menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Kegiatan Bulan Ramadhan Untuk Anak SD, Seru & Bermakna!

Memahami pentingnya mengajarkan anak-anak tentang ibadah puasa dan kegiatan Ramadhan adalah langkah penting bagi pembentukan nilai-nilai keagamaan dan budaya sejak dini. Bulan Ramadhan, yang dipandang sebagai bulan penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia, menawarkan kesempatan yang berharga untuk mendidik anak-anak tentang pentingnya berpuasa dan terlibat dalam kegiatan yang memberi makna.

Oleh karena itu, merancang kegiatan yang menarik dan bermakna bagi anak-anak SD selama bulan Ramadhan menjadi suatu keharusan. Dalam artikel ini, Yupi akan membahas 10 ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang menarik dan bermakna bagi mereka. Simak informasi berikut:

1. Mengajak Anak Mencari Keperluan Berbuka Puasa

Ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang pertama bisa Yupiers coba lakukan adalah mengajak anak-anak mencari keperluan berbuka puasa. 

Saat melakukan ini, agar anak-anak semakin semangat, Yupiers bisa menanyakan menu berbuka puasa atau menu takjil berbuka puasa yang menjadi favorit anak-anak. Anak-anak yang mengetahui bahwa akan menikmati menu berbuka puasa favorit mereka tentunya akan senang dan bahagia.

Yupiers bisa membuat list keperluan apa saja yang akan dibeli terlebih dahulu, lalu mengajak dan melibatkan mereka dalam mencari berbagai keperluan tersebut.

Jangan lupa untuk menambahkan berbagai permen Yupi seperti Yupi Strawberry Kiss, Yupi Gummy Cookies, dan masih banyak lagi permen Yupi lainnya kedalam list, karena permen-permen Yupi tersebut dapat juga digunakan untuk membuat makanan dan minuman yang menarik serta bermanfaat bagi anak-anak.

Baca Juga : 
Resep Strawberry Mochi Ala Yupi, Lembut & Cocok Untuk Takjil

2. Mengajak Menyiapkan Makanan Berbuka Puasa

Setelah berbagai keperluan bahan-bahan berbuka puasa selesai dibeli, ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD selanjutnya yang bisa Yupiers lakukan adalah mengajak anak-anak untuk membantu menyiapkan makanan berbuka puasa.

Libatkan anak-anak dalam kegiatan menyiapkan menu makanan berbuka puasa selama 30 hari dengan memberikannya kegiatan-kegiatan sederhana seperti mencuci sayuran dan buah-buahan yang akan dimakan saat berbuka puasa.

Anak-anak tentunya akan semakin bersemangat saat mereka tahu akan menyiapkan makanan atau minuman yang menjadi favorit mereka. 

Sebagai rekomendasi menu berbuka puasa terbaik, Yupiers bisa mencoba membuat Es Jelly Permen Yupi Gummy yang sangat enak dan bermanfaat bagi anak-anak.

Kegiatan ini juga bisa dilakukan di sekolah saat anak-anak hadir dalam acara buka bersama sekolah mereka.

Hal yang tidak boleh Yupiers lupakan adalah agar tetap mengawasi mereka terutama saat mereka berada di dapur dan menggunakan alat-alat dapur.

3. Membaca Buku Tentang Ramadhan atau Buku Agama yang Menarik

Ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang berikutnya adalah membacakan buku tentang Ramadhan atau buku agama yang menarik seperti kisah-kisah Nabi dan Rasul kepada anak-anak.

Saat ini buku-buku tersebut juga sudah banyak yang dibuat khusus untuk anak-anak dengan menambahkan gambar-gambar yang menarik bagi mereka.

Kegiatan yang satu ini bisa juga Yupiers lakukan ketika jam berbuka puasa akan tiba, karena pada saat tersebut, biasanya anak-anak akan menjadi lemas dan tidak mau banyak beraktivitas yang melibatkan gerak tubuh.

Kegiatan membacakan buku tentang Ramadhan atau buku tentang agama ini tentunya adalah kegiatan positif yang akan memberikan banyak manfaat untuk anak-anak.

4. Berkunjung ke Panti Asuhan

Bulan Ramadhan identik dengan kegiatan saling berbagi kepada sesama. Karena hal tersebut, kegiatan berkunjung ke panti asuhan dan berbagi dengan anak-anak panti asuhan pasti akan memberikan kesan yang sangat berharga bagi anak-anak.

Kegiatan berbagi kepada anak-anak panti asuhan dapat mengajarkan anak-anak tentang indahnya berbagi kepada sesama dan menghargai orang lain.

Yupiers dan anak-anak bisa berbagai pakaian, bahan makanan, uang, atau hadiah lainnya ketika berkunjung ke panti asuhan.

