menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Anak Kecanduan Gadget? Kenali Ciri-Ciri & Cara Mengatasinya

Seiring berkembangnya teknologi yang terus semakin canggih, gadget kini menjadi suatu benda yang sangat menyenangkan bagi semua orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Gadget juga seringkali dijadikan alat ampuh para orang tua untuk membuat anak-anaknya menjadi tentang dan sekaligus lebih betah di rumah. Namun sayangnya, hal akan membuat anak kecanduan gadget.

Kebiasan buruk anak ini tidak bisa dianggap hal yang ringan oleh Yupiers karena ternyata ada beberapa hal ini bisa berdampak bagi kesehatan anak-anak. Yupiers perlu melakukan pengawasan lebih terhadap anak-anak yang kecanduan gadget ini.

Karena hal tersebut sangat penting, kali ini Yumin akan memberikan informasi lengkap mengenai tentang anak kecanduan gadget, mulai dari ciri-ciri, penyebab, hingga cara mengatasinya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Anak yang Kecanduan Gadget? Ini Ciri-Cirinya

Anak kecanduang gadget adalah kondisi dimana anak sering menarik diri dari lingkungan dan sibuk bermain dengan gadgetnya, bahkan bisa menimbulkan anak tantrum saat menyuruhnya untuk berhenti bermain gadget.

Terdapat beberapa ciri-ciri anak yang sudah kecanduan gadget yang perlu orang tua ketahui, antara lain :

  1. Lupa waktu saat bermain gadget.
  2. Gelisah dan marah  jika tidak bermain gadget.
  3. Durasi bermain gadget terlalu lama atau tidak memperhatikan screening time.
  4. Sulit mengurangi durasi bermain gadget.
  5. Tidak memiliki aktivitas lain selain bermain gadget.
  6. Hilangnya ketertarikan dengan dunia luar atau menarik diri dari lingkungan sosial.
  7. Berbohong tentang lama penggunaan gadget atau screening time gadget kepada orang tuanya.
  8. Menggunakan gadget untuk mengalihkan perasaan atau pelarian.

Faktor Penyebab Kecanduan Gadget pada Anak

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri anak yang kecanduan gadget, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kecanduan gadget. 

Ada banyak hal dan faktor yang menyebabkan anak menjadi kecanduan gadget, seperti beberapa diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal.

  • Faktor internal misalnya seperti karakteristik anak-anak, masalah psikologi, kontrol diri yang rendah. 
  • Sementara faktor eksternal penyebab anak menjadi kecanduan gadget adalah seperti ketertarikan yang tinggi pada media atau informasi yang bisa didapatkan dari gadget. 

Selain itu faktor eksternal ini bisa berasal dari kurangnya pengawasan orang tua, ketertarikan yang tinggi pada aplikasi yang ada pada gadget, dan adanya gadget-gadget baru yang jauh lebih menarik.

Ada juga hal-hal lainnya yang dapat menjadi penyebab anak menjadi kecanduan gadget, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kebiasaan orang tua yang memberikan gadget untuk menenangkan anak.
  2. Rasa bosan atau kesepian pada diri anak-anak.
  3. Anak-anak mempunyai masalah dengan lingkungannya.
  4. Meniru kebiasaan orang tua.
  5. Orang tua tidak memberikan pola asuh atau cara mendidik anak yang tepat.
  6. Banyak hal yang sangat menarik dari gadget.
  7. Adanya fitur-fitur yang membuat sulit untuk berhenti seperti autoplay.
  8. Banyak hadiah menarik dari game.

Baca Juga : Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Tidur

Dampak Kecanduan Gadget pada Anak

Informasi tentang selanjutnya tentang anak kecanduan gadget adalah beberapa dampaknya. Dampak kecanduan gadget ini bisa berdampak pada beberapa hal, mulai dari pada aspek kesehatan, aspek sosial dan beberapa dampak lainnya.

Pada aspek kesehatan, penggunaan gadget yang berlebih adalah seperti ada masalah kesehatan pada area mata seperti mata kering, leher bisa menjadi sakit, bisa menimbulkan sakit kepala dan bahkan bisa menyebabkan obesitas.

Pada aspek sosial, kecanduan gadget akan membuat anak-anak kecanduan sehingga mereka sulit beradaptasi dengan dunia luar. Selain beberapa hal tersebut ada beberapa dampak kecanduan gadget lainnya yang bisa terjadi, antara lain :

  1. Kurangnya waktu beristirahat pada anak.
  2. Anak mengalami masalah mental.
  3. Anak bisa memiliki sifat yang agresif dari tontonan media sosial yang dilihat anak.
  4. Mengganggu pertumbuhan otak anak.
  5. Menjadi ketergantungan gadget.
  6. Anak bisa mengalami speech delay.
  7. Anak terpapar radiasi emisi.
  8. Tumbuh kembang yang terlambat.

Baca Juga : Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar

Cara Mengatasi Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Setelah mengetahui banyak hal tentang anak kecanduan yang gadget, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi agar anak tidak kecanduan gadget dari Yumin.

1. Orang Tua Harus Menjadi Contoh yang Baik

Masa anak-anak adalah masa dimana seseorang sering meniru orang terdekat di sekitarnya, yaitu orang tua. Karena hal tersebut, sebagai orang tua yang baik, Yupiers harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak-anak.

Berikan contoh yang baik tentang kapan harus menggunakan gadget dan berapa lama durasi menggunakannya. Memberikan larangan anak bermain gadget tanpa memberikan contoh yang baik tidak akan efektif pada anak-anak.

2. Berikan Batasan Waktu Menggunakan Gadget

Cara mengatasi anak kecanduan gadget yang kedua adalah batasi waktu mereka menggunakan gadget. Yupiers dapat membatasi waktu menggunakan gadget pada anak-anak dengan durasi 1 sampai 2 saja setiap harinya.

Selain itu juga, Yupiers bisa mengawasi anak-anak ketika sedang bermain gadget. Dampingi mereka agar mereka menggunakan gadget sesuai dengan fungsinya. 

Yupiers juga bisa menghindari meletakan gadget sembarangan agar anak-anak tidak menggunakannya diluar batasan yang telah Yupiers tetapkan.

3. Perbanyak Aktivitas di Luar Rumah

Melakukan aktivitas di luar rumah yang menyenangkan cukup efektif untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget karena dapat menyita waktu dan perhatian anak-anak sehingga mereka lupa bermain gadget.

Yupiers bisa melakukan beberapa aktivitas di luar rumah seperti lari pagi, bersepeda di hari libur, mengajak anak-anak bermain di taman dan masih banyak lagi. Hal ini juga sangat untuk pertumbuhan anak-anak.

4. Perbanyak Aktivitas Lainnya

Selain bermain di luar rumah, saat berada di dalam rumah, Yupiers bisa mengajak anak-anak untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya yang tidak menggunakan gadget.

Luangkanlah waktu untuk bermain dengan anak-anak agar mereka tidak kecanduan gadget. Yupiers juga melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan kreatif bersama mereka.

Beberapa kegiatan tersebut adalah seperti mengajak anak-anak bermain masak-masakan dengan beberapa produk permen Yupi seperti  Yupi Gummy Breakfast, Yupi Gummy Lunch, atau mengenal berbagai macam buah dengan Yupi Bolicious Lychee, Yupi Bolicious Strawberry, Yupi Bolicious Blackberry, Yupi Bolicious Mandarin serta masih banyak lagi permen Yupi lainnya yang menarik, enak dan bergizi.

5. Tegas

Sifat tegas juga sangat diperlukan kepada anak kecanduan gadget. Sering kali, anak-anak akan tantrum ketika tidak mendapatkan apa yang diinginkannya atau tidak bisa bermain gadget.

Yupiers harus bisa tegas kepada mereka saat mereka tantrum karena gadget. Hal yang perlu Yupiers perhatikan adalah tegas tidak berarti keras atau galak kepada anak-anak.

Jangan sampai Yupiers merasa iba atas tantrum terhadap gadget pada anak-anak agar mereka tidak menjadi kecanduan gadget.

6. Jangan Berikan Gadget Jika Tidak Perlu

Cara berikutnya yang bisa Yupiers lakukan untuk anak yang kecanduan gadget adalah jangan berikan gadget jika tidak diperlukan. 

Dalam beberapa waktu belakangan ini, tidak sedikit orang tua yang sudah memberikan gadget kepada anak-anaknya pada waktu yang belum tepat. 

7. Temani Keseharian Anak-Anak

Cara selanjutnya yang harus Yupiers lakukan untuk anak yang kecanduan gadget adalah menemai keseharian mereka. 

Salah satu penyebab anak-anak bisa kecanduan gadget adalah karena mereka kesepian sehingga mereka lebih suka kepada gadget dibandingkan hal lainnya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik, luangkanlah waktu untuk menemani keseharian anak-anak.

8. Berikan Apresiasi pada Anak-Anak

Cara terakhir yang bisa Yupiers lakukan untuk anak yang kecanduan gadget adalah dengan memberikan apresiasi jika mereka berhasil mengurangi waktu bermain gadget mereka. Yupiers bisa mencoba dari beberapa hal sederhana seperti memberikan pujian, Yupiers juga memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi ini.

Itulah beberapa informasi tentang anak kecanduan gadget dari Yumin kali ini. Mulai dari ciri-ciri anak yang kecanduan gadget, sampai cara mengatasi anak kecanduan gadget.

Semoga informasi tentang anak kecanduan gadget dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile