cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

8 Cara Merawat Kulit Wajah Kering & Kusam, Ini Rahasianya!

Memiliki kulit wajah yang sehat dan terawat tentunya merupakan idaman bagi semua orang baik itu wanita ataupun pria. Karena hal tersebut, sangat penting bagi Yupiers untuk mengetahui bagaimana cara merawat kulit wajah yang tepat dan efektif terutama untuk kulit kering serta kusam.

Merawat kulit wajah sebaiknya dilakukan sejak masih remaja, karena semakin dini dan semakin cepat Yupiers memulainya, maka hal ini akan bisa menjadi investasi untuk masa tua nanti. 

Dengan mengetahui cara merawat kulit wajah yang tepat dan secara alami, Yupiers akan terhindar dari masalah pada kulit wajah yaitu penuaan dini, dan beberapa masalah pada kulit wajah lainnya seperti jerawat, komedo sampai dengan kanker kulit.

Selain melalui beberapa obat-obatan, suplemen dan vitamin, merawat kulit wajah dapat dilakukan secara alami. Untuk lebih mengetahui tentang bagaimana cara merawat kulit wajah secara alami agar awet muda simak informasinya berikut ini.

Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Sehat dan Tidak Kusam

Berikut ini 8 tips merawat kulit wajah secara alami agar sehat dan tidak kusam untuk pemula, antara lain :

1. Rutin Membersihkan Wajah
merawat kulit wajah secara alami

Cara merawat kulit wajah agar tidak kusam yang pertama tentunya adalah dengan rutin membersihkan wajah. Rutin membersihkan wajah ini adalah dengan membersihkannya paling sedikit 2 kali sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Selain pagi dan malam hari membersihkan wajah juga perlu Yupiers lakukan ketika Yupiers pulang dan sampai di rumah setelah beraktivitas terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. 

Membersihkan wajah akan mengangkat kotoran dan juga sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah. Untuk membersihkan kulit wajah dengan benar ada beberapa hal yang perlu Yupiers perhatikan . 

Pertama adalah mengetahui jenis kulit apa yang Yupiers miliki dan produk pembersih wajah apa yang cocok untuk kulit wajah Yupiers.

Kedua Yupiers bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah.

Selanjutnya saat membersihkan wajah, pijat wajah dengan gerakan melingkar dan merata ke seluruh area wajah secara lembut. 

Setelah itu, bilas wajah secara menyeluruh dan lalu keringkan wajah dengan menggunakan handuk yang bersih dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut.

2. Gunakan Pelembab dan Sunblock

Cara merawat kulit wajah agar putih bersih ternyata tidak cukup hanya dengan rutin membersihkannya saja. Yupiers juga perlu menggunakan pelembab dan tabir surya atau sunblock setiap akan beraktivitas di luar rumah.

Pelembab dan sunblock akan memberikan nutrisi dan juga melindungi kulit wajah Yupiers saat beraktivitas di luar rumah. Sama halnya dengan produk pembersih wajah, gunakanlah pelembab dan juga sunblock yang cocok dengan jenis kulit Yupiers .

Pelembab wajah tidak hanya dapat melembabkan kulit wajah, namun juga dapat mencerahkan wajah karena produk pelembab wajah kini telah diperkaya dengan zat antioksidan, gliserol, xylitol dan niacinamide atau vitamin B3.

Sementara untuk sunblock, gunakanlah sunblock yang memiliki minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet, memperlambat penuaan dini dan bahkan sampai mencegah kanker kulit. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan pelembab pada kulit wajah saat wajah masih sedikit basah yaitu setelah mandi atau setelah mencuci muka .

Lalu untuk sunblock, gunakanlah sunblock 30 menit sebelum keluar rumah dan aplikasikan kembali setiap 2 jam sekali dan saat kulit terkena air atau berkeringat .

3. Konsumsi Yupi Bolicious yang Mengandung Kolagen
Bolicious Strawberry 40 gr-min

Merawat kulit wajah tanpa skincare namun tetap bisa sehat ternyata tidak hanya dapat dilakukan dari luar tetapi juga bisa dilakukan dari dalam, dan salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Makanan sehat yang bagus untuk kulit itu pun cukup beragam, mulai dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, termasuk dengan camilan sehat yang bermanfaat untuk kulit.

Untuk rekomendasi camilan sehat untuk kulit wajah yang terbaik, Yupiers bisa menikmati camilan sehat dari Yupi yang bernama Yupi Bolicious.

Yupi Bolicious ini terdiri dari beberapa varian rasa yaitu Yupi Bolicious Strawberry dengan rasa strawberry yang nikmat, Yupi Bolicious BlackBerry dan Yupi Bolicious Lychee. Yupi Bolicious adalah camilan sehat dari Yupi yang mengandung kolagen dan juga kaya akan Vitamin C.

Kolagen dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan cara melembabkan kulit dan membuat kulit tidak cepat kendur. Sementara Vitamin C memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang tidak baik untuk kesehatan kulit.

4. Minum Air Putih dengan Cukup

Selain makanan, cara merawat kulit dari dalam selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya.

Air putih tidak hanya penting bagi tubuh, tetapi juga sangat penting bagi wajah karena dapat mencegah kulit wajah menjadi dehidrasi, menjaga kelembaban pada kulit wajah dan juga membuat wajah menjadi lebih cerah.

Jumlah kebutuhan air putih pada tubuh orang dewasa adalah 2 liter per hari atau setara dengan minimal 8 gelas sehari agar kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik.

Selain dapat mencegah Yupiers dari kondisi dehidrasi, asupan air putih yang cukup juga dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah dan membuatnya menjadi lebih lancar, meningkatkan kinerja sel kulit sehingga kulit dan wajah akan terlihat lebih sehat serta cerah.

5. Menjaga Pola Waktu Tidur
menjaga pola waktu tidur

Mengatur pola tidur juga termasuk salah satu cara merawat kulit wajah secara alami untuk pemula. Hal ini karena jika Yupiers tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka akan timbul beberapa masalah pada kulit wajah seperti kulit wajah akan terlihat kusam, terdapat kantung mata atau bagian bawah mata menjadi hitam, dan bahkan bisa timbul jerawat pada kulit wajah.

Karena hal tersebut mulailah mengatur pola tidur Yupiers dengan baik dan benar. Sementara untuk waktu tidur bagi orang dewasa yang perlu Yupiers ketahui adalah selama 7 sampai 8 jam setiap harinya.

6. Menggunakan Masker Wajah yang Alami
Masker Wajah yang Alami untuk merawat kulit kering dan kusam

Masker wajah adalah salah satu produk yang kini banyak digunakan oleh banyak orang untuk menjaga kesehatan kulit mereka. 

Dari sekian banyak produk masker wajah yang tersedia saat ini, tentunya untuk menjaga kesehatan kulit wajah secara alami Yupiers bisa menggunakan masker wajah dengan bahan-bahan yang alami. Beberapa bahan alami tersebut adalah seperti

  • Bengkoang
  • Alpukat
  • Timun
  • Lemon
  • Madu
  • Susu
  • Yoghurt
  • Teh hijau
  • Minyak zaitun
  • Daun sirih
  • Lidah buaya
  • Gandum
  • Kopi 
  • Campuran jeruk nipis dan madu
  • Campuran putih telur dan madu

Yupiers dapat memilih salah satu dari bahan alami tersebut dan menggunakannya sebagai masker wajah sebanyak 2 kali dalam seminggu. 

Menggunakan bahan masker wajah secara alami tersebut akan membantu membersihkan pori-pori, memperbaiki kerusakan jaringan kulit pada wajah, dan juga bisa mengangkat sel kulit mati.

Manfaat tersebut bisa Yupiers rasakan karena bahan alami yang ada di atas memiliki kandungan vitamin, mineral, nutrisi, dan juga antioksidan yang baik untuk kulit wajah.

Sebagai informasi tambahan, ada baiknya Yupiers melakukan tes terlebih dahulu dengan menggunakan salah satu bahan alami yang Yupiers pilih dan lihat reaksinya selama 24 jam, apakah ada reaksi yang tidak diinginkan atau tidak seperti bentol, gatal-gatal, tanda-tanda kemerahan dan lain sebagainya.

Jika terdapat beberapa tanda tersebut, sebaiknya Yupiers menghentikan penggunaan bahan tersebut dan mencobanya dengan bahan yang lain. Jika diperlukan, Yupiers tentunya juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit yang Yupiers percaya.

Baca Juga : 10 Buah yang Bagus Untuk Kulit Jadi Sehat dan Awet Muda

7. Mengendalikan Stress

Tahukah Yupiers ternyata stres juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Hal ini karena jika stres tidak dikendalikan akan membuat kulit menjadi lebih sensitif dan akan mempermudah munculnya berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam dan masalah kulit lainnya.

Salah satu cara untuk mengendalikan stres ini adalah dengan mencukupi waktu istirahat dan juga meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang Yupiers sukai.

8. Rutin Berolahraga
cara merawat kulit wajah dengan rutin berolahraga

Jika Yupiers mempunyai tipe wajah yang sensitif dan berminyak, cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak adalah dengan rutin berolahraga secara teratur. Rutin berolahraga secara teratur selain dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, juga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih awet muda dan juga lebih kencang.

Karena hal tersebut, luangkanlah waktu Yupiers untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari Yupiers.

Itulah beberapa cara merawat kulit wajah secara alami untuk kulit kering dan kusam yang dapat Yupiers coba. 

Hal paling penting yang harus Yupiers ketahui juga adalah merawat kulit wajah secara alami akan memberikan hasil yang maksimal jika rajin dan rutin dalam melakukannya. Hal tersebut karena untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih dan terawat dengan cara yang alami serta aman akan membutuhkan waktu dan proses.

Semoga informasi tentang cara merawat kulit wajah secara alami untuk kulit kering dan kusam dari Yupi kali ini dapat bermanfaat untuk Yupiers.