5. Menghafal Surat Pendek

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling tepat untuk mengajarkan anak-anak untuk lebih mempelajari agama. Karena hal tersebut, kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD dengan menghafal surat pendek tentunya menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mereka.

Tidak hanya di rumah, kegiatan yang satu ini juga bisa menjadi kegiatan yang bisa dilakukan guru di sekolah kepada anak murid mereka. 

Kegiatan menghafal surat pendek ini juga bisa dijadikan lomba, yaitu lomba menghafal surat pendek agar anak-anak semakin bersemangat dalam menghafal surat pendek.

6. Membuat Poster Dengan Tema Bulan Ramadhan

Selain menghafal surat pendek, kegiatan membuat poster dengan tema bulan Ramadhan juga bisa menjadi ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD sekaligus lomba yang menarik bagi mereka.

Melalui kegiatan yang satu ini, anak-anak dapat menyalurkan kreativitas mereka. Dengan dikemas dalam bentuk lomba, tentunya hal ini juga akan semakin menarik bagi anak-anak.

7. Berkebun dan Bercocok Tanam

Menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan tidak berarti seseorang harus selalu lemas dan tidak melakukan aktivitas yang menuntut gerak tubuh.

Salah satu ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang memerlukan gerak tubuh adalah dengan berkebun dan bercocok tanam.

Aktivitas ini membantu anak-anak agar tidak selalu merasa lemas menunggu waktu berbuka puasa tiba. 

Agar kegiatan ini semakin menarik, Yupiers bisa menanyakan tanaman apa yang ingin anak-anak tanam atau kegiatan berkebun apa yang ingin anak-anak lakukan.

Hal yang perlu Yupiers perhatikan ketika melakukan aktivitas ini adalah harus tetap mengawasi anak-anak selama melakukan aktivitas yang satu ini.

8. Membersihkan Rumah atau Kelas Bersama-sama

Selain berkebun dan bercocok tanam, aktivitas menggerakan tubuh yang dapat dilakukan anak SD untuk mengisi waktu berpuasa mereka adalah membersihkan rumah atau kelas bersama-sama.

Kegiatan yang satu ini akan membantu anak-anak terlepas dari rasa lemas mereka selama menunggu waktu berbuka puasa tiba.

9. I’tikaf

I’tikaf adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah S.W.T dengan niat beribadah.

Beberapa instansi termasuk sekolah sering mengadakan kegiatan ini ketika bulan Ramadhan tiba.

Kegiatan ini juga bisa diperkenalkan kepada anak SD agar mereka lebih mengerti tentang bagaimana mendekatkan diri kepada Allah S.W.T

10. Membuat Kue untuk Persiapan Lebaran

Setelah berbagai aktivitas selama bulan Ramadhan dilakukan, maka untuk menyambut hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri, Yupiers bisa mengajak anak-anak untuk membuat berbagai macam kue untuk persiapan Lebaran.

Aktivitas ini tentunya akan sangat menarik bagi anak-anak karena mereka dapat terlibat membuat berbagai macam kue yang mereka sukai.

Sama seperti saat mengajak anak menyiapkan makanan berbuka puasa, Yupiers tetap harus mengawasi anak-anak selama melakukan aktivitas ini. 

Pentingnya Mengajak Anak Dalam Kegiatan Ramadhan, Ini Manfaatnya!

Setelah mengetahui beberapa ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD, kegiatan-kegiatan tersebut tentunya akan memberikan manfaat bagi mereka.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mengajak anak dalam kegiatan bulan Ramadhan yang perlu Yupiers ketahui.

  1. Membuat anak-anak menjadi lebih dekat dengan Allah S.W.T.
  2. Menjaga kesehatan tubuh anak-anak.
  3. Mengajarkan tentang kesabaran kepada anak-anak.
  4. Membuat anak-anak menjadi lebih disiplin.
  5. Menumbuhkan rasa empati dan peduli terhadap sesama kepada anak-anak.
  6. Mengajarkan rasa syukur kepada anak-anak.
  7. Membantu mengontrol emosi anak-anak.

Dengan adanya beberapa manfaat yang telah disebutkan sebelumnya dan tentunya ada juga beberapa manfaat lainnya, maka melibatkan anak-anak dalam berbagai kegiatan bulan Ramadhan akan sangat baik untuk mereka.

Itulah beberapa ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang seru dan bermakna bagi anak-anak. Kegiatan-kegiatan tersebut akan semakin bermanfaat jika Yupiers mengetahui beberapa tips berpuasa untuk anak-anak selama bulan Ramadhan.

Semoga informasi tentang kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD dari Yupi kali ini dapat bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile