cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Akibat Kurang Minum Air Putih Pada Anak, Yuk Ketahui!

Sudah bukan lagi menjadi hal yang asing, bahwa tubuh seseorang tentunya membutuhkan asupan air putih yang cukup setiap harinya. Selain untuk menghindari kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, ternyata masih ada beberapa akibat kurang minum air putih lainnya, misalnya bagi wajah maupun kulit yang mungkin Yupiers belum ketahui sebelumnya.

Pada kondisi tertentu, dehidrasi bahkan dapat membuat tubuh menjadi lemas, kepala terasa pusing, sulit berkonsentrasi, sampai dengan penurunan kesadaran seseorang.

Karena mengkonsumsi air putih ini sangat penting, kali Yupi akan memberikan informasi tentang beberapa penyakit akibat kurang minum air putih, ciri-ciri anak yang kurang minum air putih, cara mengatasi anak yang kurang minum air putih dan informasi lainnya. Simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Berapa Liter Minum Air Putih Dalam Sehari Pada Anak?

Sebelum mengetahui akibat kurang minum air putih bagi tubuh, ketahui dulu kebutuhan air putih dalam sehari, yuk!

Kebutuhan asupan air putih seseorang tentunya akan berbeda antara seseorang dengan orang yang lainnya, namun pada umumnya orang dewasa membutuhkan 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

Sementara kebutuhan air putih pada anak-anak tergantung pada usia mereka. Berikut ini adalah informasi kebutuhan air pada anak-anak menurut Ikatan Dokter Indonesia atau IDI yang perlu Yupiers ketahui.

  1. Anak usia 7 sampai 12 Bulan: 800 ml
  2. Anak usia 1 sampai 3 tahun: 1,3 liter atau 5 gelas air putih
  3. Anak usia 4 sampai 8 tahun: 1,7 liter atau 6 sampai 7 gelas air putih
  4. Anak usia diatas 8 tahun: 2 liter atau 8 gelas air putih.

Ada juga beberapa alasan lainnya kenapa mengkonsumsi air putih itu penting untuk tubuh. Beberapa alasan tersebut adalah seperti dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat,membuat berat badan anak ideal dan terhindar dari obesitas, menjaga kesehatan kulit, sampai mengatasi gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga : Obesitas Pada Anak : Penyebab, Ciri & Cara Mengatasinya

Inilah Penyakit dan Akibat Kurang Minum Air Putih

Berikut ini adalah beberapa nama penyakit akibat kurang air putih yang perlu Yupiers ketahui :

1. Mudah Merasa Lelah

Mudah merasa lelah adalah akibat kurang minum air putih pertama yang akan Yupiers rasakan. Hal ini bisa terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan atau air yang berguna untuk menjaga kemampuan tubuh dalam mengedarkan darah dari pembuluh darah ke organ-organ di dalam tubuh.

Saat aliran darah tidak dapat berfungsi dengan baik, kekurangan oksigen dan nutrisi, maka tubuh juga tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Pada akhirnya juga otak akan mengirimkan sinyal yang dapat membuat tubuh merasa lelah. Selain itu, biasanya juga akan menyebabkan sakit pinggang.

2. Timbul Masalah Pencernaan

Akibat kurang minum air putih yang kedua adalah timbulnya masalah pencernaan. Beberapa masalah pencernaan tersebut adalah seperti kembung, sakit perut, sampai kehilangan nafsu makan. 

Selain itu juga kurang minum air putih dapat menyebabkan menumpuknya racun dalam tubuh karena menurunnya kemampuan tubuh dalam mengelola makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

3. Mengalami Kabut Mental

Kabut mental atau brain fog dan juga lebih dikenal dengan lupa sesaat adalah salah satu akibat kurang minum air putih yang bisa terjadi pada wanita maupun pria. Hal ini bisa terjadi karena otak membutuhkan cairan agar tetap dapat berfungsi dengan normal secara mental dan dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini juga diperkuat berdasarkan kutipan dari Nutrients yang mengatakan bahwa jika minum air putih dapat meningkatkan kesehatan otak dan juga dapat mencegah penurunan kemampuan mengingat pada otak serta penurunan kesadaran secara mental.

4. Tekanan Darah Menurun

Saat tubuh kurang minum air putih, maka tubuh akan mengalami kondisi dehidrasi. Kondisi dehidrasi ini dapat membuat volume plasma darah yang mengandung protein berkurang. Akibatnya tekanan darah orang yang kurang minum air putih akan menurun.

5. Mual dan Muntah

Saat tubuh melakukan berbagai aktivitas, maka secara alami tubuh akan mengeluarkan keringat atau cairan untuk menghilangkan panas dalam tubuh. Apabila keringat atau cairan yang keluar ini tidak digantikan dengan asupan pengganti, maka pada akhirnya akan menyebabkan mual dan muntah pada seseorang.

6. Sembelit

Sembelit adalah kondisi susah buang air besar atau BAB yang merupakan akibat dari terganggunya sistem pencernaan karena kurang minum air putih. Hal ini terjadi karena air putih memiliki peran dalam menjaga kesehatan pencernaan. 

Apabila seseorang kurang minum air putih, maka bisa menghambat proses pencernaan yang berakhir dengan sulitnya buang air besar atau BAB.

7. Tidak Bertenaga

Dilansir dari Eating Well kurang minum air putih juga dapat bisa berdampak pada menurunnya tenaga atau energi seseorang. Hal ini bisa terjadi karena terganggunya kesimbangan cairan pada tubuh seseorang yang kurang minum air putih.

8. Sulit Berkonsentrasi

Akibat dari kurang minum air putih berikutnya adalah sulit berkonsentrasi. Perlu Yupiers ketahui, bahwa 80% otak manusia terdiri dari air. Agar otak dapat berfungsi dengan baik, maka otak memerlukan asupan air yang cukup.

Jika tubuh kurang mendapatkan asupan air yang cukup, hal ini akan berdampak pada menurunnya kemampuan otak dalam berkonsentrasi dan bahkan dapat menyebabkan sakit kepala.

9. Kulit Kering

Salah satu akibat kurang minum air putih bagi kulit adalah kulit menjadi kering. Perlu Yupiers ketahui, kulit tetap perlu terhidrasi agar tetap lembab dan tidak kering. Selain itu juga, kekurangan cairan pada tubuh dapat membuat kolagen menjadi pecah sehingga menghasilkan garis dan kerutan pada kulit wajah.

10. Munculnya Penyakit Batu Ginjal dan Infeksi Saluran Kencing

Akibat kurang minum air putih akan berpengaruh pada kinerja ginjal. Selain ginjal, penyakit yang paling sering umum muncul pada seseorang yang kurang minum air putih adalah infeksi saluran kencing.

Hal ini bisa terjadi karena tubuh sulit untuk menghilangkan bakteri pada saluran air kencing dan batu yang mengendap pada ginjal yang biasanya bisa hilang dengan mengkonsumsi air putih.

Ciri-Ciri Anak Kurang Minum Air Putih

Setelah mengetahui beberapa akibat kurang minum air putih, pada anak-anak, ada beberapa ciri-ciri yang dapat menunjukan bahwa anak tersebut kurang minum air putih. 

Dengan mengetahui beberapa ciri berikut ini, dapat menjadi acuan bagi Yupiers untuk memastikan bahwa anak sehat secara fisik dan psikis atau tidak.

Berikut ini adalah ciri-ciri kurang minum air putih pada anak :

  1. Jarang buang air kecil.
  2. Warna urin lebih pekat.
  3. Rewel atau tantrum.
  4. Mata cekung.
  5. Mata Kering.
  6. Mulut kering.
  7. Mudah lelah.
  8. Sembelit.
  9. Kulit kering.
  10. Bau mulut.
  11. Kurang fokus.
  12. Anak susah makan.
  13. Anak menjadi susah tidur.

Cara Mengatasi Kurang Minum Air Putih Pada Anak

Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri anak kurang minum air putih tersebut, untuk anak-anak yang kurang mengkonsumsi air putih, ada beberapa cara yang bisa Yupiers lakukan.

Berikut ini adalah cara mengatasi anak kurang minum air putih, antara lain :

  1. Jelaskan kenapa air putih itu penting.
  2. Berikan contoh agar anak-anak meniru.
  3. Gunakan kemasan air putih yang menarik.
  4. Sediakan air putih di tempat yang mudah untuk dijangkau.
  5. Biasakan minum setelah makan.
  6. Sering menawarkan anak-anak minum air putih.
  7. Biasakan membawa air putih ketika berpergian.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Yuk Terapkan Hal Ini!

Kulit Anak Kering Karena Dehidrasi? Cobain Yupi Bolicious Agar Kulit Tetap Sehat

Seperti yang telah Yupiers ketahui, bahwa salah satu akibat dari kurang minum air putih adalah dapat membuat kulit menjadi kering, sebagai informasi tambahan dan untuk mencegah hal tersebut, maka Yupiers dapat rutin mengkonsumsi Yupi Bolicious agar kulit menjadi tetap sehat.

Yupi Bolicious dari Yupi terdiri dari 4 varian rasa, dua rasa dari jenis buah berry yang lezat yaitu Yupi Bolicious Strawberry dan Yupi Bolicious Blackberry serta rasa Yupi Bolicious Lychee yang segar dan varian terbaru yaitu Yupi Bolicious White Grape. Jangan lupa cobain ya!

Yupi Bolicious ini memiliki banyak manfaat untuk kulit karena mengandung kolagen alami dari buah-buahan. Selain rasanya yang segar dan manis, bentuknya yang bulat dan kenyal serta mengandung banyak Vitamin C sehingga sangat baik untuk tubuh.

Itulah beberapa informasi tentang akibat kurang minum air putih, dan beberapa informasi penting lainnya yang perlu Yupiers ketahui. Semoga informasi dari Yupi kali ini dapat bermanfaat bagi Yupiers.