cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Perlengkapan Sekolah yang Dibutuhkan Anak TK-SMA, Yuk Catat!

Saat anak-anak memasuki usia sekolah, Yupiers harus cermat dalam menyiapkan berbagai perlengkapan sekolah untuk mereka. Dengan peralatan sekolah yang memadai, tentu dapat mendukung proses pembelajaran anak-anak saat di sekolah. 

Selain itu, ketika Yupiers juga ikut membantu menyiapkan keperluan sekolah, maka anak merasa mendapatkan perhatian lebih dan hal ini akan membuat mereka senang.

Perlengkapan sekolah dari TK hingga SMA tentunya memiliki banyak perbedaan, meskipun sebagian besar sudah dimiliki sejak TK. Untuk tahu lebih lanjut apa saja perlengkapan untuk sekolah yang perlu disiapkan Yupiers, yuk simak penjelasan berikut ini.

Perlengkapan Sekolah Anak TK hingga SD
perlengkapan sekolah anak tk hingga sd

Perlengkapan sekolah untuk anak TK biasanya lebih banyak yang menunjang kreativitas mereka, karena mereka baru saja mengenal dunia pendidikan. Peralatan sekolah anak TK ini bertujuan untuk membuat anak merasa nyaman dan tidak membuat bosan.

Selanjutnya ketika anak menginjak usia Sekolah Dasar atau SD, perlengkapan sekolah anak SD yang perlu disiapkan Yupiers cenderung lebih sedikit karena ketika menginjak sekolah SD, maka sudah mulai belajar dengan sistem formal. Berikut ini beberapa perlengkapan yang perlu Yupiers siapkan untuk anak sekolah TK hingga SD

1. Seragam

Yupiers pasti sudah tahu, kalau seragam menjadi salah satu perlengkapan sekolah yang wajib diperhatikan. Setiap tingkatan sekolah, dari TK hingga SMA pasti memiliki baju seragam yang berbeda. 

Seragam tiap sekolah atau instansi pendidikan biasanya memiliki seragam yang khusus yang berbeda. Misalnya seragam olahraga dan seragam baju khusus lainnya untuk jenjang sekolah mulai SD.

2. Alat Tulis

Alat tulis menjadi peralatan sekolah yang tak boleh terlewatkan. Untuk anak usia TK, biasanya masih menggunakan pensil dan penghapus karena mata pelajaran anak TK masih sedikit dan cenderung banyak aktivitas kreatif.  Namun tak jarang juga yang sudah mulai menggunakan pulpen.

Hampir sama seperti anak TK, untuk anak SD ada beberapa peralatan sekolah tambahan lainnya yang perlu dipersiapkan seperti pulpen berwarna, stabilo, buku strips, tipe x, spidol, dan lain sebagainya.

3. Sepatu

Sepatu yang digunakan pada setiap jenjang sekolah juga berbeda. Coba Yupiers ingat-ingat, kalau anak-anak TK biasanya masih memakai sepatu yang berwarna warni, bahkan terkadang ada item tambahan berupa lampu yang bisa hidup ketika sepatu dihentakkan lebih keras.

Beda halnya jika anak sudah mulai menginjak usia SD, biasanya mereka sudah memakai sepatu lebih seragam yang berwarna hitam, atau sebagian sedikit warna putih di bagian alasnya.

4. Kotak Bekal

Pada saat anak-anak pergi sekolah, ada banyak sekali jajanan atau makanan yang dijual di pinggir jalan atau pedagang kaki lima yang menarik dan mereka ingin segera di lahap.

Namun, akan lebih baik jika Yupiers menyiapkan bekal makanan untuk anak menggunakan menu yang sehat dari rumah agar lebih aman dikonsumsi anak.

5. Botol Minum

Sejak anak masih TK, selain membawa makanan dari rumah, sebaiknya Yupiers juga sudah membiasakan mereka untuk membawa minuman dari rumah. Minuman yang dibawa juga bisa Yupiers kreasikan agar membosankan. 

Untuk mendapatkan botol minum yang menarik, Yupiers bisa memilihnya dengan mudah di berbagai situs jual beli online yang ada di Indonesia.

6. Tas Sekolah

Ketika anak-anak mulai memasuki usia bersekolah, tas sekolah wajib jadi barang yang Yupiers siapkan juga. 

Dengan model tas yang begitu banyak dan harga yang sangat bervariatif, tentunya Yupiers harus selektif dalam memilih tas untuk anak-anak usia sekolah.

Karena tas yang dibutuhkan saat anak TK dan SD pasti berbeda, tergantung kebutuhan mereka. Pada umumnya ukuran tas anak TK lebih kecil dan modelnya banyak yang menggunakan tokoh kartun favorit anak-anak.

7. Alat Menggambar

Saat masih TK, biasanya selain diminta untuk menulis, kegiatan yang sering dilakukan adalah menggambar. Oleh karena itu, Yupiers harus menyiapkan berbagai perlengkapan menggambar seperti pensil warna, krayon, dan buku gambar.

Meskipun tak sedikit juga beberapa perlengkapan tersebut sudah disediakan oleh sekolah, akan lebih baik bagi anak-anak membawa perlengkapan mereka sendiri untuk menghindari anak-anak berebut dengan anak lainnya saat di sekolah.

