menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

9 Persiapan Anak Masuk Sekolah Agar Lebih Semangat, Yuk Catat!

Saat anak-anak memasuki usia sekolah, ada berbagai persiapan anak masuk sekolah yang perlu dilakukan oleh orang tua. Berbagai persiapan tersebut dilakukan dengan tujuan agar anak-anak nantinya lebih siap baik secara fisik maupun mental.

Mengutip dari Parents, salah satu caranya adalah dengan melakukan kunjungan sekolah lebih awal untuk membantu mengurangi ketakutan berlebih pada anak-anak.

Pada saat melakukan kunjungan sekolah lebih awal ini, Yupiers bisa memperkenalkan berbagai hal kepada anak-anak seperti seperti tempat melakukan antar dan jemput, ruang kelas, toilet dan berbagai tempat lainnya.

Selain itu juga, menurut pakar pendidikan anak usia dini, Anna Taylor, hal penting yang dapat dilakukan orang tua kepada anak-anak yang akan memasuki masa sekolah adalah memberikan kepercayaan kepada anak-anak untuk menjelajahi lingkungan baru mereka.

Selain bagi anak-anak ada beberapa manfaat mempersiapkan sekolah anak dengan baik bagi orang tua, beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan informasi sekolah dengan lebih baik.
  2. Dapat membandingkan berbagai sekolah.
  3. Memiliki lebih banyak waktu untuk menentukan sekolah yang terbaik.
  4. Mendapatkan sekolah terbaik dan bisa dengan harga yang lebih murah.

Dengan berbagai manfaat tersebut, kali ini Yumin akan memberikan beberapa persiapan anak masuk sekolah yang perlu Yupiers ketahui, simak selengkapnya ya.

Tips Persiapan Anak Masuk Sekolah, Yuk Catat!

Berikut ini adalah beberapa tips persiapan anak masuk sekolah dari Yumin, antara lain :

1. Memilih Perlengkapan Sekolah yang Menarik dan Tepat Sesuai Usianya
perlengkapan sekolah

Tips persiapan anak masuk sekolah yang pertama dari Yumin adalah memilih perlengkapan sekolah yang menarik dan tepat sesuai dengan usia sekolah anak-anak.

Dikutip dari Indian Express, anak-anak biasanya akan lebih semangat apabila terlibat dalam mempersiapkan sekolahnya seperti ikut ambil peran dalam mempersiapkan peralatan sekolah mereka.

Sebagai tips tambahan dari Yumin, Yupiers dapat membuat daftar beberapa peralatan sekolah yang akan dibeli sehingga akan lebih hemat dalam membeli peralatan sekolah anak-anak.

2. Mengatur Jadwal Kebiasaan Tidur yang Teratur

Tips mempersiapkan anak masuk sekolah yang kedua dari Yumin adalah mengatur jadwal kebiasaan tidur yang teratur kepada anak-anak.

Mengatur jadwal kebiasaan tidur yang teratur ini akan menjadi persiapan anak masuk sekolah TK yang sangat penting untuk dilakukan.

Hal tersebut karena sebelum memasuki usia sekolah TK, bisa saja anak-anak memiliki jam tidur yang tidak teratur. Kebiasaan tersebut tentunya akan tidak baik bagi anak-anak usia sekolah karena bisa menyebabkan mereka terlambat dalam berangkat ke sekolah di pagi hari.

3. Memberikan Contoh Berkenalan dan Cara Bersosialisasi
berkenalan dan bersosialisasi di sekolah

Tips mempersiapkan anak masuk sekolah yang berikutnya dari Yumin adalah memberikan contoh berkenalan dan cara bersosialisasi kepada anak-anak.

Anak-anak adalah cenderung memiliki kemampuan sebagai peniru yang baik. Karena hal tersebut, memberikan contoh berkenalan dan cara bersosialisasi kepada anak-anak dapat Yupiers lakukan dengan memberikan contoh langsung kepada mereka.

Yupiers dapat memberikan contoh cara berkenalan dan cara bersosialisasi yang sopan serta baik kepada anak-anak agar mereka mempunyai bekal kemampuan dalam mencari teman baru di lingkungan baru mereka.

4. Menyiapkan Menu Bekal Anak yang Sehat
resep-spaghetti-bekal

Salah satu hal yang dapat membuat anak-anak semangat dalam menjalankan aktivitas sekolah mereka adalah bekal yang menarik dan tentunya sehat.

Sebagai tips tambahan yang penting Yupiers ingat dalam hal ini adalah mempersiapkan bekal makanan sehat untuk anak-anak yang mudah untuk dibawa, dan anak-anak tidak akan kerepotan dalam menikmatinya.

Salah satu bekal tersebut adalah beberapa produk permen Yupi seperti Yupi Love Strawberry Kiss, Yupi Milly Moos, Yupi Wild Safari dan masih banyak lagi permen Yupi lainnya.

5. Mengenalkan Hak dan Tanggung Jawab Anak di Sekolah

Tips persiapan anak masuk sekolah selanjutnya dari Yumin adalah mengenalkan hak dan tanggung jawab anak di sekolah.

Dengan memperkenalkan hak dan tanggung jawab anak di sekolah ini juga, tentunya hal ini akan membuat anak-anak dapat berperilaku dengan baik selama mereka berada di lingkungan sekolah.

6. Memperkenalkan Lingkungan Sekolah Baru

Tips persiapan anak masuk sekolah berikut ini cukup penting untuk Yupiers lakukan, yaitu memperkenalkan lingkungan sekolah baru kepada anak-anak.

Hal ini bisa Yupiers lakukan agar anak-anak tidak merasa asing dengan lingkungan yang akan mereka masuki nantinya.

Beberapa cara yang bisa Yupiers lakukan untuk hal ini adalah seperti menunjukan bagaimana sekolah anak-anak nantinya, melihat video tentang berbagai kegiatan menyenangkan di sekolah kepada anak-anak seperti aktivitas ekstrakurikuler, menyanyikan lagu yang menarik tentang sekolah atau hal-hal lainnya.

Dalam memperkenalkan sekolah ini, Yupiers dapat mengunjungi sekolah anak-anak terlebih dahulu sebelum waktu bersekolah tiba, lalu mengitari sekolah dan menunjukan berbagai tempat kepada anak-anak seperti ruang kelas, tempat antar dan jemput, toilet, atau tempat-tempat lainnya.

7. Menyiapkan Keperluan Sekolah di Malam Sebelum Sekolah
Menyiapkan Keperluan Sekolah di Malam Sebelum Sekolah

Tips persiapan anak masuk sekolah dari Yumin satu ini juga cukup penting agar anak-anak bisa dengan baik dalam menjalani sekolah mereka nantinya, tips tersebut adalah mempersiapkan keperluan sekolah di malam sebelum waktu sekolah tiba.

Mempersiapkan keperluan sekolah di malam sebelum sekolah jika rutin dilakukan, bisa menjadi suatu kebiasaan baik dalam mempersiapkan sekolah bagi anak-anak.

Selain itu juga, aktivitas ini bisa membuat anak-anak menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin dalam menjalankan kegiatan bersekolah mereka.

Beberapa keperluan sekolah yang bisa dipersiapkan tersebut adalah seperti seragam sekolah, alat-alat tulis, dan berbagai keperluan lainnya yang diperlukan saat anak-anak bersekolah nantinya.

8. Membangun Antusiasme Anak dengan Cerita Sukses

Tips persiapan anak masuk sekolah yang berikutnya dari Yumin kali ini adalah membangun antusiasme anak dengan beberapa cerita sukses yang dapat memotivasi anak-anak dalam menjalankan pendidikan mereka.

Dengan memberikan beberapa cerita sukses tersebut, secara perlahan anak-anak akan mendapatkan pelajaran berharga dari setiap cerita yang Yupiers berikan.

Cerita-cerita tersebut juga bisa membangun antusiasme anak-anak dalam menjalani pendidikan mereka karena mereka memiliki keinginan untuk mencapai kesuksesan seperti apa yang Yupiers ceritakan.

9. Memberikan Apresiasi
Memberikan Apresiasi

Tips persiapan anak masuk sekolah yang terakhir dari Yumin kali ini adalah memberikan apresiasi terutama saat anak-anak selesai menjalankan hari pertama sekolah mereka.

Memberikan apresiasi ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak, karena mereka akan menjadi lebih semangat dalam menjalankan hari-hari sekolah mereka selanjutnya dan mereka merasa dihargai atas kegiatan sekolah yang telah mereka laksanakan.

Pada saat memberikan apresiasi ini, Yupiers juga bisa menanyakan tentang bagaimana pengalaman mereka bersekolah. Selain agar anak-anak bisa menceritakan pengalaman mereka, sebagai orang tua, Yupiers juga akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana keadaan anak-anak selama di sekolah.

Itulah beberapa tips persiapan anak masuk sekolah dari Yumin kali ini. Semoga beberapa informasi tentang persiapan anak masuk sekolah tersebut bermanfaat untuk Yupiers ya.

Home Our Story Events Games Profile