menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

9 Manfaat Buah Blackberry, Superfood yang Kaya Nutrisi & Antioksidan

Buah blackberry adalah salah satu jenis buah berry yang kini sudah sangat terkenal kaya akan manfaat, nutrisi dan antioksidan. Meskipun memiliki rasa yang sedikit lebih pahit dibandingkan jenis buah berry lainnya seperti buah blueberry atau strawberry, namun buah blackberry tetap memiliki rasa yang lezat dengan rasa manis dan asam.

Ada berbagai cara untuk mengkonsumsi buah berry, mulai dari dikonsumsi secara langsung sampai dengan diolah sebagai bahan makanan dan minuman.

Perlu Yupiers ketahui juga, banyak orang berpendapat bahwa buah blackberry adalah superfood atau makanan super karena kaya akan vitamin, mineral, serat, antioksidan, rendah kalori, karbohidrat dan juga lemak.

Karena buah blackberry ini sangatlah spesial, kali ini Yumin akan membahas tentang beberapa informasi tentang buah berry yang perlu Yupiers ketahui. Simak informasi selengkapnya dari Yumin tentang buah blackberry ini ya.

Info Gizi dan Kandungan Buah Blackberry yang Berkhasiat Untuk Tubuh

info gizi dan kandungan buah blackberry 
Sebelum mengetahui beberapa manfaat buah blackberry, tentu ada baiknya Yupiers mengetahui terlebih dahulu informasi tentang kandungan dan gizi buah blackberry ini. Berikut ini adalah beberapa kandungan dan gizi buah blackberry:

  1. Kalori: 62 Kal
  2. Lemak: 0,7 gram.
  3. Protein: 2 gram.
  4. Sodium: 1 miligram.
  5. Karbohidrat: 13,8 gram.
  6. Serat: 7,6 gram.
  7. Gula: 7 gram.

Selain beberapa kandungan tersebut, buah blackberry juga memiliki kadar glycemic index yang cukup rendah dengan dilengkapi beberapa kandungan vitamin dan mineral. 

Beberapa vitamin dan mineral dalam buah blackberry adalah seperti Vitamin A, Vitamin C sebanyak 21 miligram, Vitamin K, mangan, zat besi, kalsium sebanyak 29 miligram, dan kalium sebanyak 162 miligram.

Manfaat Buah Blackberry yang Masih Sering Diabaikan, Yuk Simak!

Setelah mengetahui kandungan dan gizi dalam buah blackberry, berikut ini adalah beberapa manfaat buah blackberry yang perlu Yupiers ketahui.

1. Sumber Antioksidan yang Kuat

Manfaat buah blackberry yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan yang kuat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Buah blackberry bisa menjadi sumber antioksidan yang kuat karena buah ini kaya akan Vitamin C, dan dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C harian Yupiers.

Vitamin C yang tinggi ini akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh, meregenerasi kulit, melawan radikal bebas, menyembuhkan luka, meredakan flu, dan berbagai mencegah berbagai macam penyakit lainnya termasuk salah satunya adalah kanker.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah blackberry yang kedua adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah blackberry memiliki kandungan dan gizi berupa Vitamin C, Vitamin K dan mineral.

Ketiga kandungan tersebut pada akhirnya akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Yupiers.

Dimulai dari Vitamin C, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, memaksimalkan penyerapan zat besi, menangkal radikal bebas, dan mencegah berbagai macam penyakit kronis.

Lalu Vitamin K memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mineral yang memiliki peran untuk menjaga kemampuan organ tubuh Yupiers dapat berfungsi dengan baik saat beraktivitas, untuk hal ini, Yumin akan menjelaskan lebih lanjut pada poin pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Kekurangan Vitamin C Pada Anak, Waspadai Tanda dan Gejalanya

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah blackberry yang ketiga adalah dapat menjaga kesehatan jantung.

Perlu Yupiers ketahui terlebih dahulu, salah satu jenis polifenol pada buah blackberry adalah antosianin yang berpotensi menghambat dan mencegah peradangan atau inflamasi akibat gaya hidup yang tidak sehat, stres berkepanjangan atau akibat penyakit kronis.

Antosianin dalam buah blackberry inilah yang membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Lalu perlu Yupiers ketahui juga bahwa kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) yang cukup tinggi merupakan salah satu penyebab utama seseorang mengalami penyakit jantung.

4. Menjaga Keseimbangan Otak

Manfaat buah blackberry yang keempat adalah dapat membantu menjaga kesimbangan otak dan meningkatkan kinerja otak.

Dilansir dari Journal of Agriculture and Food Chemistry, buah blackberry dapat menjaga kesehatan otak dan membantu mencegah hilangnya ingatan karena penuaan.

Kandungan antioksidan dalam buah blackberry yang dapat melawan radikal bebas dapat membantu mengurangi peradangan pada otak dan mencegah munculnya masalah kognitif dan motorik pada diri seseorang yang biasa muncul karena proses penuaan.

5. Membuat Saluran Pencernaan Selalu Sehat

Kini kita beralih ke manfaat buah blackberry yang akan sangat berguna untuk aktivitas Yupiers, yaitu manfaat tentang membuat saluran pencernaan menjadi selalu sehat.

Seperti yang telah disebutkan dalam kandungan dan gizi buah blackberry sebelumnya, buah blackberry memiliki kandungan dan gizi berupa serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan Yupiers.

Buah blackberry dapat memenuhi 31% kebutuhan serat harian pada tubuh manusia. Kandungan serat ini dapat membuat saluran pencernaan menjadi sehat dan terhindar dari beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan sakit perut.

Serat dapat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan karena dapat meningkatkan kepadatan feses sekaligus menghaluskan feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu juga, menurut sebuah studi pada tahun 2013, jika kebutuhan serat tidak terpenuhi dengan baik, maka hal ini akan semakin meningkatkan risiko penyakit jantung pada diri seseorang.

6. Bagus Untuk Kesehatan Kulit dan Mata

Manfaat buah blackberry yang selanjutnya adalah sangat bagus untuk kesehatan kulit dan mata.

Seperti yang telah Yupiers ketahui, buah blackberry kaya akan antioksidan dan dapat membantu melawan radikal bebas. Hal inilah yang membuat buah blackberry bagus untuk kesehatan kulit karena radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini pada diri seseorang.

Selain itu juga kandungan mangan dalam buah blackberry memiliki peran aktif untuk pembentukan kolagen dalam tubuh manusia yang salah satu fungsi dari kolagen ini adalah untuk mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit.

7. Menjaga Berat Badan Ideal Agar Tidak Obesitas

Salah satu cara menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak obesitas adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan, namun tidak semua jenis buah tepat untuk dikonsumsi untuk hal ini.

Buah blackberry bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Yupiers yang ingin menjaga berat badan ideal agar tidak obesitas, atau bagi Yupiers yang ingin menurunkan berat badan.

Tentunya setelah membaca beberapa informasi yang telah Yumin jelaskan sebelumnya, Yupiers mengetahui bahwa buah blackberry adalah buah yang rendah kalori dan kaya akan serat sehingga hal ini cocok untuk Yupiers yang ingin menjaga berat badan ideal agar tidak obesitas atau bagi Yupiers yang ingin menurunkan berat badan.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti yang telah disebutkan pada poin pembahasan sebelumnya, bahwa salah satu manfaat buah blackberry adalah menjaga kesehatan tulang. 

Kandungan Vitamin K dalam buah blackberry sangat memiliki peran penting dalam metabolisme tulang, mencegah dari pengeroposan, mencegah penyakit osteoporosis dan osteopenia.

Kandungan mangan dalam buah blackberry yang penting dalam pembentukan kolagen juga memiliki peran penting dalam menyusun tulang, sendi, dan kesehatan kulit.

Karena hal tersebut, bagi seseorang yang mengalami masalah pada bagian tulang atau sedang dalam masa pemulihan tulang akibat suatu kecelakaan, sangatlah direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah blackberry ini.

9. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat buah blackberry terakhir dari Yumin kali ini adalah dapat menjaga kesehatan mulut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 dan dilansir dari Healthline, buah blackberry yang telah diekstraksi memiliki kemampuan untuk menjadi antibakteri dan anti inflamasi atau peradangan terhadap beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit mulut.

Buah blackberry yang telah diekstraksi ini juga dapat mencegah dan mengendalikan penyakit gusi dan gigi berlubang, namun untuk kedua hal ini masih sedang dalam penelitian lebih lanjut oleh para ahli.

Konsumsi Buah Blackberry dalam Bentuk Permen Yupi Bolicious, Pasti Bikin Hepi!
Konsumsi Buah Blackberry dalam Bentuk Permen Yupi Bolicious, Pasti Bikin Hepi!

Setelah mengetahui berbagai macam hal tentang buah blackberry mulai dari kandungan dan gizi buah blackberry, serta beberapa manfaat dari buah blackberry, maka untuk mendapatkan beberapa manfaat tersebut, ada cari mudah Yumin yang bisa Yupiers lakukan setiap harinya.

Cara mudah untuk mendapatkan berbagai manfaat dari buah blackberry adalah dengan mengkonsumsi Yupi Bolicious Blackberry. 

Yupi Bolicious Blackberry adalah salah satu varian permen Yupi dengan rasa buah Blackberry yang lezat dengan bentuk seperti bola yang kenyal, dan memiliki rasa asam serta manis.

Yupi Bolicious Blackberry ini juga dilapisi lapisan transparan yang merupakan gelatin halal dan bisa dikonsumsi.

Perlu Yupiers ketahui juga, Yupi Bolicious Blackberry mengandung 20% jus buah blackberry. Karena hal tersebut, tentunya kandungan Vitamin C di dalamnya tidak perlu diragukan lagi.

Untuk mendapatkan Yupi Bolicious Blackberry ini, Yupiers dapat membeli dalam dua kemasan, yaitu kemasan pouch premium seberat 40 gram dengan 8 butir Yupi Bolicious Blackberry didalamnya, atau kemasan kotak Yupi Bolicious Blackberry yang berisi beberapa Yupi Bolicious Blackberry pouch di dalamnya.

Itulah beberapa informasi tentang buah blackberry dari Yumin kali ini, semoga informasi tentang buah blackberry dari Yumin ini bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile