menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

15 Menu Takjil Kekinian Untuk Buka Puasa, Wajib Cobain!

Bulan ramadhan adalah bulan yang banyak ditunggu oleh umat muslim diseluruh dunia termasuk di Indonesia. 

Bulan ramadhan adalah bulan bulan kesembilan dalam kalender hijriah, dan pada bulan dimana kitab suci Al-Quran ini diturunkan, umat muslim di seluruh dunia juga akan melakukan salah satu dari rukun islam yaitu berpuasa.

Selain berpuasa, ada berbagai tradisi yang hanya ada pada bulan ramadhan ini, salah satunya adalah menikmati menu takjil buka puasa yang lezat. Takjil adalah istilah yang digunakan untuk kudapan atau seperti makanan pencuci mulut yang dinikmati sesaat setelah waktu berbuka puasa tiba.

Takjil ini juga sering dijadikan sebagai sarana berbagi kebaikan selama bulan ramadhan dengan cara membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Karena hal tersebut, agar persiapan ramadhan Yupiers semakin matang, kali ini Yupi akan memberikan beberapa rekomendasi menu makanan takjil buka puasa yang pasti enak.

Apa sajakah menu makanan takjil buka puasa yang enak dari Yupi tersebut? Simak informasi tentang menu makanan takjil buka puasa selengkapnya dari Yupi berikut ini.

Rekomendasi Menu Makanan Takjil yang Cocok Untuk Buka Puasa, Dijamin Enak!

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi menu takjil buka puasa dari Yupi yang harus Yupiers coba.

1. Olahan Permen Yupi (Puding, Es Krim, dll)
olahan permen yupi

Rekomendasi menu takjil buka puasa yang pertama adalah berbagai macam olahan permen Yupi seperti puding, es krim dan masih banyak lagi. Berbagai olahan dengan menggunakan permen Yupi ini bisa Yupiers buat sendiri di rumah sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Karena Yupiers membuatnya sendiri di rumah, tentunya untuk kualitas dan kebersihannya pasti terjamin baik. Ada berbagai macam olahan permen Yupi yang bisa Yupiers coba buat.

Sebagai contoh, Yupiers dapat membuat agar-agar atau puding dari permen Yupi, jika Yupiers ingin sesuatu yang segar, Yupiers bisa mencoba membuat es krim buah dari berbagai permen Yupi yang nikmat, atau milkshake rainbow dengan menggunakan Yupi Baby Bears, dan masih banyak lagi olahan permen Yupi lainnya. 

2. Pisang Coklat

Rekomendasi menu takjil buka puasa yang kedua adalah pisang coklat. Pisang coklat adalah olahan pisang yang mudah dibuat dan ditemukan di jalan karena banyak orang yang menjual ini.

Olahan pisang yang satu ini hanya terdiri dari 3 bahan saja. Pisang coklat terbuat dari pisang yang kemudian dilapisi kulit lumpia dan ditambahkan saus coklat di dalamnya. 

Karena bahan yang sederhana dan cara membuatnya yang mudah, Yupiers bisa juga mencoba membuat pisang coklat di rumah untuk mengisi waktu menunggu waktu berbuka puasa tiba. 

3. Kolak Pisang
Kolak Pisang

Masih menggunakan pisang, rekomendasi menu takjil buka puasa yang berikutnya adalah kolak pisang. Kolak pisang merupakan salah satu makanan khas selama bulan suci ramadhan. 

Makanan khas bulan suci ramadhan, makanan ini sangat banyak dijajakan dan mudah ditemukan pada bulan suci ramadhan. Selain itu juga, harga untuk satu porsi kolak pisang juga terjangkau.

Makanan manis dengan menggunakan berbagai bahan termasuk pisang ini adalah pilihan makanan yang nikmat dan juga bisa membuat Yupiers merasakan kenyang setelah tiba waktunya berbuka puasa.

4. Risol Mayo

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini, risol adalah salah satu menu gorengan yang hampir selalu disajikan kapanpun orang menginginkannya termasuk pada saat berbuka puasa. 

Risol ini juga bisa beragam sekali isiannya. Dari berbagai macam ragam isian risol tersebut, Yupiers bisa memilih risol mayo sebagai menu takjil buka puasa. Hal ini karena risol mayo memiliki rasa yang mewah, lumer di mulut dan risol juga termasuk makanan yang mudah untuk dibuat.

Baca Juga : 
5 Ide Berbagi di Bulan Ramadan

5. Dimsum
dimsum

Bagi Yupiers yang suka makanan kekinian, terutama hidangan dari negara Jepang, pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan dari negeri sakura tersebut yang bernama dimsum. Dimsum ini merupakan makanan yang sehat karena proses pembuatannya tidak melalui proses penggorengan, melainkan melalui proses pengukusan atau dikukus.

Selain sehat, dimsum juga memiliki cukup banyak varian rasa tergantung dari isiannya seperti ayam, udang, daging, sosis, dan masih banyak lagi. Dimsum ini juga kini sangat mudah untuk Yupiers temukan karena sudah cukup banyak orang yang menjualnya.

6. Telur Gulung

Bagi Yupiers yang lahir pada sekitar tahun 1990 an, pastinya sudah tidak asing lagi dengan jajanan masa kecil yang bernama telur gulung. Telur gulung adalah makanan yang cukup sederhana karena hanya menggunakan bahan utama yaitu telur dan tusukan sate saja.

Makanan ini menjadi makanan yang cukup menarik karena proses pembuatannya. Selain itu juga, telur gulung atau yang juga dikenal dengan nama telung ini adalah makanan yang bisa Yupiers beli dengan harga yang cukup murah untuk satu tusuk porsinya.

7. Olahan Aci (Cireng, Cilung, Cilor, dll)
olahan aci cireng cilor

Makanan menu takjil buka puasa yang tidak kalah menarik lainnya adalah berbagai olahan aci seperti cireng, cilung, cilor, dan masih banyak lagi olahan aci lainnya. Makanan atau jajanan pinggir jalan yang berawal “ci” ini adalah makanan yang menggunakan bahan utama yaitu tepung tapioka dengan tekstur yang kenyal.

Bahan utama tepung tapioka tersebut kemudian diolah dengan berbagai cara yang menghadirkan berbagai variasi tergantung dari cara pembuatan atau bahannya. 

Seperti contohnya cireng, adalah kepanjangan dari aci goreng, cilung adalah kepanjangan dari aci digulung, cilor adalah kepanjangan dari aci telor, dan masih banyak lagi olahan aci lainnya seperti cilok, cimol, cibay, cipeng, dan masih banyak lagi.

8. Es Thai Tea

Setelah melihat berbagai rekomendasi menu makanan takjil buka puasa, kini kita sedikit beralih ke minuman. Minuman berikutnya yang bisa Yupiers coba adalah minuman kekinian yang kini banyak orang sukai di Indonesia, yaitu thai tea.

Sesuai dengan namanya, minuman ini adalah minuman yang berasal dari negara Thailand yang kini sudah mendunia dan juga hadir di Indonesia. 

Thai tea memiliki warna jingga dan menggunakan teh hitam khusus yang berasa dari negara Thailand. Selain itu juga, thai tea menggunakan susu yang diuapkan. Banyak orang yang kini menyukai minuman yang satu ini.

9. Es Alpukat Kocok
Es Alpukat Kocok

Tidak kalah kekinian dengan thai tea, minuman yang bernama es alpukat kocok ini juga kini populer dan banyak peminatnya. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini terbuat dari bahan utama yaitu alpukat yang kemudian dipotong-potong dan dihaluskan secara kasar.

Setelahnya, alpukat tersebut ditambahkan dengan air kelapa, gula, susu, es batu dan berbagai topping yang menarik serta lezat. Minuman kekinian yang satu ini sangat cocok untuk melepas dahaga karena sangat segar dan dapat membuat Yupiers kenyang karena serat serta lemak sehat dari buah alpukat di dalamnya.

10. Jasuke (Jagung Susu Keju)

Yupiers mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan kekinian yang bernama jasuke atau singkatan dari jagung susu keju ini. Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan bahan utama yaitu jagung, dan makanan ini pada awalnya tersedia di berbagai mall atau pusat keramaian lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu, jasuke ini kini mudah untuk Yupiers temukan di berbagai pinggir jalan. Jasuke ini kini juga sudah menggunakan berbagai macam topping seperti meses, coklat, blueberry, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. 

11. Es Oyen
es-oyen-bandung (1)

Hidangan yang bernama es oyen ini adalah hidangan yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Jika dilihat dari penampilannya, es oyen ini terlihat mirip dengan es campur, namun perbedaanya adalah es oyen memiliki warna merah muda, sementara es campur memiliki warna putih.

Es oyen termasuk hidangan segar dengan berbagai isian di dalamnya. Hidangan yang satu ini sangat pas untuk melepas dahaga setelah Yupiers berpuasa selama sekitar 12 jam lamanya. 

12. Sup Buah

Ketika bulan ramadhan tiba, mungkin sup buah adalah hidangan yang paling mudah ditemukan dan paling banyak peminatnya. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terdiri dari berbagai macam buah mulai dari buah naga, buah kiwi, buah melon, nata de coco, dan juga campuran sirup, susu kental manis serta es.

Menu takjil buka puasa yang menjadi jawara dan paling banyak peminatnya ini juga akan semakin nikmat jika Yupiers menambahkan Yupi Bolicious Strawberry yang memiliki rasa strawberry yang nikmat di dalam es buah Yupiers. 

13. Salad Buah
saladbuahyupi

Masih menggunakan berbagai macam potongan buah, menu takjil buka puasa berikutnya yang bisa Yupiers pilih adalah salad buah. Salad buah ini terdiri dari potongan beberapa jenis buah seperti apel, buah pir kuning dan hijau, buah naga, nata de coco, anggur, mangga dan buah-buah lainnya. 

Baca Juga : 
Kreasi Salad Buah Menggunakan Yupi Bolicious

14. Es Pisang Ijo

Rekomendasi menu takjil buka puasa selanjutnya adalah olahan pisang yang cukup kekinian, yaitu es pisang ijo. Es pisang ijo ini kini cukup mudah untuk ditemukan diberbagai tempat, dan tentu saja menggunakan bahan utama yaitu buah pisang. 

Hidangan yang berasal dari Makassar ini bisa menjadi menu takjil buka puasa yang nikmat, segar dan tentunya cocok untuk berbuka puasa.

15. Aneka Gorengan (Mendoan, Bakwan Jagung, Pisang Goreng dll)
Aneka Gorengan (Mendoan, Bakwan Jagung, Pisang Goreng (1)

Sebagai penutup, jika sudah berbicara tentang menu takjil buka puasa, menu yang satu ini mungkin bagi banyak orang harus selalu ada ketika bulan puasa tiba, menu makanan tersebut adalah gorengan.

Hidangan yang satu ini paling sering dinikmati dengan es teh manis untuk melepaskan dahaga setelah berpuasa. Selain itu juga, tentu saja gorengan ini sangat mudah untuk Yupiers temukan karena banyak orang yang menjualnnya.

Ada banyak aneka gorengan yang tersedia dan bisa Yupiers pilih seperti tempe mendoan, bakwan jagung, pisang goreng, gorengan tahu, dan masih banyak lagi aneka gorengan lainnya. 

Itulah beberapa rekomendasi menu buka puasa dari Yupi yang dapat Yupiers pilih saat bulan suci ramadhan tiba. Selain enak, dengan menikmati takjil saat berbuka puasa, tentunya kehadiran bulan suci ramadhan akan semakin bermakna

Semoga informasi tentang menu takjil buka puasa dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile