cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

9 Ide Games Acara Ulang Tahun Anak yang Seru dan Meriah

Acara ulang tahun anak adalah salah satu acara yang akan diingat oleh anak-anak dalam hidup mereka. Salah satu cara untuk membuat acara ini berkesan untuk mereka adalah dengan beberapa games ulang tahun anak yang seru dan meriah.

Games acara ulang tahun anak yang seru dan meriah bisa Yupiers masukan ke dalam agenda susunan acara ulang tahun anak. Agenda tersebut dibuat dengan tujuan agar acara berjalan dengan lancar dan bisa berkesan bagi semua orang yang datang.

Karena games ulang tahun anak sangat penting dalam acara tersebut, kali Yupi akan memberikan beberapa rekomendasi ide games di acara ulang tahun anak yang seru dan meriah untuk Yupiers serta beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Rekomendasi Games Acara Ulang Tahun Anak yang Asik & Bikin Meriah

Berikut ini adalah beberapa ide games ulang tahun anak yang bisa Yupiers coba untuk membuat acara menjadi semakin asik dan meriah, antara lain :

1. Limbo

games ulang tahun limbo

Ide games ultah anak yang pertama adalah limbo. Permainan yang satu cukup populer. Bagi Yupiers yang belum mengetahui permainan yang satu ini, permainan ini menggunakan tali atau tongkat yang kemudian biasa diikat atau dipegang pada kedua ujungnya.

Secara berkala, tinggi tali atau tongkat akan semakin rendah dan hal tersebut yang membuat games ini mampu membuat suasana menjadi meriah. Permainan yang satu ini juga sering dimainkan sambil menggunakan musik untuk semakin membuat suasana semakin meriah.

2. Freeze Dance

freeze dance games

Selain untuk bermain limbo, musik juga cocok untuk bermain permainan freeze dance pada acara ulang tahun anak. Permainan acara ulang tahun anak yang satu ini dimainkan dengan cara memutar musik, kemudian semua peserta permainan harus menari dan berjoget bersama.

Saat musik berputar, tanpa aba-aba tiba-tiba musik akan berhenti. Saat berhenti inilah yang membuat games ini menarik. Hal tersebut karena pada saat musik berhenti, semua harus bersikap seperti patung sesuai dengan gerakan terakhir mereka.

3. Bermain Menggunakan Balon

Selain sebagai dekorasi ulang tahun anak, balon juga bisa dijadikan sebagai games ulang tahun anak 1 tahun yang menarik. Beberapa permainan menarik dengan menggunakan balon adalah seperti tangkap balon atau mengoper balon. 

Untuk bermain tangkap balon caranya sangat mudah, yaitu dengan cara melemparkan balon ke udara, lalu menangkapnya kembali tanpa terjatuh dan lakukan sebanyak tiga atau empat kali. Anak yang dapat selalu menangkap balonnya, maka dia akan menjadi pemenang

Sementara untuk permainan mengoper balon, Yupiers bisa meminta anak-anak untuk membuat sebuah kelompok lalu meminta mereka berbaris. Perlombaan mengoper balon akan menarik karena dalam melakukannya, anak-anak akan mengoper balon tanpa menggunakan tangan.

Kelompok yang dinyatakan sebagai pemenang adalah kelompok yang berhasil mengoper balon dari orang pertama sampai orang terakhir tanpa terjatuh.

4. Berburu Harta Karun

Ide permainan ulang tahun anak yang berikutnya adalah berburu harta karun. Games ini bisa dimainkan di luar ruangan atau di dalam ruangan. Hal yang perlu Yupiers perhatikan untuk membuat games ini adalah mempersiapkannya dengan matang terlebih dahulu.

Beberapa persiapan tersebut adalah seperti mulai dari membuat tanda atau petunjuk arah menuju harta karun yang telah disembunyikan dan memberikan batasan waktu yang tepat bagi anak-anak untuk mencari harta karun tersebut. Pemenang dari games ini adalah yang berhasil menemukan harta karun yang tersembunyi.

5. Kursi Musik

Ide game ulang tahun anak yang selanjutnya adalah kursi musik. Permainan ini cukup sederhana, namun merupakan permainan ulang tahun anak yang seru. Permainan ini hanya membutuhkan sebuah kursi dan lagu saja.

Cara memainkan permainan ini adalah dengan meminta beberapa peserta permainan untuk memutari sebuah kursi. Ketika lagu berhenti, mereka akan berebut atau berlomba untuk menduduki kursi tersebut. Pemenang dari permainan ini adalah yang berhasil duduk di kursi tersebut. 

6. Lomba Perahu Kertas

ide games ulang tahun perahu kertas

Siapa yang tidak mengenal kerajinan dari kertas origami dengan bentuk perahu kertas. Perahu kertas ini juga dapat Yupiers pilih sebagai permainan ulang tahun anak umur 5 tahun yang seru. Sebelum memulai permainan ulang tahun anak ini, Yupiers juga bisa terlebih dahulu dapat mengajarkan anak-anak cara untuk membuat perahu kertas.

Setelah perahu kertas selesai dibuat, siapkan sebuah wadah air seperti bak atau ember. Peserta lomba perahu kertas ini kemudian akan berlomba meniup perahu kertas dengan sedotan dari satu sisi ke sisi lainnya. Pemenang dari perlombaan ini adalah yang pertama berhasil mencapai sisi yang telah ditetapkan sebagai garis akhir.

7. Berkebalikan

Salah satu games ulang tahun anak yang sederhana dan tanpa menggunakan peralatan apapun adalah permainan berkebalikan. Sesuai dengan namanya, permainan ini akan menuntut pesertanya melakukan hal yang berkebalikan dari apa yang mereka lihat atau mereka dengar. 

Sebagai contoh, apabila Yupiers menunjuk ke arah atas, maka peserta harus menunjuk ke arah bawah. Peserta yang menjawab salah akan dinyatakan kalah dan ulang kembali permainan ini. Sementara peserta yang berhasil bertahan sampai akhir akan menjadi pemenang.

8. Tebak Gambar

tebak gambar

Masa anak-anak adalah masa-masa yang sangat penting untuk mengenal berbagai macam hal. Salah satu permainan yang dapat mendukung hal tersebut permainan tebak gambar atau kuis pada acara tahun anak.

Permainan ini cukup sederhana dan mudah, namun sebelumnya Yupiers perlu mempersiapkan pertanyaan untuk games ulang tahun anak.

Selain menggunakan gambar, agar games ulang tahun anak ini semakin menarik, Yupiers juga dapat memainkan tebak hewan menggunakan permen Yupi seperti Yupi Jungle Fun, Yupi Sea World, dan masih banyak lagi.

9. Fashion Show

Salah satu ide untuk membuat perayaan ulang tahun menjadi menarik adalah dengan menggunakan perlombaan fashion show atau lomba kostum. Perlombaan yang satu ini sangat efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri pada diri anak-anak.

Untuk membuat perlombaan ini, Yupiers perlu mempersiapkan beberapa pakaian atau kostum secara acak. Berikan batasan waktu bagi peserta lomba untuk memilih dan mengenakan kostum dari beberapa benda yang telah disiapkan sebelum. Setelah waktu berakhir, mereka akan mulai memperagakan pakaian atau kostum mereka.

Selain Games, Apa Saja yang Harus Disiapkan Untuk Ulang Tahun Anak?

Selain beberapa kumpulan permainan ulang tahun anak diatas, ada juga beberapa persiapan lainnya yang harus Yupiers persiapkan agar acara ulang tahun anak menjadi meriah dan berkesan. Berikut ini adalah beberapa persiapan tersebut.

  1. Kartu undangan acara ulang tahun.
  2. Susunan ulang tahun anak.
  3. Dekorasi acara ulang tahun.
  4. Kue ulang tahun.
  5. Topi ulang tahun.
  6. Baju pesta ulang tahun.
  7. Makanan saat acara ulang tahun.
  8. Piring kertas dan minuman kemasan.
  9. Kamera untuk berfoto.
  10. Souvenir ulang tahun
  11. Kado untuk anak yang merayakan ulang tahun.

Itulah beberapa informasi untuk membuat acara ulang tahun anak yang seru dan meriah, mulai dari beberapa ide rekomendasi games ulang tahun anak dan beberapa hal yang harus disiapkan.

Semoga informasi dari Yupi tersebut dapat membantu Yupiers untuk membuat acara ulang tahun anak yang seru dan meriah.