8. Busur

Busur adalah benda yang digunakan untuk mengukur suatu sudut. Biasanya busur digunakan ketika mata pelajaran Matematika mulai dari kelas 5 SD dan seterusnya. Busur ini, terbuat dari dua jenis bahan yaitu plastik dan kaca dan Yupiers bisa memilih salah satunya untuk diberikan kepada anak-anak.

9. Pengserut

Pengserut atau mungkin sebagian dari Yupiers menyebutnya rautan pensil merupakan alat untuk meruncingkan pensil. Alat ini tentunya harus dimiliki setiap anak sekolah, karena pensil yang tumpul tidak akan nyaman jika digunakan untuk menulis ataupun menggambar.

10. Tempat Pensil

Tempat pensil digunakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan sekolah. Adanya tempat pensil ini sebagai perlengkapan sekolah yang harus dimiliki anak-anak, tentu akan lebih membantu anak-anak untuk lebih mudah dalam menyimpan alat tulis mereka.

Baca Juga : Ide Hadiah untuk Anak yang Berprestasi di Sekolah

Perlengkapan Sekolah Anak SMP
perlengkapan sekolah anak smp (1)

Secara umum, perlengkapan sekolah untuk sekolah anak SMP atau Sekolah Menengah Pertama hampir sama dengan anak TK hingga SD. Namun, tentunya ada perbedaan yang perlu dipersiapkan. 

Perlengkapan sekolah yang dibutuhkan untuk menunjang pendidikan pada usia sekolah SMP ini sudah mulai kompleks. Berikut ini daftar peralatan sekolah anak SMP yang lengkap selain dari yang sudah disebutkan pada poin pembahasan peralatan sekolah anak TK hingga SD sebelumnya.

1. Smartphone

Di tengah kemajuan teknologi dan informasi yang semakin kencang membuat anak-anak Yupiers harus mampu mengikuti perkembangan ini. 

Pada umumnya, ketika sudah menginjak usia sekolah SMP, anak-anak membutuhkan gadget atau smartphone untuk mengakses informasi untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau berkomunikasi dengan teman-teman sekolah mereka.

2. Gunting

Gunting adalah alat potong yang digunakan untuk memotong bahan yang tipis seperti kertas, tekstil, tali, dan kabel. 

Yupiers perlu menyiapkan alat potong satu ini karena tugas yang diberikan untuk anak usia SMP ada yang berupa kliping. Jadi, dengan adanya alat ini sangat membantu untuk  membuat tugas kliping. Namun Yupiers perlu juga menjelaskan bahaya dari benda yang satu ini kepada anak-anak.

3. Lem Kertas

Selain gunting, lem kertas juga perlu Yupiers beli, karena lem kertas berfungsi untuk merekatkan satu bagian kertas ke bagian kertas yang lain. 

Tugas kliping yang umumnya diberikan ketika anak memasuki usia sekolah SMP juga diperlukan mereka untuk menempelkan di kertas HVS.

Perlengkapan Sekolah Anak SMA
anak sma

Perlengkapan sekolah dari TK hingga SMP sudah menjadi bagian yang dimiliki oleh anak yang bersekolah di tingkat SMA. 

Lalu apa saja perlengkapan sekolah yang dibutuhkan anak SMA? Berikut ini peralatan sekolah anak SMA selain yang sudah disebutkan dari tahapan anak TK hingga SMP pada poin sebelumnya.

1. Laptop

Laptop jadi salah satu perlengkapan sekolah wajib yang membedakan siswa SMA zaman dahulu dengan siswa SMA zaman sekarang. 

Zaman dahulu belum ada perangkat elektronik seperti laptop untuk membantu mereka dalam proses pembelajaran. 

Ditambah seperti saat ini, banyak sekolah SMA yang memberikan tugas-tugas dan kebutuhan berorganisasi untuk diselesaikan dengan perangkat ini.

2. Kalkulator

Kalkulator adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghitung angka-angka, dan tentunya sangat membantu untuk mata pelajaran seperti matematika, ekonomi, dan fisika bagi anak-anak usia SMA. 

Ukuran kalkulator sendiri sudah sangat bervariatif, dan bahkan saat ini sudah ada kalkulator berukuran kecil yang bisa dimasukkan ke dalam kantong saku.

3. Notes

Notes atau buku catatan kecil yang bisa masuk ke dalam kantong saku adalah perlengkapan anak sekolah usia SMA berikutnya yang harus mereka miliki. 

Buku catatan kecil ini di beberapa sekolah  menjadi peralatan yang wajib dimiliki. Ketika ada hal yang penting dan tidak membawa gadget, notes bisa jadi pilihan media untuk menulis.

4. Jam Tangan

Karena kesibukan dan kepadatan kegiatan di SMA tentu membuat Yupiers harus menyiapkan jam tangan untuk anak-anak. Tujuannya supaya memudahkan anak untuk mengatur waktu mereka dan membuat mereka lebih disiplin.

Itulah beberapa perlengkapan sekolah yang perlu Yupiers siapkan untuk anak sekolah dari TK hingga mereka SMA. 

Mulai dari peralatan sekolah yang sederhana hingga beberapa peralatan sekolah yang lebih kompleks untuk disiapkan ketika anak semakin dewasa. Semoga informasi tentang perlengkapan sekolah kali ini bermanfaat untuk Yupiers.