menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Macam Binatang Buas di Dunia, Yuk Kenali Disini!

Binatang adalah salah satu makhluk hidup yang hidup di bumi dan bisa berdampingan dengan manusia. Namun tidak semua binatang bisa hidup berdampingan dengan manusia dan binatang-binatang tersebut adalah binatang buas. Binatang buas di dunia, jenis dan jumlahnya sangatlah banyak. Meskipun berbahaya, namun berbagai informasi tentang macam-macam binatang buas selalu menjadi informasi yang menarik bagi semua orang. Apa sajakah macam-macam binatang buas yang ada di dunia? kali ini Yumin akan menjelaskan beberapa jenis binatang buas yang menarik untuk kita bahas simak, selengkapnya ya 

Apa itu Binatang Buas? Ini Pengertiannya!

Sebelum menjelaskan beberapa macam-macam binatang buas, penting bagi kita untuk memahami apa itu binatang buas. Seringkali, orang memiliki pemahaman yang salah tentang konsep binatang buas dan binatang liar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), binatang buas adalah jenis binatang yang berpotensi membahayakan manusia karena kemampuannya menyerang, menyakiti, bahkan membunuh manusia. Binatang buas bisa menyerang dengan menggunakan gigitan, cakaran, menerkam, menyengat, atau metode serangan lainnya yang berakibat pada luka serius bahkan kematian bagi manusia.

Sementara itu, binatang liar adalah jenis binatang yang hidup bebas di alam liar dan tidak pernah dijinakkan atau dijadikan binatang peliharaan manusia.

Secara umum, ciri-ciri utama binatang buas meliputi lahir dan hidup di alam liar, biasanya tidak dipelihara oleh manusia, mampu menyerang manusia terutama saat merasa terancam atau terganggu dalam habitatnya, serta dianggap berbahaya bagi manusia.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua binatang liar masuk ke dalam kategori binatang buas. Meskipun ada kesamaan dalam aspek-aspek tertentu, tidak semua binatang liar termasuk binatang buas, namun binatang buas sudah pasti adalah binatang liar.

Macam-Macam Binatang Buas di Dunia, Yuk Ketahui!

Setelah mengetahui pengertian tentang apa itu binatang buas, berikut ini adalah macam-macam binatang buas di dunia yang perlu Yupiers ketahui 

1. Singa 
macam macam binatang buas

Jika sudah berbicara tentang macam-macam binatang buas tentu dalam bayangan banyak orang yang paling pertama adalah singa, yang mendapat julukan sebagai raja hutan. Singa mendapat julukan raja hutan karena singa termasuk binatang karnivora yang memangsa berbagai binatang di hutan, seperti rusa kerbau zebra dan masih banyak lagi.

Singa termasuk binatang yang paling aktif pada malam hari, memiliki habitat di padang rumput, sabana, semak belukar dan juga hutan terbuka. Dari segi populasi, secara historis singa tersebar hampir di banyak tempat di dunia, mulai dari di Eropa, Asia, dan juga Afrika 

2. Hiu
binatang buas hiu

Jika di daratan kita mempunyai singa maka untuk di laut dan dari macam-macam binatang buas untuk urutan pertama kita bisa menempatkan ikan hiu sebagai salah satu binatang buas yang berbahaya bagi manusia.

Memiliki tubuh besar dan taring yang kuat, ikan hiu termasuk salah satu binatang yang paling sering melakukan serangan kepada manusia, saat manusia berada di laut lepas dan bahkan saat manusia berada di perairan pantai.

Dalam beberapa penelitian dikatakan bahwa ikan hiu menyerang manusia dikarenakan ikan hiu merupakan binatang yang buta warna, sehingga ketika manusia berenang, manusia akan terlihat seperti anjing laut atau singa laut yang merupakan mangsa mereka.

 3. Serigala
serigala

Binatang buas berikutnya dari Yumin adalah serigala yang termasuk salah satu jenis mamalia karnivora yang termasuk ke dalam keluarga anjing liar. Dari beberapa jenis serigala, salah satunya adalah serigala abu-abu yang umumnya dijumpai di bumi bagian utara seperti Amerika Utara, Eropa, dan beberapa tempat di Asia.

Menurut sejarah, serigala dan manusia memiliki permusuhan yang panjang sejak zaman dahulu kala. Hal ini karena serigala seringkali menyerang binatang ternak dan dipelihara oleh manusia.

4. Beruang

Meskipun terlihat menggemaskan dan bahkan menjadi salah satu karakter film kartun, namun ternyata beruang termasuk salah satu binatang buas yang seringkali menyerang manusia.

Dengan tubuhnya yang besar dan kuat, bahkan dapat berlari dengan cepat, menanjak pohon, serta dapat berenang beruang termasuk salah satu predator yang cukup ditakuti di alam liar.

Beruang Adalah binatang omnivora yang memakan segalanya mulai dari tumbuhan, ikan, dan masih banyak lagi. Populasi beruang sendiri tersebar di seluruh Eropa, Asia, Amerika, serta Lingkaran Arktik

5. Buaya
Buaya

Termasuk salah satu binatang buas yang sudah terkenal, buaya merupakan reptil dengan ukuran tubuh yang besar dan memiliki habitat di area atau wilayah yang lembab atau berair. Buaya juga terkenal sebagai salah satu binatang buas yang cukup sering menyerang manusia

Binatang yang juga berada di puncak rantai makanan ini adalah binatang karnivora yang memangsa binatang lainnya mulai dari ikan reptil rusa Atau binatang-binatang lainnya.

6. Ular

Jika sudah berbicara tentang macam-macam binatang buas maka salah satu binatang buas yang paling mematikan di dunia dan bagi manusia adalah ular. Ular adalah predator yang dapat memangsa mangsanya dengan menggunakan gigitan yang berisi racun di mulutnya atau menggunakan lilitannya.

Meskipun tidak semua spesies ular termasuk binatang yang ganas,memiliki racun, atau berbahaya bagi manusia, namun tidak dapat dipungkiri ular selalu menjadi salah satu binatang yang dianggap buas dan mematikan oleh banyak orang.

7. Komodo
komodo

Tahukah Yupiers bahwa salah satu binatang yang menjadi kebanggaan Indonesia dan hanya ada di Indonesia termasuk salah satu binatang buas yang juga bisa berbahaya bagi manusia, binatang buas tersebut adalah komodo.

Komodo adalah binatang karnivora yang memakan semuanya dan merupakan salah satu kadal terbesar yang ada di bumi. Binatang komodo beberapa anggota tubuhnya yang berbahaya seperti kuku, gigi, mulut dan ekor sebagai senjata mereka dalam menyerang mangsanya.

Binatang komodo memiliki 5 kuku yang dapat melukai kulit mangsanya, memiliki struktur gigi yang mirip dengan gigi hiu, dan memiliki air liur yang mengandung bakteri mematikan serta berbahaya bagi bangsanya.

Meskipun termasuk binatang buas dan berbahaya bagi manusia, binatang komodo termasuk salah satu binatang yang kini dilindungi karena jumlah populasinya yang sudah sedikit 

8. Harimau

Jika sudah berbicara tentang binatang buas, maka harimau juga termasuk salah satu binatang buas yang tidak kalah terkenal dengan singa si raja hutan. Harimau merupakan binatang karnivora dan merupakan binatang yang berada pada puncak rantai makanan.

Binatang harimau memangsa binatang apa saja yang ada di sekitarnya, mulai dari rusa, unggas, dan binatang-binatang lainnya.

Binatang harimau termasuk dalam kategori binatang buas karena binatang harimau tidak akan ragu untuk menyerang manusia, jika dirinya merasa terancam atau merasa lingkungannya terganggu karena kehadiran manusia

Meskipun termasuk binatang buas dan berbahaya bagi manusia, namun harimau kini termasuk salah satu binatang yang terancam punah, dan salah satu jenis binatang harimau yang sangat dilindungi adalah Harimau Sumatera

9. Gorila
binatang buas gorila

Salah satu binatang herbivora yang termasuk binatang buas adalah gorila. Meskipun terlihat sebagai binatang yang cukup tenang, namun gorila bisa menjadi binatang yang buas ketika dirinya merasa terancam atau jika lingkungannya terancam atas kehadiran manusia. 

Meskipun termasuk binatang buas, binatang gorila termasuk dalam salah satu binatang yang harus dilindungi populasinya dan salah satu spesies gorila yang dilindungi berdasarkan data dari International Union for Conservation of Nature Adalah Gorila Gunung atau Gorilla Beringei

10. Macan Tutul
macan tutul

Dalam daftar macam-macam binatang buas dari Yumin yang terakhir kali ini adalah macan tutul, yang merupakan binatang karnivora dan memangsa binatang lainnya seperti ikan burung binatang pengerat serta binatang-binatang lainnya yang berada dalam lingkungannya.

Macan tutul termasuk binatang buas yang berbahaya bagi manusia karena macan tutul  tidak segan untuk menyerang manusia dengan cakar dan juga giginya hingga dapat sangat berbahaya bagi nyawa manusia.

Meskipun termasuk binatang buas yang berbahaya bagi manusia, macan tutul termasuk binatang yang terancam punah di dunia Diantara beberapa jenis macan tutul berdasarkan data dari IUCN Pada tahun 2014 dan 2015, Macan Tutul Amur adalah jenis macan tutul yang paling terancam punah karena hanya tersisa 92 Macan Tutul Amur.

Serunya Belajar Sambil Bermain Mengenal Binatang Buas Bersama Yupi Wild Safari
Yupi Wild Safari

Itulah beberapa macam-macam binatang buas yang dapat Yumin kali ini. Mempelajari binatang tentu merupakan suatu hal yang sangat menarik bagi anak-anak, agar proses pembelajaran mengenai binatang yang semakin menyenangkan maka Yupiers bisa menggunakan Yupi Wild Safari sebagai teman anak-anak untuk belajar.

Yupi Wild Safari adalah salah satu camilan yang sehat dan juga enak dengan bentuk seperti beberapa binatang hutan yang akan menarik bagi anak-anak. Yupiers dapat menjelaskan beberapa binatang tersebut dengan menggunakan Yupi Wild Safari kepada anak-anak.

Jangan lupa juga untuk menyimak berbagai informasi menarik menarik lainnya hanya di Yupi ya, seperti berbagai macam hewan dinosaurus, permainan tebak hewan, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa informasi tentang beberapa macam-macam binatang buas dari Yumin kali ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk Yupiers semua.

Home Our Story Events Games Profile