menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

11 Jajanan Anak Sekolah yang Lagi Viral dan Paling Laris di 2023

Jajanan anak sekolah selalu menarik bagi mereka yang aktif di lingkungan sekolah. Seiring berjalannya waktu, variasi camilan terus mengalami perkembangan menarik. Dahulu, permen menjadi salah satu ikon jajanan anak sekolah pada era tahun 90an. Namun, kini, pilihan jajanan telah berkembang menjadi lebih beragam.

Pengalaman rasa jajanan yang menggoda tidak hanya menarik bagi anak-anak, tetapi juga bagi para dewasa. Sensasi gurih yang khas sering menjadi daya tarik utama, menciptakan kecanduan yang sulit dihindari.

Meskipun sebagian besar jajanan ini mengandung bahan tambahan seperti MSG, gula, dan zat pewarna, popularitasnya tetap tak terbantahkan di kalangan pelajar. Fenomena ini menegaskan bahwa daya tarik variasi jajanan terus berkembang seiring dengan perubahan zaman.

Nah jika Yupiers sedang merasa ingin mencicipi jajanan anak sekolah yang saat ini laris dan viral, berikut Yumin kasih 11 rekomendasinya. Simak informasi selengkapnya.

1. Telur Gulung
Jajanan Anak Sekolah telur gulung

Dalam daftar jajanan anak sekolah yang laris dan viral pertama dari Yumin kali ini adalah telur gulung atau yang sekarang juga dikenal dengan nama telung. Telur gulung sebenarnya termasuk salah satu camilan anak sekolah yang sudah ada sejak lama, namun masih eksis sampai sekarang.

Proses pembuatannya yang cukup mudah dan bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan, membuat camilan anak sekolah ini cukup sering ditemukan diberbagai tempat dengan harga yang relatif murah, mulai dari Rp1.000 sampai Rp3.000 per tusuknya.

Cara membuat telur gulung ini adalah dengan menuangkan secara perlahan telur yang telah dicampurkan kaldu, lada atau bumbu-bumbu lainnya ke dalam wajan berisi minyak panas, kemudian gulung telur tersebut dengan menggunakan tusuk satu, lalu tiriskan. 

2. Aneka Permen Yupi
aneka permen yupi

Jajanan anak sekolah kedua yang laris dan viral dari Yumin kali ini adalah aneka macam permen Yupi. Permen Yupi termasuk salah satu camilan sehat anak sekolah yang tidak lekang oleh waktu sudah ada sejak dahulu, dan masih eksis hingga saat ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, variasi bentuk dan rasa dari aneka permen Yupi juga ikut berkembang.

Kini ada permen Yupi yang memiliki bentuk seperti hewan yaitu Yupi Jungle Fun, berbentuk seperti ikan yaitu Yupi School Of Fish, berbentuk seperti dinosaurus yaitu Yupi Dino Land dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain memiliki bentuk yang menarik, aneka permen Yupi tentunya juga merupakan makanan dengan kandungan gizi yang baik bagi pertumbuhan anak-anak.

3. Aneka Aci-Acian (Cilok, Cimol, Cilor, Cireng)
olahan aci cireng cilor

Jajanan anak sekolah yang berikutnya dari Yumin adalah berbagai jenis aci-acian seperti cilok, cimol, cilor, cireng dan masih banyak lagi aneka aci-acian lainnya.

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok, yang merupakan makanan khas Bandung yang terkenal di berbagai wilayah di Indonesia. Terbuat dari tepung tapioka dengan tekstur yang kenyal, rasa yang gurih, berbentuk seperti bakso, harga cilok sangat murah, biasanya dijual Rp500 per bijinya.

Cimol memiliki yang hampir sama seperti cilok, yaitu berbentuk bulat. Hanya saja proses pembuatan cimol adalah dengan digoreng dan biasanya disantap dengan menambahkan bumbu-bumbu sesuai selera.

Cilor juga memiliki bentuk seperti cilok dan cimol, yaitu bulat. Perbedaanya adalah cilor disajikan dengan tambahan telur lalu ditusuk dengan tusuk sate sebelum digoreng dan biasa disajikan dengan saus pedas.

Sementar untuk cireng mungkin sudah tidak asing bagi Yupiers. Cireng memiliki bentuk yang pipih dan seiring dengan perkembangan zaman, kini cireng juga sering divariasikan dengan menambahkan isi di dalamnya

4. Martabak Mini
martabak mini

Seiring dengan perkembangan zaman, martabak yang dahulu memiliki bentuk yang cukup besar kini juga tersedia dalam ukuran yang lebih kecil dengan nama martabak mini dan tentunya dengan harga yang lebih murah dari martabak dengan ukuran yang besar.

Hampir sama seperti martabak dengan ukuran besar, martabak mini juga memiliki berbagai macam toping diatasnya seperti coklat, strawberry, blueberry, pisang, keju, kacang dan masih banyak lagi.

5. Sate-Satean Seafood
Sate-Satean Seafood

Tidak kalah modern dengan martabak mini, belakangan ini terdapat juga jajanan anak sekolah yang cukup laris dan viral, yaitu sate-satean seafood.

Sesuai dengan namanya, jajanan anak sekolah ini merupakan aneka berbagai seafood yang ditusuk dengan tusuk sate lalu disajikan. Bahan-bahan untuk membuat jajanan ini juga kini sudah cukup mudah didapatkan dalam bentuk bahan makanan beku atau frozen food yang langsung bisa Yupiers olah.

Baca Juga : Cemilan Sehat dan Kekinian untuk Anak, Bikin Happy!

6. Risol Mayo
risol mayo

Risol merupakan salah satu jajanan anak sekolah sudah ada sejak zaman dahulu dan tetap eksis sampai sekarang. Seiring dengan perkembangan zaman juga, isian risol ini kini juga sering diperbarui.

Dari beberapa jenis risol, salah satu jenis risol yang kini cukup laris dan viral adalah risol mayonaise atau risol mayo. Hampir seperti risol pada umumnya, namun risol mayo adalah risol yang memiliki isian telur, ragout, smoked beef.

Perpaduan kulit risol yang digoreng dan isinya tersebut, membuat risol mayo memiliki rasa yang renyah dan creamy sehingga banyak orang yang menyukai risol mayo ini.

7. Jasuke (Jagung Susu Keju)
Jasuke (Jagung Susu Keju)

Termasuk jajanan anak sekolah kekinian, jagung susu keju atau yang lebih dikenal jasuke termasuk salah satu jajanan anak sekolah yang kini laris dan viral.

Berdasarkan beberapa sumber, jasuke adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat. Jasuke adalah jajanan dengan bahan dasar jagung manis rebus yang dicampurkan dengan susu, keju dan juga mentega, dengan tambahan topping sesuai selera yang kemudian disajikan dalam sebuah wadah plastik.

8. Piscok (Pisang Coklat)
pisang coklat

Selain permen Yupi, julukan tidak lekang oleh waktu mungkin bisa Yumin berikan kepada jajanan anak sekolah yang masih laris hingga saat ini, yaitu pisang coklat atau yang lebih dikenal dengan piscok.

Terbuat dari pisang yang diberikan isian coklat, lalu dibalut kulit lumpia dan digoreng ini, piscok masih disukai oleh banyak orang karena rasanya yang renyah, gurih, manis dan enak.

9. Corndog Mozarella

corndog mozarella 
Bagi Yupiers yang suka menyaksikan drama korea atau drakor, maka corndog mungkin sudah tidak asing lagi bagi Yupiers. Corndog ternyata kini juga termasuk jajanan anak sekolah yang cukup laris dan tentunya viral.

