cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Taman Bermain Anak yang Seru dan Edukatif

Bagi Yupiers yang ingin mengajak anak-anak bermain dan beraktivitas di luar rumah, maka taman bermain anak adalah pilihan yang tepat dan harus Yupiers coba.

Taman bermain adalah sebuah tempat dengan luas wilayah yang cukup luas yang dirancang khusus agar anak-anak dapat bermain di tempat tersebut.

Dalam sebuah taman bermain, biasanya akan terdapat beberapa jenis permainan anak yang menyenangkan. Beberapa wahana permainan tersebut seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, panjat dinding, ban warna-warni, sampai tali yang membentuk seperti jaring laba-laba.

Bermain di wahana permainan anak akan memberikan beberapa manfaat bagi anak-anak. Beberapa manfaat tersebut adalah seperti mengasah kemampuan motorik anak-anak, mengembangkan kreativitas mereka, dan mengasah kemampuan berbahasa serta keterampilan sosial mereka.

Rekomendasi Tempat Taman Bermain Anak-Anak

Setelah mengetahui beberapa hal tentang taman bermain, kali ini Yupi akan membagikan beberapa rekomendasi tempat taman bermain anak yang ada di Jakarta. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Playground Kemang
taman bermain anak Playground kemang

Rekomendasi pertama adalah taman bermain yang seru dan edukatif  terletak di Jakarta Selatan yaitu bernama Playground Kemang. Taman bermain ini terletak di Jalan Kemang Dalam III No. 6, Bangka, Kemang, Jakarta Selatan.

Banyak sekali wahana yang ada di taman bermain ini seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi. Taman bermain ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Playground Kemang ini cocok sekali untuk anak-anak usia balita. 

Untuk bisa masuk ke Playground Kemang ini, harga tiketnya adalah Rp 75.000,- untuk hari Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk akhir pekan Sabtu dan Minggu yaitu Rp 90.000,-.

Harga tersebut sudah termasuk untuk satu orang anak dan satu orang dewasa. Jika ada tambahan orang dewasa yang ingin masuk maka akan dikenakan biaya Rp 35.000,-.

Baca Juga : Bosan? Ini Aktivitas untuk Anak di Rumah yang Menyenangkan

2. Playtopia
taman bermain playtopia

Rekomendasi taman bermain yang kedua yaitu bernama Playtopia. Taman Playtopia ini berada di dalam Mall Gandaria City dan Lotte Shopping Avenue Jakarta Selatan. Taman bermain ini terdiri dari tiga area yang menyenangkan untuk anak-anak.

Ketiga area tersebut adalah area kolam bola, trampolin dan giant plastic bubble. Masing-masing area tersebut akan memberikan keseruan yang berbeda-beda.

Playtopia buka mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB dan untuk harga tiket masuknya adalah Rp 200.000,- untuk satu anak dan satu orang dewasa.

3. Tebet Eco Park

Salah satu taman yang baru dibuka dan menarik perhatian banyak orang adalah taman yang bernama Tebet Eco Park ini. Selain untuk orang dewasa, taman ini juga termasuk taman bermain anak yang memiliki berbagai wahana yang mengasyikan bagi mereka.

Taman seluas 7 hektar ini cocok untuk bagi Yupiers dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan berjalan-jalan dan bermain. Untuk berkunjung ke Taman Tebet Eco Park ini juga tidak dikenakan biaya tiket masuk.

4. Ragunan

Jika berbicara tentang taman bermain anak terdekat  yang ada di Jakarta Selatan, tentunya Ragunan menjadi salah satu pilihan yang paling umum dikunjungi oleh banyak orang.

Ragunan memiliki banyak sekali koleksi hewan yang dapat Yupiers perkenalkan kepada anak-anak dan dapat menambah pengetahuan mereka. 

Selain koleksi berbagai macam jenis hewan, di sini juga terdapat taman bermain dengan beberapa wahana seperti ayunan, perosotan dan berbagai macam wahana lainnya.

Harga tiket masuk ke Ragunan sangat terjangkau, yaitu Rp 2.500,- untuk tiket masuk kawasan ragunan. Sedangkan, untuk tiket masuk kawasan wisata hewannya adalah Rp 3.000,- untuk anak-anak dan Rp 4.000,- untuk orang dewasa. 

5. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
taman mini indonesia indah

Beralih ke wilayah Jakarta Timur, salah satu taman bermain yang paling terkenal di Jakarta Timur tentunya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Dalam taman ini terdapat berbagai macam wahana mulai dari wahana taman bermain air sampai dengan wisata museum.

Salah satu taman bermain anak TK yang bisa menjadi pilihan tepat bagi Yupiers terutama untuk anak perempuan adalah Istana Anak-anak Indonesia.

Dalam Istana Anak-anak Indonesia terdapat banyak sekali wahana mulai dari mandi bola, komedi putar, sampai dengan giring ombak. Harga tiket untuk masuk ke tempat ini adalah mulai dari Rp 5.000,- sampai dengan Rp 15.000,-.

Sementara untuk harga tiket masuk ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah Rp 25.000,- untuk tiket masuk gerbang utama, dan Rp 5.000,- sampai Rp 40.000,- untuk tiket masuk kendaraan.

Baca Juga : Ide seru 17-an ala Yupi Gummy (Kumpulkan Yupiness Sebanyak-banyaknya)

6. Fanpekka

Masih di wilayah Jakarta Timur, bagi Yupiers yang ingin memperkenalkan suasana wilayah luar negeri seperti Finlandia, maka taman bermain yang bernama Fanpekka ini adalah pilihan yang tepat. Fanpekka adalah taman bermain yang terletak di AEON Mall, Cakung, Jakarta Timur.

Fanpekka mulai buka pukul 10.00 WIB dan tutup pada pukul 22.00 WIB. Untuk harga tiket masuk Fanpekka adalah Rp 170.000,- untuk hari Senin sampai Jumat, dan Rp 230.000,- untuk akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu.

7. Kitchen Magic

Beralih ke wilayah Jakarta Utara, salah satu rekomendasi tempat bermain anak di Jakarta Utara adalah Kitchen Magic. Kitchen Magic sangat cocok bagi anak-anak yang tertarik dalam dunia masak-memasak dan tertarik menjadi koki memasak.

Kitchen Magic buka mulai pukul 11.00 WIB dan tutup pukul 20.00 WIB serta terletak di Jalan Artha Gading No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Untuk harga tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 210.000,- per orang, atau bisa datang beramai-ramai sebanyak 20 orang dengan harga tiket Rp 1.620.000,-.

Bagi anak-anak yang tertarik dalam dunia memasak dan ingin menjadi koki, Yupiers juga bisa menggunakan beberapa produk Yupi untuk memperkenalkan berbagai macam makanan seperti Yupi Noodles, Yupi Pizza, atau Yupi Big Burger yang memiliki rasa yang enak dan bergizi.

8. Faunaland
faunaland taman bermain

Masih di wilayah Jakarta Utara, hampir sama seperti Ragunan yang berada di Jakarta Selatan, untuk memperkenalkan berbagai macam jenis hewan yang menarik, bagi Yupiers yang berada di Jakarta Utara maka Faunaland merupakan pilihan yang tepat.

Faunaland ini terletak di Ancol, Jakarta Utara dan bisa Yupiers kunjungi saat ingin menikmati berbagai tempat wisata di Ancol lainnya. Untuk alamat lengkap Faunaland adalah di Ecovention Building, Ecopark, Jalan Lodan Raya, Ancol, Jakarta Utara.

Faunaland ini buka mulai pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat, dan tutup pukul 17.30 untuk akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu. Harga tiket masuk Faunaland adalah Rp 50.000,-

9. Jakarta Aquarium
jakarta aquarium

Rekomendasi taman bermain untuk wilayah Jakarta yang terakhir adalah Jakarta Barat, dan salah satu rekomendasinya adalah tempat yang bernama Jakarta Aquarium.

Yupiers bisa mengajak anak-anak ke Jakarta Aquarium untuk menikmati dan mengenal berbagai macam hewan air.

Anak-anak pastinya akan menyukai tempat ini karena mereka bisa melihat berbagai macam jenis hewan air di sini.

Jakarta Aquarium sendiri terletak di Neo SOHO Mall lantai LG, atau lebih tepatnya terletak di Jalan Letjen S Parman No 106, Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Harga tiket masuk ke Jakarta Aquarium adalah Rp 150.000,- sampai Rp 225.000,-.

10. Museum MACAN

Rekomendasi yang terakhir adalah Museum MACAN. Museum MACAN adalah kepanjangan dari Museum of Modern and Contemporary Art Nusantara.

Melalui museum ini, Yupiers bisa memperkenalkan tentang berbagai karya seni dan juga tempat ini pasti akan disukai oleh anak-anak karena terdapat banyak sekali hal menakjubkan dalam museum ini.

Museum MACAN terletak di AKR Tower Level M, Jalan Perjuangan No 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum MACAN buka mulai pukul 10.00 WIB, tutup pukul 18.00 WIB dan tidak buka pada hari Senin.

Untuk harga tiket masuk Museum MACAN adalah Rp 100.000,- untuk orang dewasa, Rp 90.000,- untuk pelajar, dan Rp 80.000,- untuk anak-anak.

Baca Juga : Intip Beberapa Contoh Bermain Pretend Play dengan Yupi

Bagaimana Aturan Bermain di Taman Bermain

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi taman bermain anak yang ada di Jakarta, Yupiers juga perlu mengetahui tentang beberapa peraturan di taman bermain tersebut. 

Beberapa peraturan berikut ini bisa Yupiers ajarkan kepada anak-anak agar suasana bermain anak-anak dalam taman bermain tersebut tetap nyaman dan aman. Berikut ini adalah beberapa peraturan tersebut.

  1. Ajarkan anak-anak untuk tertib dan menunggu giliran mereka.
  2. Jangan menghalangi anak-anak lainnya.
  3. Bermain dengan wahana yang sesuai dengan umur anak-anak.
  4. Sopan dalam bermain bersama anak-anak lainnya.
  5. Perhatikan saat menaiki tangga.
  6. Menggunakan mainan atau wahana sesuai dengan peraturan.
  7. Tidak makan sambil bermain karena dapat mengotori tempat bermain anak-anak.
  8. Mengawasi anak-anak dari kejauhan.
  9. Ajarkan dan beritahu anak-anak tentang beberapa hal yang bisa menyebabkan kecelakaan. Misalnya seperti jangan terlalu dekat saat ayunan sedang berayun, menghindari bagian-bagian wahana yang dapat menimbulkan luka seperti sudut yang lancip, dan beberapa hal lainnya.

Itulah informasi mengenai taman bermain dari Yupi yang bisa menjadi inspirasi Yupiers dalam mengajak anak-anak bermain. Mulai dari beberapa rekomendasi taman bermain yang ada di Jakarta sampai dengan beberapa aturan taman bermain yang perlu Yupiers ketahui.

Bermain di taman bermain bisa menjadi alternatif pengganti permainan anak yang seru di rumah. Jika di rumah Yupiers bisa memainkan beberapa permainan seperti permainan tebak hewan, bermain peran, dan masih banyak lagi, saat bermain di taman bermain akan ada berbagai pilihan wahana permainan yang tidak kalah seru dengan beberapa ide permainan tersebut.

Semoga informasi taman bermain anak dari Yupi tersebut dapat membantu Yupiers dalam mendidik dan memaksimalkan pertumbuhan anak-anak. Selamat bermain dan menikmati berbagai tempat dari rekomendasi Yupi tersebut ya.