksia adalah kondisi dimana seseorang kesulitan untuk membaca , menulis dan mengeja kata-kata. Disleksia ini merupakan salah penyebab anak sulit untuk membaca yang paling umum.

Bukan berarti kondisi disleksia atau kesulitan dalam membaca ini anak memiliki kecerdasan dibawah rata-rata. Kondisi disleksia ini hanya menandakan anak kesulitan membaca saja.

Penyebab disleksia sendiri ada beberapa macam. Beberapa penyebab disleksia adalah seperti anak lahir prematur, anak terpapar alkohol dan nikotin selama dalam kandungan, perkembangan otak yang tidak sempurna, sampai dengan riwayat penyakit dari keluarga.

Selain karena beberapa faktor tersebut, disleksia juga bisa disebabkan oleh faktor kebiasaan Yupiers bersama anak-anak. Beberapa kebiasaan tersebut adalah seperti Yupiers yang jarang mengajarkan anak-anak untuk membaca.

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah disleksia ini adalah dengan memperkenalkan banyak bacaan yang menarik bagi anak-anak. Contoh jenis bacaan yang menarik bagi anak-anak adalah dongeng-dongeng yang menarik bagi anak-anak.

Bagaimana Cara Agar Anak Bisa Cepat Membaca?
mengajarkan-anak-dua-bahasa

Setelah mengetahui penyebab anak sulit untuk membaca, informasi berikut ini penting Yupiers simak, yaitu tentang cara efektif mengajari anak membaca dengan cepat tanpa mengeja. 

1. Mengajarkan Huruf Dengan Cara yang Asik

Langkah mudah mengajarkan anak membaca tanpa mengeja yang pertama adalah dengan mengajarkan berbagai macam huruf kepada mereka dengan cara yang asik. Cara ini sangat efektif bagi anak-anak yang belum banyak mengenal huruf dan masih kurang dalam membaca. 

Cara mengajari anak mengenal huruf, Yupiers bisa menggunakan gambar atau warna-warna yang menarik bagi anak-anak.

Selain itu juga Yupiers bisa memperkenalkan huruf dengan cara bernyanyi agar proses pembelajaran ini menjadi lebih menyenangkan.

2. Mengajarkan Berbagai Suku Kata

Setelah anak-anak mulai terbiasa dan banyak ingat berbagai macam huruf, maka Yupiers bisa melanjutkan pada tahap yang selanjutnya, yaitu mengajar berbagai suku kata. Yupiers bisa memulai dari suku kata dengan berbagai huruf dan diakhiri huruf vokal a, i, u, e, o.

Hasil dari pembelajaran ini adalah anak akan mulai bisa mengembangkan berbagai macam suku kata. Pada tahap ini Yupiers juga bisa mengembangkan dengan berbagai suku kata yang variatif dan cukup panjang agar anak-anak menjadi semakin terlatih.

3. Memperkenalkan Huruf Mati

Selain berbagai suku kata, Yupiers juga harus mengajarkan beberapa huruf mati pada anak-anak. Yupiers dapat mengajarkan bagaimana cara mengajari anak menulis dan membaca huruf mati seperti “ng”atau yang lainnya.

4. Latihan Membaca Secara Keseluruhan

Setelah melewati beberapa tahap sebelumnya, maka pada tahap ini bisa dikatakan bahwa anak-anak sudah dapat membaca namun masih tetap harus dalam bimbingan dan pengawasan Yupiers.

Pada tahap ini mungkin adalah tahap yang paling sulit karena pada tahap ini setelah kemampuan anak berkembang untuk membaca, anak bisa saja menjadi bosan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Yupiers dapat memberikan hadiah Yupi Strawberry Kiss setiap kali anak-anak berhasil membaca sebuah buku.

5. Gunakan Buku yang Digemari Anak

Kapan mulai mengajarkan anak membaca? ketika anak sudah mulai memiliki kemampuan dan ketertarikan untuk membaca.

Mengajari anak membaca dengan menggunakan buku yang mereka gemari, dapat menjadi salah satu cara belajar efektif dan menyenangkan untuk memperkenalkan banyak hal kepada mereka.

Hal ini karena mereka bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang menyenangkan dan menarik bagi mereka.

Hal penting dalam cara yang pertama adalah dengan memperhatikan apa saja yang akan dibahas dalam buku-buku mereka pilih. Pilihlah buku-buku yang kaya akan berbagai macam informasi dan dapat menambah pengetahuan anak-anak.

6. Membacakan Buku yang Menarik Setiap Hari

Cara melatih anak membaca dan menulis yang satu ini cukup efektif mengingat anak-anak sangat gemar untuk meniru apa yang orang dewasa.

Membacakan buku yang menarik setiap hari akan menjadi suatu kebiasaan yang baik untuk meningkatkan kemampuan membaca anak-anak

Dalama sebuah studi yang berasal dari Astralasia Journal of Early Chillhood mengatakan bahwa membacakan buku yang menarik setiap hari akan meningkatkan pengetahuan, kemampuan daya ingat dan dapat membuka potensi pada diri mereka serta meningkatkan hubungan kasih sayang antara Yupiers dengan anak-anak.

Baca Juga : Ide Hadiah untuk Anak yang Berprestasi di Sekolah

7. Membuat Permainan Membaca

Salah satu metode membaca yang cukup ampuh untuk meningkatkan minat baca pada mereka adalah dengan membuat permainan membaca. Permainan membaca ini akan membuat anak-anak belajar membaca dengan cara yang menyenangkan.

Yupiers dapat membuat permainan membaca seperti permainan kartu sederhana untuk membaca. Mintalah anak-anak untuk membaca kartu yang mereka pilih, dan berikan hadiah untuk setiap kali mereka berhasil membaca dengan benar.

8. Membaca Menggunakan Lagu

Selain permainan, membaca dengan menggunakan lagu juga termasuk cara mengajari anak membaca yang efektif terutama bagi mereka yang malas belajar membaca. Membaca menggunakan lagu akan membantu mereka belajar membaca tanpa mereka sadari.

Cara yang satu ini akan meningkatkan kreativitas anak-anak, dan mempersiapkan mereka menjadi pribadi yang lebih baik serta percaya diri dengan diri mereka sendiri.

9. Menggunakan Teknologi

Teknologi memiliki banyak sekali manfaat, termasuk salah satunya adalah dapat sebagai sarana untuk mengajari anak membaca.

Yupiers juga bisa menggunakan cara ini sebagai alternatif belajar membaca selain buku agar anak-anak tidak bosan dalam proses belajar mereka.

Teknologi yang dimaksud Yupi pada poin ini adalah seperti beberapa aplikasi atau video edukatif yang dapat ditemukan dengan mudah.

Yupiers harus memastikan aplikasi atau video edukatif tersebut dapat membantu anak dalam mengenal huruf, suku kata dan kalimat, lalu membantu mereka untuk membaca serta menulisnya.

Baca Juga : Bosan? Ini Aktivitas untuk Anak di Rumah yang Menyenangkan

10. Membuat Ruang Membaca yang Nyaman

Selain beberapa cara cepat belajar membaca yang telah disebutkan sebelumnya, ruangan membaca ternyata juga dapat mempengaruhi minat dan konsentrasi anak-anak dalam proses membaca.

Ruang membaca yang nyaman adalah seperti kursi yang nyaman untuk membaca, buku-buku yang tersusun rapi dan juga sangat penting bagi Yupiers untuk menghindarkan agar anak-anak jauh dari TV dan suara TV yang dapat mengganggu konsentrasi mereka dalam proses membaca.

Itulah beberapa cara mengajari anak membaca dengan cepat tanpa mengeja dari Yupi yang perlu Yupiers ketahui. Sangat penting bagi Yupiers untuk terus mendukung anak-anak dalam proses belajar membaca ini. 

Hal ini karena membaca merupakan hal dasar yang harus anak-anak miliki bagi masa depan mereka. Semoga informasi dari Yupi ini bermanfaat untuk Yupiers dan selamat mencoba.