cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan yang Perlu Dicoba

Belajar merupakan salah satu cara agar anak pintar dengan mudah. Selain itu, cara belajar yang efektif dan menyenangkan sangat penting untuk masa pertumbuhan anak-anak.

Tujuan dari belajar ini tentu saja untuk mencapai hasil yang lebih maksimal untuk memperoleh pengetahuan baru dengan cara yang menyenangkan. Apabila anak-anak tidak belajar dengan maksimal, maka hal ini akan menyebabkan tidak tercapainya tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Belajar merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang agar memiliki kompetensi berupa pengetahuan atau keterampilan yang diperlukan. Pada dasarnya belajar dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi seseorang yang akan berguna dalam hidupnya.

Proses belajar yang dilakukan oleh seseorang adalah dengan melihat, mengamati dan mempelajari sesuatu. Proses pembelajaran ini bisa dilakukan dengan cara mendapatkan informasi baru atau dengan berinteraksi dengan orang lain.

Aktivitas belajar bisa dilakukan oleh anak-anak dimulai dari rumah, sekolah sampai lingkungan sekitar mereka. Karena proses yang satu sangat penting dalam hidup mereka.

Nah, kali ini Yupi akan memberikan beberapa informasi mengenai apa saja cara belajar efektif dan menyenangkan serta bagaimana cara belajar agar cepat masuk ke otak anak. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Baca Juga : Bosan? Ini Aktivitas untuk Anak di Rumah yang Menyenangkan

Apa Saja Cara Belajar Efektif, Efisien, dan Menyenangkan?
mengajarkan-anak-dua-bahasa

1. Menentukan Tujuan Belajar

Bagaimana cara belajar efektif di rumah? Yaitu dengan menentukan tujuan belajar. Setiap orang termasuk anak-anak tentunya memiliki hal yang ingin mereka capai, karena hal tersebut sangat penting bagi Yupiers untuk menentukan tujuan belajar sebelum memulai proses belajar agar nantinya proses belajar menjadi lebih efektif.

Mulailah dengan menentukan beberapa hal seperti belajar untuk apa, untuk siapa anak-anak melakukan suatu pembelajaran, apa yang ingin mereka capai, dan apa yang ingin mereka kuasai. Yupiers dapat mendiskusikan terlebih dahulu dengan anak-anak tentang beberapa hal tersebut.

2. Mengatur Waktu Belajar

Cara belajar efektif dan menyenangkan yang kedua adalah mengatur waktu belajar yang tepat bagi anak-anak. Lalu berapa lama waktu belajar yang efektif? gunakan waktu selama 30 menit dalam sehari untuk belajar.

Yupiers dapat memulai dari membuat daftar apa saja yang akan dipelajari, membuat rencana belajar, dan menghilangkan beberapa faktor penghambat seperti menonton televisi atau mainan untuk sementar waktu. Yupiers juga dapat memilih waktu belajar yang paling tepat untuk mereka, apakah itu pada pagi, siang, sore atau malam hari.

3. Disiplin dan Rutin

Cara yang berikutnya adalah dengan disiplin dan rutin dalam belajar. Disiplin merupakan kunci kesuksesan dalam sebuah proses termasuk belajar. Disiplin dalam proses belajar harus diterapkan kepada anak-anak sejak dini agar mereka nantinya terbiasa untuk selalu disiplin dalam belajar.

Selain disiplin, anak-anak juga perlu rutin dalam proses belajar. Hal yang paling penting untuk Yupiers ketahui bahwa disiplin dan rutin dalam belajar akan menjadi lebih baik daripada harus belajar dalam waktu yang cukup lama.

Disiplin dan Rutin dalam belajar juga akan membuat pikiran tetap dalam keadaan rileks dari pada harus belajar dalam waktu yang lama.

4. Belajar Bersama dengan Teman

Cara belajar efektif dan menyenangkan juga bisa didapatkan dengan belajar bersama dengan teman. Belajar dengan teman akan membuat otak anak-anak menjadi lebih rileks dalam proses belajar.

Selain hal itu, belajar dengan teman akan membuat mereka mendapatkan informasi yang lebih banyak daripada belajar seorang diri.