Dari berbagai jenis corndog, corndog mozarella merupakan salah satu jenis yang paling banyak peminatnya. Corndog mozarella sendiri adalah jajanan yang berasal dari Korea Selatan.

Corndog mozarella sendiri adalah sosis dengan tambahan keju mozarella batang, yang kemudian dibalut atau dilapisi dengan tepung roti halus, lalu digoreng dan biasa disajikan dengan tambahan saus dan mayones.

10. Crepes
crepes (1)

Termasuk salah satu makanan kekinian yang kini sering Yupiers jumpai, crepes juga kini juga termasuk jajanan anak sekolah yang selalu ada di lingkungan sekolah anak-anak. 

Makanan yang menurut beberapa sumber berasal dari Eropa ini adalah adonan tipis yang kemudian ditambahkan berbagai macam toping diatasnya.

Dengan berbagai macam variasi topping mulai dari coklat, keju, strawberry, dan masih banyak lagi inilah yang membuat crepes digemari oleh banyak orang.

11. Tahu Bulat
tahu bulat

Dalam daftar terakhir jajanan anak sekolah yang laris dan viral dari Yumin kali ini, jatuh pada tahu bulat. Tahu bulat tentunya sudah sangat dikenal di Indonesia terutama di beberapa kota besar di Indonesia. 

Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini adalah tahu dengan bentuk bulat yang penyajiannya diberikan beberapa bumbu sesuai dengan selera. 

Biasa disajikan di atas mobil bak terbuka, harga tahu bulat sangat terjangkau, yaitu biasanya Rp500 untuk satu buah tahu.

Apakah jajanan Anak Sekolah sehat untuk dikonsumsi oleh anak-anak?

Sebagian jajanan anak sekolah memang tidak sehat karena memiliki potensi kekurangan nutrisi dan kandungan gula yang tinggi. Meskipun beberapa di antaranya memberikan variasi rasa yang menarik, disarankan untuk tetap memprioritaskan konsumsi camilan yang seimbang secara gizi, seperti buah-buahan, sayuran, atau camilan rendah gula dan lemak, guna mendukung pertumbuhan dan kesehatan anak-anak. Selalu penting untuk memantau pilihan makanan anak-anak dan memastikan keamanan dan kebersihan dalam proses pembuatannya.

Apakah ada tips untuk memilih jajanan anak sekolah yang sesuai dengan kebutuhan atau preferensi anak?

Untuk memilih jajanan anak sekolah yang sesuai dengan kebutuhan atau preferensi anak, sebaiknya pertimbangkan keseimbangan gizi dengan memilih camilan yang mengandung protein, serat, dan vitamin. Hindari jajanan yang terlalu tinggi gula dan lemak. Komunikasikan dengan anak untuk mengetahui preferensinya dan pertimbangkan opsi camilan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, atau camilan rendah gula sebagai alternatif yang baik. Selalu prioritaskan kebersihan dan keamanan pangan dalam pemilihan jajanan.

Apa dampak atau efek jangka panjang dari mengonsumsi jajanan anak sekolah?

secara umum jajanan anak sekolah memiliki kandungan nutrisi yang rendah dan tinggi gula. Konsumsi berlebihan gula, lemak, dan bahan tambahan tertentu dapat berpotensi menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti obesitas, gangguan metabolik, dan masalah kesehatan gigi. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memantau pola makan anak-anak dan memastikan keseimbangan gizi dalam konsumsi jajanan mereka.

Itulah beberapa jajanan anak sekolah yang laris dan viral dari Yumin kali ini. Selain informasi tersebut, Yumin juga mempunyai informasi menarik lainnya seperti
cara menabung yang efektif bagi anak-anak yang bisa Yupiers baca pada artikel lainnya.

Semoga informasi tentang jajanan anak sekolah dari Yumin kali ini dapat memberikan manfaat bagi Yupiers untuk pertumbuhan anak-anak tercinta.

Home Our Story Events Games Profile