menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

11 Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan, Siapkan Sekarang!

Bulan Ramadhan adalah bulan ke sembilan dalam kalender Hijriah dan merupakan bulan yang banyak ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Hal tersebut karena dalam bulan Ramadhan, umat Muslim akan mendapatkan berkah pahala yang berlipat ganda. Untuk menyambut bulan suci Ramadhan ini, ada berbagai persiapan Ramadhan yang perlu Yupiers lakukan. Melakukan persiapan Ramadhan sangat penting untuk Yupiers lakukan agar nantinya bisa menjalankan berbagai ibadah mulai shalat, puasa, dan zakat.

Apa sajakah persiapan Ramadhan yang perlu Yupiers lakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan? Simak informasi tentang persiapan Ramadhan dari Yupi berikut ini.

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan Agar Ibadah Lebih Berkah

Berikut ini adalah beberapa persiapan Ramadhan yang perlu Yupiers lakukan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan.

1. Membayar Hutang Puasa Tahun Sebelumnya

Persiapan Ramadhan yang pertama adalah membayar hutang puasa di tahun sebelumnya. Jika Yupiers memiliki hutang puasa di tahun sebelumnya, maka sebaiknya Yupiers melunasi hutang tersebut sebelum datangnya bulan suci Ramadhan di tahun ini.

Ada banyak orang yang mungkin pernah tidak berpuasa karena berbagai macam hal mulai dari sakit sampai dengan datang bulan bagi seorang wanita. Karena hal tersebut wajib bagi seorang Muslim yang ingin berpuasa di tahun ini untuk membayar hutang puasa di tahun sebelumnya.

2. Menyiapkan Paket Untuk Berbagi 

Persiapan Ramadhan yang kedua adalah menyiapkan paket untuk berbagi dengan sesama. Bulan Ramadhan identik dengan membagikan rezeki ke orang-orang yang membutuhkan. Membagikan rezeki ini bisa dalam berbagai macam bentuk, mulai dari uang, makanan, hampers, parcel Ramadhan atau bingkisan dan masih banyak lagi.

Tradisi untuk berbagi di bulan suci Ramadhan ini tidak terlepas dari berkah bulan Ramadhan, di mana saat Yupiers membagikan sesuatu kepada yang membutuhkan, Yupiers akan mendapat pahala yang berlipat ganda. 

Kegiatan berbagi dengan sesama ini paling sering dilakukan ketika bulan Ramadhan akan datang atau ketika saat hari raya Idul Fitri akan tiba dengan membagikan bingkisan Idul Fitri yang berkesan kepada orang lain terutama yang membutuhkan.

3. Memperkuat Iman

Persiapan Ramadhan selanjutnya yang harus Yupiers lakukan adalah memperkuat iman. Memperkuat iman ini bisa Yupiers lakukan dengan cara mulai melatih diri dan mengendalikan diri dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sehari-hari dilakukan baik yang tidak disengaja apalagi yang disengaja.

Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut ada beragam macamnya, mulai dari merokok, membicarakan orang lain, bermalas-malasan, sering melawan orang tua, dan masih banyak lagi. Mulailah untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut sebelum bulan suci Ramadhan tiba. 

Selain itu juga Yupiers juga bisa mulai memperkuat iman dengan cara kembali membiasakan diri agar selalu bisa melakukan shalat lima waktu dan melakukan aktivitas ibadah lainnya seperti membaca Al-Quran.

4. Memperdalam Ilmu Agama

Agar pada saat bulan suci Ramadhan tiba Yupiers dapat memanfaatkannya dengan maksimal, maka sangat penting bagi Yupiers untuk memperdalam ilmu agama dari sekarang. 

Banyak yang mengatakan bahwa aktivitas seperti tidur saja dapat mendatangkan pahala di bulan Ramadhan, namun tentunya akan sangat disayangkan jika Yupiers melewatkan bulan suci Ramadhan dengan tidak maksimal. 

Mulailah mempelajari kembali apa saja hal-hal yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan sebagai seorang muslim, serta tata cara ibadah yang baik dan benar. Jangan lupa juga untuk mempelajari berbagai macam doa yang penting untuk diucapkan yang akan sangat bermanfaat untuk Yupiers.

5. Mempersiapkan Fisik dan Jasmani untuk Berpuasa 

Saat bulan suci Ramadhan tiba, bukan berarti Yupiers akan berhenti melakukan aktivitas sehari-hari yang biasa Yupiers lakukan seperti bekerja atau bersekolah bagi anak-anak sekolah. 

Dengan sambil melakukan ibadah puasa dan beraktivitas sehari-hari seperti biasanya, tentu Yupiers perlu mempersiapkan fisik dan juga jasmani agar lebih maksimal selama berpuasa.

Mempersiapkan fisik dan jasmani ini bisa mulai Yupiers lakukan dengan mengurangi kebiasaan yang tidak sehat seperti tidur terlalu malam atau begadang, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kebiasaan buruk lainnya. 

Mulailah untuk melakukan pola hidup sehat dan juga mengkonsumsi multivitamin agar nantinya Yupiers bisa maksimal selama melakukan ibadah puasa dan tidak sampai sakit ketika bulan suci Ramadhan tiba. Jika Yupiers sampai sakit, tentunya hal ini akan sangat merugikan Yupiers.

Mempersiapkan fisik dan jasmani ini juga bisa Yupiers ajarkan kepada anak-anak agar nantinya anak-anak dapat melakukan ibadah puasa dengan maksimal.

Agar anak-anak lebih semangat nantinya dalam menjalankan ibadah puasa, Yupiers juga mengajarkan anak-anak untuk mulai berpuasa ketika bulan suci Ramadhan tiba dengan memberikan mereka camilan favorit anak-anak seperti Yupi Fruity Puff, Yupi Milly Moos dan masih banyak lagi camilan Yupi lainnya yang pastinya enak dan sehat untuk anak-anak saat berbuka puasa.

6. Mempersiapkan Rencana Ibadah yang Matang

Selain mempersiapkan fisik dan jasmani, Yupiers juga perlu mempersiapkan rencana ibadah yang matang. Rencana ibadah yang matang ini bertujuan agar nantinya ketika bulan suci Ramadhan tiba, Yupiers bisa memaksimalkannya dengan semaksimal mungkin.

Mempersiapkan rencana ibadah yang matang ini sangat penting terlebih bagi Yupiers yang ingin melakukan khatam Al-Quran atau membaca seluruh isi Al-Quran selama bulan suci Ramadhan.

Apabila Yupiers berhasil membaca seluruh isi Al-Quran selama bulan suci Ramadhan tentunya Yupiers akan mendapatkan pahala yang semakin berlipat ganda.

7. Mempersiapkan Jiwa dan Mental

Setelah Yupiers mempersiapkan fisik, jasmani dan mempersiapkan rencana ibadah yang matang, langkah selanjutnya yang dapat Yupiers lakukan adalah mempersiapkan jiwa dan juga mental.

Mempersiapkan jiwa dan mental yang dimaksud kali ini adalah agar nantinya ketika Yupiers beribadah, Yupiers sudah memiliki jiwa yang bersih dan juga tulus dalam melakukan ibadah. 

Jika Yupiers mempunyai jiwa dan mental yang tulus dalam beribadah, nantinya Yupiers akan terhindar dari rasa malas dalam melakukan ibadah dan akan melakukan ibadah dengan lebih mudah.

8. Mempersiapkan Kebutuhan Materi yang Lebih

Sebelum bulan suci Ramadhan tiba, Yupiers juga perlu mempersiapkan kebutuhan materi atau uang lebih. Hal tersebut karena pada umumnya ketika bulan suci Ramadhan tiba, harga kebutuhan pokok akan meningkat. 

Selain itu juga Yupiers perlu mempersiapkan uang untuk meningkatkan amal ibadah Yupiers seperti untuk berzakat atau bersedekah di bulan suci Ramadhan.

Pada bulan suci Ramadhan juga biasanya akan ada berbagai makanan nikmat yang hanya bisa Yupiers nikmati saat bulan suci Ramadhan seperti makanan pencuci mulut yang pastinya sangat nikmat dinikmati saat berbuka puasa. 

Karena beberapa hal tersebut, mulailah mengelola keuangan agar bisa cukup memenuhi segala kebutuhan selama bulan suci Ramadhan. 

9. Mempersiapkan Kebutuhan Sehari-hari 

Persiapan Ramadhan selanjutnya yang perlu Yupiers lakukan adalah mempersiapkan kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan pokok atau sembako, bumbu masak sampai dengan makanan takjil seperti permen yang cocok untuk digunakan saat kumpul bersama keluarga.

Selain beberapa hal tersebut, Yupiers juga perlu mempersiapkan kebutuhan sehari-hari dalam beribadah seperti pakaian ibadah dan juga perlengkapan ibadah yang akan Yupiers gunakan sehari-hari. 

10. Membersihkan Lingkungan Sekitar 

Masih ingatkah Yupiers dengan pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian daripada iman. Karena pepatah tersebut, maka penting juga bagi Yupiers untuk membersihkan lingkungan sekitar.

Selain membersihkan rumah, akan jauh lebih baik jika Yupiers ikut serta dalam membersihkan mushola atau masjid yang nantinya akan digunakan oleh semua orang dalam beribadah selama bulan suci Ramadhan. Jika hal ini Yupiers lakukan, tentunya Yupiers akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

11. Melakukan Taubat Kepada Allah S.W.T

Persiapan Ramadhan terakhir yang perlu Yupiers lakukan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan adalah melakukan tobat atau bertobat dengan sungguh-sungguh kepada Allah S.W.T dan memohon ampun atas segala perbuatan serta kesalahan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Lakukanlah tobat dengan bersungguh-sungguh dari hati yang paling dalam untuk memohon ampun kepada Allah S.W.T.

Hal ini penting untuk Yupiers lakukan agar nantinya ketika memasuki bulan suci Ramadhan, Yupiers dapat beribadah dengan sungguh-sungguh kepada Allah S.W.T.

Baca Juga : 7 Tips Puasa Untuk Anak Agar Ramadan Makin Bermakna

Kegiatan yang Biasa Dilakukan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Setelah mengetahui berbagai persiapan Ramadhan yang perlu Yupiers lakukan, di Indonesia sendiri ada berbagai kegiatan yang biasa dilakukan untuk menyambut bulan suci ini. 

Berikut ini adalah beberapa kegiatan tradisi menyambut bulan Ramadhan dari berbagai macam daerah.

  1. Padusan dari Jawa Tengah.
  2. Tukunder dari Jawa Tengah.
  3. Nyadran dari Jawa Tengah.
  4. Mohibadaa dari Gorontalo.
  5. Dandangan dari Kudus.
  6. Malamang dari Padang.
  7. Arwah Jamak dari Demak.
  8. Meugang dari Aceh.
  9. Munggahan dari Jawa Barat.
  10. Megibung dari Bali.
  11. Pausan dari Boyolali.
  12. Jalur Pace dari Riau.
  13. Nyorong dari Betawi.
  14. Malamang dari Minangkabau.
  15. Balimau dari Minangkabau.
  16. Dugderan dari Semarang.
  17. Suro’baca dari Makassar.
  18. Megengan dari Surabaya.

Dan masih banyak lagi kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan yang dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Itulah beberapa informasi tentang persiapan Ramadhan yang perlu Yupiers ketahui dan lakukan serta beberapa kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan. Semoga informasi tentang persiapan Ramadhan dari Yupi kali ini dapat bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile