menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

7 Kegiatan Idul Adha yang Seru dan Bermakna, Lakukan Hal Ini!

Selain bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri, ada juga hari raya lainnya yang dirayakan oleh seluruh umat islam di seluruh dunia, yaitu hari raya Idul Adha. Dalam hari raya Idul Adha sendiri, ada beberapa kegiatan Idul Adha yang umumnya dirayakan pada hari tersebut.

Hari raya Idul Adha juga memiliki beberapa makna tersendiri, beberapa makna tersebut adalah seperti sebagai sarana meningkatkan iman dan ketakwaan Yupiers kepada Allah SWT, meneladani Nabi Ibrahim AS, bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, dan untuk membantu membahagiakan kaum dhuafa yang membutuhkan bantuan.

Agar hari raya Idul Adha 2023 ini semakin bermakna, maka kali ini Yumin akan memberikan beberapa rekomendasi kegiatan Idul Adha yang bisa Yupiers lakukan bersama dengan keluarga tercinta.

Apa itu Hari Raya Idul Adha? Yuk Kenali Sejarahnya!

Sebelum mengetahui beberapa rekomendasi kegiatan Idul Adha yang bermanfaat untuk Yupiers, kali ini Yumin akan sedikit membahas tentang apa itu hari raya Idul Adha dan juga tentang sejarahnya.

Hari raya Idul Adha sendiri dilaksanakan pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender arab.

Perlu Yupiers ketahui juga, hari raya Idul Adha di Indonesia sendiri juga dikenal dengan istilah lebaran haji. Hal tersebut karena hari raya Idul Adha juga menjadi pertanda dimulainya penyelenggaran ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

Selain itu juga, tentunya hari raya Idul Adha sangat identik dengan perayaan berkurban. Bagi Yupiers yang memiliki kemampuan ekonomi yang cukup, maka sebaiknya memberikan kurban pada hari raya Idul Adha ini.

Perintah melaksanakan kurban sendiri tertulis dalam Al-Quran surat Al Kautsar ayat 2 yang memiliki arti sebagai berikut, “Maka, laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT)”.

Pelaksanaan atau kegiatan berkurban pada hari raya Idul Adha ini dimulai atas kemulian Nabi Ibrahim AS yang melaksanakan perintah Allah SWT untuk mengorbankan anak kesayangannya, Nabi Ismail AS.

Nabi Ibrahim AS yang mendapatkan mimpi menyembelih anaknya, Nabi Ismail AS pada awalnya sempat ragu dengan mimpi tersebut, namun setelah kali ketiga mendapatkan mimpi yang sama, Nabi Ibrahim AS yakin bahwa hal dalam mimpi tersebut adalah perintah langsung dari Allah SWT.

Nabi Ibrahim AS kemudian menceritakan isi dari mimpinya tersebut kepada anaknya, Nabi Ismail AS, dan hal ini tertulis dalam Al-Quran surat  Ash-Shaffat ayat 102 yang memiliki arti sebagai berikut. 

“Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?”. Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu! Insyallah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar”.

Setelah melihat ketakwaan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang tetap mengikuti perintah Allah SWT tersebut, Allah SWT kemudian mengganti Nabi Ismail AS dengan seekor kambing, sesaat sebelum Nabi Ibrahim AS akan menyembelih Nabi Ismail AS.

Semenjak saat itulah, untuk mengenang dan mengingat ketakwaan keduanya, setiap tanggal 10 Dzulhijjah diperingati sebagai hari raya Idul Adha atau hari untuk berkurban.

Rayakan Idul Adha Dengan Kegiatan Seru dan Penuh Makna Di Bawah ini!

Setelah mengetahui apa itu hari raya Idul Adha dan juga sejarahnya, berikut ini adalah beberapa kegiatan Idul Adha yang seru dan penuh makna yang bisa Yupiers lakukan bersama keluarga. 

1. Melaksanakan Puasa Menjelang Idul Adha (Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah & Arafah)

Kegiatan Idul Adha yang pertama dari Yumin kali ini adalah melaksanakan puasa menjelang Idul Adha, yaitu puasa dzulhijjah, puasa tarwiyah dan puasa arafah.

Puasa dzulhijjah dilakukan selama 8 hari pertama bulan Dzulhijjah, puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilakukan pada hari kedelapan bulan Dzulhijjah, dan puasa Arafah adalah puasa pada hari kesembilan bulan Dzulhijjah. 

2. Melaksanakan Shalat Idul Adha

Kegiatan Idul Adha yang kedua dari Yumin tentunya adalah melaksanakan shalat Idul Adha. Hampir sama seperti shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha dilakukan pada pagi hari di masjid terdekat, atau bisa juga dilaksanakan di lapangan terbuka dan shalat Idul Adha ini dilaksanakan sebanyak dua rakaat.

Baca Juga : 8 Ide Family Time dan Manfaatnya Untuk Keluarga

3. Ikut Berpartisipasi Dalam Penyembelihan Hewan Kurban

Setelah kegiatan shalat Idul Adha selesai dilakukan, pada hari raya Idul Adha biasanya dilanjutkan dengan kegiatan menyembelih hewan kurban. Pada saat ini, Yupiers dapat ikut berpartisipasi dalam penyembelihan hewan kurban. 

Tidak hanya menyaksikan saja, atau tidak perlu sampai ikut menyembelih hewan kurban, akan lebih baik bagi Yupiers apabila membantu panitia kurban di masjid pada beberapa hal yang diperlukan. 

Beberapa hal yang diperlukan tersebut adalah seperti membantu mengemas daging kurban untuk dibagikan nantinya, membantu mengatur orang-orang yang datang untuk mengambil daging kurban, atau hal-hal lainnya yang diperlukan.

4. Mengolah dan Menikmati Daging Kurban Bersama

Kegiatan Idul Adha yang berikutnya dapat Yupiers lakukan adalah mengolah dan menikmati daging kurban bersama dengan keluarga.

Menikmati daging kurban seperti daging kambing atau sapi, memang bisa dilakukan kapan saja, namun pada saat hari raya Idul Adha tentunya akan terasa berbeda. 

Waktu mengolah dan menikmati daging kurban bersama dengan keluarga ini dapat Yupiers manfaatkan untuk bersilaturahmi atau membangun kembali komunikasi dengan anggota keluarga.

Selain itu juga kegiatan ini juga tentunya menyenangkan karena Yupiers dan keluarga dapat bereksperimen untuk membuat berbagai macam olahan daging untuk nantinya dinikmati bersama-sama.

Kegiatan menyenangkan ini akan semakin menyenangkan jika ditemani oleh beberapa permen Yupi seperti Yupi Strawberry Kiss, Yupi Choco Glee, dan masih banyak lagi produk permen Yupi lainnya. 

5. Berbagi Daging Kurban Ke Sesama

Selain mengolah dan menikmati daging kurban bersama keluarga, setelah kegiatan menyembelih daging kurban selesai, Yupiers juga bisa berbagai daging kurban kepada sesama. 

Kegiatan berbagai daging kurban ke sesama ini biasa dilakukan oleh panitia masjid yang telah selesai melaksanakan kegiatan menyembelih hewan kurban, namun Yupiers juga dapat membantu membagikan daging kurban ini. 

Selain membantu membagikan daging kurban dan panitia masjid, tentunya akan lebih baik juga jika Yupiers membagikan daging kurban Yupiers sendiri.

Selain mendapatkan amal baik, kegiatan ini juga bisa meningkatkan tali silaturahmi kepada sesama. Daging kurban yang dibagikan juga tentunya harusnya kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti kaum duafa, anak-anak yatim atau piatu atau keduanya, dan para janda yang membutuhkan.

6. Menjalin Silaturahmi Ke Sesama

Kegiatan Idul Adha berikutnya yang dapat Yupiers lakukan tentunya adalah dengan menjalin silaturahmi ke sesama, baik sanak saudara atau teman.

Saat pergi bersilaturahmi ini, karena dilakukan pada saat perayaan Idul Adha, maka tentunya Yupiers juga akan menikmati berbagai hidangan daging kambing atau sapi yang telah disediakan tuan rumah.

7. Liburan ke Tempat Wisata

Dalam daftar rekomendasi kegiatan Idul Adha terakhir dari Yumin kali ini adalah dengan berlibur ke tempat wisata. Sering kali, pada saat Idul Adha, maka akan menjadi hari libur nasional selama 2 hari.

Karena hal tersebut, Yupiers dapat memanfaatkannya dengan pergi liburan ke tempat wisata bersama dengan keluarga. 

Tempat wisata yang dituju juga dapat disesuaikan dengan kemauan dan kemampuan Yupiers. Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi adalah seperti taman bermain anak, wahana wisata air, museum, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga :  Bosan? Ini Aktivitas untuk Anak di Rumah yang Menyenangkan

Manfaat Merayakan Hari Raya Idul Adha

Setelah mengetahui beberapa kegiatan Idul Adha dari Yumin, terakhir adalah beberapa manfaat lengkap merayakan hari raya Idul Adha yang perlu Yupiers ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut.

  1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  2. Sebagai ungkapan rasa syukur.
  3. Mensucikan diri dan juga harta benda.
  4. Untuk menebus dosa.
  5. Sebagai bekal di hari akhir.
  6. Mempererat silaturahmi
  7. Memberdayakan atau membantu pengusaha ternak lokal.
  8. Meneladani Nabi Ibrahim AS.

Itulah beberapa informasi tentang hari raya Idul Fitri dari Yumin kali ini. Mulai dari apa itu Idul Adha, sejarahnya, beberapa kegiatan Idul Adha dan juga beberapa manfaat Idul Adha yang perlu Yupiers ketahui.

Semoga informasi bermanfaat tentang Idul Adha dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile