menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

11 Rekomendasi Sekolah Internasional Terbaik di Indonesia dari TK sampai SMA

Pendidikan merupakan hal yang sangat fundamental untuk mengembangkan potensi maksimal setiap anak. Di era global saat ini, pendidikan internasional sangat dibutuhkan untuk membantu anak bersaing dan beradaptasi dengan lingkup internasional. Namun disisi lain, sekolah internasional yang tersedia di Indonesia juga masih terbatas.

Pendidikan internasional dapat memberikan wawasan global dan multikultural yang dibutuhkan setiap anak untuk berkarya di kancah internasional. Oleh karena itu, kali ini Yumin akan menjelaskan bagaimana pentingnya pendidikan internasional bagi anak Indonesia dan juga beberapa rekomendasi sekolah internasional yang ada di Indonesia dari TK hingga SMA. 

Rekomendasi sekolah yang akan Yumin bahas kali ini akan didasari oleh fasilitas, kurikulum, kualitas pengajaran, hingga lingkungan belajar. Simak baik-baik pembahasan berikut ini ya, Yupiers!

Apa itu Sekolah Internasional?

Sekolah internasional adalah sekolah yang menerapkan kurikulum internasional/asing di Indonesia. Biasanya kurikulum yang digunakan adalah kurikulum negara asal sekolah tersebut, seperti Cambridge International Examinations contohnya. Bahasa pengantar di sekolah internasional biasanya menggunakan bahasa Inggris. 

Dilansir dari Deutsche Schule Jakarta, sekolah internasional memberikan seluruh muridnya pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan standar pendidikan negara asal kurikulum tersebut, yang bertujuan agar murid yang lulus dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di luar negeri atau bahkan berkarir di kancah internasional.

Rekomendasi Sekolah Internasional Terbaik di Indonesia, Banyak di Jakarta!
Rekomendasi Sekolah Internasional Terbaik di Indonesia, Banyak di Jakarta

1. Sampoerna Academy

Sampoerna Academy adalah sekolah internasional yang menghadirkan jenjang pendidikan dari TK hingga SMA. Sampoerna Academy berlokasi di beberapa tempat seperti Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya, hingga Medan. 

Sampoerna Academy menggunakan kurikulum Cambridge dan metode pembelajaran yang disebut sebagai STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math), yang juga diterapkan di sekolah-sekolah Amerika. 

Sampoerna Academy memiliki fasilitas seperti ruang kelas, teknologi, laboratorium komputer, lapangan sepakbola, hingga kolam renang yang sudah berkualitas internasional. 

Fasilitas di sekolah tentu menjadi hal yang sangat penting bagi anak-anak untuk menyalurkan bakatnya, seperti bakat olahraga, bakat melukis, bakat bermain musik, hingga bakat gamers.

2. British School Jakarta
british school jakarta

Selain Sampoerna Academy, sekolah internasional di Indonesia yang dapat Yumin rekomendasikan adalah British School Jakarta. British School Jakarta adalah salah satu sekolah internasional ternama yang berdiri dibawah naungan Kedutaan Besar Inggris ini berlokasi di Bintaro Jaya Sektor 9. 

British School Jakarta menggunakan program pendidikan IGCSE yang diberikan untuk siswa yang berusia 14-16 tahun. Program ini adalah klasifikasi akademik yang disertifikasi langsung dari University of Cambridge.

Fasilitas yang dimiliki BSJ antara lain laboratorium sains berteknologi tinggi, perpustakaan multimedia, ruang kelas digital, hingga fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan sepak bola, dan tenis.

Banyak siswa British School Jakarta yang diterima di perguruan-perguruan tinggi terkemuka di seluruh dunia seperti University of Cambridge, University of Oxford, dan lainnya.

3. ACG School Jakarta
acg school jakarta

ACG School Jakarta terletak di Jakarta Selatan. ACG School Jakarta menerapkan kurikulum internasional yang meliputi program International Baccalaureate (IB). ACG School Jakarta memberikan pendidikan dari usia TK hingga 13 tahun. 

Fasilitas yang dimiliki antara lain laboratorium sains, perpustakaan, studio musik dan seni, kolam renang, serta fasilitas olahraga outdoor dan indoor.

Dengan kualitas akademik dan fasilitas yang memadai, ACG School Jakarta dapat menjadi pilihan utama untuk mempersiapkan anak mengemban pendidikan berstandar internasional agar dapat bersaing di kancah global.

4. Jakarta Intercultural School
Jakarta Intercultural School

Jakarta Intercultural School (JIS) terletak di daerah Cilandak, Jakarta Selatan. JIS menghadirkan jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA. JIS menerapkan kurikulum IB dan Advanced Placement yang berfokus pada pendidikan komprehensif untuk mempersiapkan siswanya dapat bersaing di kancah internasional. 

JIS juga memiliki banyak sekali fasilitas yang akan mendukung kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Fasilitas di JIS antara lain laboratorium sains, ruang seni, perpustakaan digital, kolam renang, dan berbagai fasilitas olahraga. Banyak lulusan JIS yang diterima di perguruan-perguruan tinggi terkemuka di berbagai negara.

5. High Scope Indonesia
High Scope Indonesia

Sekolah HighScope Indonesia berlokasi di Tangerang, Banten. Didirikan sejak 2001, sekolah ini menawarkan pendidikan berbasis pendekatan HighScope untuk TK hingga SMA. HighScope Indonesia tidak hanya berada di Jakarta, namun ada juga di Medan, Bali, Palembang, dan Bandung.

Kurikulum High Scope yang sudah menggunakan Cambridge International juga diterapkan untuk mendorong proses belajar siswa secara aktif dan kreatif. Fasilitas HighScope Indonesia dilengkapi dengan ruang kelas berkualitas, laboratorium sains dan komputer, perpustakaan, ruang seni, hingga lapangan olahraga.

6. Australian Independent School

Australian Independent School Jakarta terletak di kawasan Jakarta Selatan. Sekolah ini menerapkan kurikulum pendidikan Internasional bernama International Baccalaureate (IB) mulai dari TK hingga SMA. Kurikulum IB diterapkan dengan bahasa pengantar yang mayoritas adalah bahasa Inggris.

Fasilitas yang dimiliki AIS antara lain meliputi laboratorium sains, perpustakaan, ruang seni, kolam renang, gym, dan berbagai fasilitas olahraga lainnya. AIS juga mendukung beberapa kegiatan olahraga bagi siswanya, seperti tenis, sepakbola, taekwondo, golf, hingga renang.

Banyak lulusan Australian International School Jakarta yang diterima di universitas terkemuka baik di Australia, Eropa, Asia, maupun Amerika. 

7. Gandhi Memorial International School
gandhi memorial international school

Gandhi Memorial International School ini terletak di Kemayoran dan sudah berdiri sejak 1950. GMIS menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB). GMIS berfokus pada perkembangan kompetensi anak di bidang akademik, sosial, fisik, dan budaya. Tersedia jenjang pendidikan mulai dari TK hingga SMA di sekolah ini.

GMIS juga memiliki berbagai fasilitas yang mumpuni, seperti ruang kelas berkualitas, laboratorium komputer dan sains, kelas seni dan musik, hingga fasilitas olahraga. Fasilitas yang lengkap seperti ini tentu sangat memudahkan orang tua dalam menyesuaikan perlengkapan sekolah anak yang dibutuhkan sesuai dengan mata pelajaran yang ada.

8. Singapore International School

Singapore International School ini menggunakan kurikulum dari Cambridge dan Singapore. SIS juga menghadirkan pendidikan di berbagai usia, mulai dari 13 hingga 16 tahun.

Fasilitas yang SIS miliki juga cukup lengkap, mulai dari laboratorium sains, ruang kelas yang nyaman, hingga fasilitas olahraga. Sekolah ini juga sering menyalurkan beasiswa untuk mereka yang ingin lanjut ke universitas luar negeri. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan persiapan anak masuk sekolah, terutama jika mengincar beasiswa yang diberikan oleh pihak sekolah.

9. Knowledge Link Intercultural School (KLIS)
Knowledge Link Intercultural School

Knowledge Link Intercultural School merupakan sekolah islam yang menggunakan kurikulum Cambridge International. Dengan prinsip-prinsip dalam agama islam, KLIS bertujuan untuk membentuk muridnya menemukan identitas diri, makna, dan tujuan hidup melalui sekolah ini.

KLIS yang berlokasi di Sentul, Bogor ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti ruang kelas yang nyaman, taman bermain, hingga lapangan olahraga yang berkualitas. Namun saat ini, jenjang pendidikan yang tersedia hanya untuk Sekolah Dasar (SD).

10. New Zealand School

Sebelumnya, nama sekolah ini adalah New Zealand Independent School, lalu berubah menjadi New Zealand School. Sekolah ini berada di Kemang, Jakarta Selatan. NZS menerapkan International Baccalaureate (IB) sebagai kurikulum yang digunakan.

NZS juga menerapkan kurikulum New Zealand Te Whariki untuk anak-anak yang memasuki masa pra sekolah dan TK. Untuk SD dan SMP, NZS menggunakan New Zealand Curriculum. 

New Zealand School juga memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang pendidikan anak-anak yang bersekolah, mulai dari ruang kelas yang nyaman, tempat bermain, hingga lapangan olahraga.

11. Binus School Simprug
Binus School Simprug

Binus School yang terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini juga merupakan salah satu sekolah internasional di Indonesia yang cukup bagus. Binus School menyediakan jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA.

Sama seperti beberapa sekolah internasional lain, Binus School juga menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. 

Untuk fasilitas, Binus School juga memiliki beberapa fasilitas seperti sekolah internasional di Indonesia lainnya. Seperti ruang kelas yang besar dan nyaman, taman bermain, laboratorium, studio musik dan seni, perpustakaan, hingga lapangan olahraga.

Mengapa Perlu Bersekolah di Sekolah Internasional? Ini Tips Memilih dan Manfaatnya!

Ada beberapa alasan yang harus Yupiers ketahui kenapa harus menyekolahkan anak di sekolah internasional. Dilansir dari Sampoerna Academy, anak bisa lancar berbahasa asing di sekolah internasional. Selain itu, anak juga dapat memiliki teman dari berbagai suku dan budaya. Kesempatan untuk anak agar bisa berkuliah dan berkarir di kancah internasional juga akan semakin terbuka.

Sekolah internasional juga menerapkan berbagai kurikulum internasional seperti Cambridge International, dan International Baccalaureate dengan berbagai metode pendekatan terhadap siswa. Siswa juga akan terdidik untuk menyelesaikan masalah secara efektif. Dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts), siswa akan terbiasa untuk memiliki banyak keterampilan, inovasi, eksploratif, dan juga berpikir kritis.

Oleh karena itu, Yupiers jangan sampai salah pilih sekolah internasional untuk perkembangan si kecil. Yupiers harus mencari informasi lengkap tentang sekolah internasional yang diinginkan. Setelah itu, kalian perlu mempelajari bagaimana visi dan misi sekolah, lalu perhatikan juga bagaimana kualitas pengajar yang ada di sekolah tersebut.

Dengan memilih sekolah internasional yang tepat, tentu akan membuat anak lebih mudah beradaptasi dan semangat untuk bersekolah, apalagi jika anak dibekali dengan bekal yang menyehatkan dan cemilan yang tidak membosankan seperti Yupi Mango Kiss dan Yupi Bolicious Blackberry. Selain itu, sekolah internasional juga akan memberikan pendidikan terbaik bagi anak serta prospek masa depan yang cerah.

Itu dia beberapa rekomendasi sekolah internasional di Indonesia yang dapat Yumin berikan! Gimana menurut Yupiers? Sekolah mana yang akan Yupiers pilih?

Home Our Story Events Games Profile