Tidak sedikit juga anak-anak yang lebih menyukai belajar bersama dengan teman mereka. Hal yang paling penting ketika belajar bersama dengan teman adalah mencari teman yang tepat agar proses belajar menjadi lebih maksimal dan efektif.

5. Membuat Catatan atau Rangkuman

Setiap anak mempunyai cara belajar unik masing-masing. Kita wajib menerapkan kebiasaan belajar ini sejak dini untuk mereka.

Lalu, mengapa kita harus memiliki cara belajar? Tentu saja untuk tumbuh kembang anak dan untuk masa depan anak kita nantinya.

Agar proses belajar menjadi lebih efektif, maka Yupiers dapat mengajarkan anak-anak untuk membuat catatan atau rangkuman apa yang mereka pelajari.

Ajarkanlah mereka untuk mencatat hal-hal penting yang mereka pelajari. Tujuan dari kegiatan yang satu ini adalah agar mereka lebih mudah dalam mengingat dan memahami apa yang mereka pelajari.

Manfaat menulis bagi anak ini akan membantu mereka apabila mereka ingin kembali mengulang apa yang mereka pelajari pada saat tertentu seperti pada saat mereka akan menghadapi ujian.

Sebagai tips tambahan, Yupiers juga dapat mengajarkan anak-anak untuk membuat catatan dengan menggunakan beberapa warna dalam buku catatan mereka karena hal ini dapat membantu mereka dalam mengingat beberapa informasi.

6. Menciptakan Tempat yang Nyaman untuk Belajar

Cara belajar yang efektif dan menyenangkan yang berikutnya adalah dengan menciptakan tempat nyaman untuk belajar.

Tempat yang nyaman untuk belajar dapat mendukung untuk mencapai hasil belajar yang lebih maksimal. Tempat yang nyaman untuk belajar ternyata juga dapat meningkatkan konsentrasi yang dibutuhkan saat proses belajar.

Menciptakan tempat yang nyaman untuk belajar juga dapat meningkatkan mood anak-anak dalam ketika belajar.

Dalam membuat tempat belajar yang nyaman, Yupiers juga dapat memperhatikan beberapa hal seperti kondisi cahaya ruangan tersebut dan perhatikan juga beberapa benda yang dapat mengganggu konsentrasi mereka.

7. Menyediakan Cemilan dan Air Minum

Dalam proses belajar anak-anak, Yupiers juga dapat menyediakan cemilan sehat kekinian dan air minum bagi mereka. Anak-anak seringkali merasa bosan ketika belajar, karena hal tersebut, Yupiers dapat menyediakan cemilan dan air putih bagi mereka. Air minum yang segar dapat membuat mereka lebih berkonsentrasi ketika belajar.

Sementara itu cemilan yang enak, sehat dan anak-anak sukai seperti Yupi Choco Glee yang memiliki rasa coklat dan manis dapat meningkatkan mood mereka selama proses belajar agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

8. Berolahraga dan Beristirahat dengan Cukup

Cara belajar yang efektif dan menyenangkan yang terakhir adalah dengan mengajak anak-anak untuk berolahraga dan beristirahat dengan cukup

Lakukanlah beberapa olahraga ringan sebelum memulai belajar dengan tujuan agar tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang dalam proses belajar.

Beristirahat dengan cukup juga dapat membantu otak anak-anak agar lebih mudah dalam menyerap informasi selama proses belajar.

Selain itu juga membuat anak-anak menjadi lebih siap dalam proses belajar. Bahkan, dengan beristirahat yang cukup akan membuat mereka merasa tidak tertekan dan bosan saat proses belajar.

Baca Juga : Apakah Anak Punya Kecerdasan Kinestetik Tinggi? Ini Cirinya

Bagaimana Cara Belajar Agar Cepat Masuk ke Otak Anak?
Cara Belajar Agar Cepat Masuk ke Otak Anak

Setelah mengetahui beberapa cara belajar efektif dan menyenangkan, berikutnya Yupi akan memberikan beberapa informasi mengenai bagaimana cara belajar agar cepat masuk ke otak anak-anak.

Beberapa cara berikut ini sangat penting agar mereka bisa dengan lebih mudah untuk mempelajari banyak hal. Berikut ini adalah beberapa cara tersebut.

1. Saling Menghubungkan Informasi

Cara belajar agar cepat masuk ke otak anak yang pertama adalah dengan saling menghubungkan informasi yang mereka terima.

Menghubungkan beberapa informasi yang mereka terima akan mempermudah anak-anak mengerti, memahami dan mengingat apa yang mereka pelajari.

Untuk memudahkan anak-anak dalam menghubungkan informasi, Yupiers dapat mengajarkan mereka untuk membuat mind mapping atau pemetaan dalam menghubungkan berbagai macam informasi.

2. Melakukan Uji Coba

Cara belajar agar cepat masuk ke otak anak yang kedua adalah dengan melakukan uji coba. Uji coba menjadi sangat penting bagi mereka terutama jika mereka akan menghadapi sebuah ujian. Uji coba juga dapat membantu mereka mendapatkan hasil terbaik dari tes yang akan mereka hadapi.

Hal tersebut karena anak-anak akan lebih mudah dalam mengingat apa saja yang akan mereka hadapi saat ujian nantinya. Yupiers juga dapat melakukan uji coba dengan melakukan sesi tanya jawab dengan mereka agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

3. Melakukan Visualisasi

Cara belajar setiap orang termasuk anak-anak tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Salah satu cara belajar yang cukup efektif dan bisa memudahkan anak-anak dalam proses belajar adalah dengan melakukan visualisasi.

Melakukan visualisasi juga dapat membuat anak-anak mengingat informasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Yupiers dapat memberikan beberapa video pembelajaran yang sesuai dengan apa yang mereka pelajari agar lebih mudah dalam melakukan visualisasi.

Misalnya pada saat screen time untuk anak, biasakan berikan informasi berupa video yang edukatif, ya. Sehingga akan selalu mudah diingat anak.

4. Berbicara dengan Diri Sendiri

Cara belajar agar cepat masuk ke otak anak-anak yang berikutnya adalah dengan berbicara dengan diri sendiri.

Yupiers dapat mengajarkan mereka untuk berlatih berbicara dengan diri sendiri di depan cermin. Cara ini akan membantu mengaktifkan memori otak mereka dalam mengingat suatu informasi.

Cara belajar yang satu ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dan akan berguna bagi mereka pada beberapa kesempatan seperti pada saat mereka akan tampil di depan banyak orang.

5. Memperbanyak Sumber Informasi

Cara belajar yang satu ini cukup penting untuk Yupiers lakukan pada anak-anak dalam proses belajar mereka, cara tersebut adalah dengan memperbanyak sumber informasi. Yupiers dapat memberikan beberapa sumber informasi lainnya yang dapat mereka ketahui untuk mempelajari sesuatu.

Saat ini dengan hadirnya internet dalam kehidupan sehari-hari tentunya dapat memberikan beberapa sumber informasi lainnya seperti dari e-book, video atau referensi lainnya yang akan lebih mempermudah Yupiers dalam memberikan beberapa sumber informasi bagi anak-anak.

6. Mengerti Bukan Menghafal

Cara belajar agar cepat masuk ke otak anak-anak yang terakhir adalah dengan mengajarkan mereka untuk lebih mengerti atau memahami daripada menghafal.

Tidak ada yang salah dalam menghafal selama proses belajar, namun akan lebih efektif jika mereka mengerti dan memahami suatu hal daripada menghafal.

Sebagai contoh apabila mereka akan menghadapi sebuah ujian, ajarkanlah mereka untuk mengerti atau memahami apa saja soal yang akan mereka hadapi. Mengerti atau memahami juga akan mempermudah anak-anak dalam mengingat sesuatu.

Itulah beberapa informasi mengenai cara belajar efektif dan menyenangkan bagi anak-anak serta beberapa tips belajar agar tidak mudah lupa pelajar lebih mudah masuk ke dalam otak mereka.

Semoga dengan beberapa informasi bermanfaat tersebut dapat membantu Yupiers dalam mendidik anak-anak dan membantu mereka mencapai yang mereka inginkan.