cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Manfaat Mengajarkan Anak Berenang Untuk Fisik & Mental

Yupiers, apakah si kecil di rumah senang bermain air? Jika iya kegiatan tersebut dapat menjadi manfaat buat si kecil loh. Salah satunya yaitu dengan mengenalkan kegiatan berenang, apalagi manfaat mengajarkan anak berenang sangat bagus bagi perkembangan anak.

Berenang merupakan salah satu olahraga untuk menggerakkan, mengapungkan, maupun mengangkat semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Jika kamu sering mengajarkan anak berenang, hal itu akan menambah kesenangan pada anak.

Manfaat Berenang Bagi Anak

Bila anak belum bisa berenang, maka dari itu kamu harus mengajarkan sedari dini karena hal itu sangat bermanfaat bagi anak. Bahkan berenang sangat dianjurkan bagi anak yang masih kecil. Lantas, apa saja manfaat berenang bagi anak?

1. Melatih Anak Percaya Diri

Manfaat berenang salah satunya adalah untuk melatih anak menjadi percaya diri. Perlu diketahui bahwa berenang merupakan salah satu olahraga yang memerlukan keseimbangan tubuh saat berada di dalam air.

Namun, ketika sang anak berhasil menguasai gerakan renang dengan gaya yang ringan sekalipun, hal tersebut dapat membuat anak lebih percaya diri dengan kemampuannya.

Dengan melatih anak lebih percaya diri, maka sang anak otomatis memiliki kontrol diri yang baik, keinginan belajar dan sukses akan lebih besar, dan anak dapat menyesuaikan diri pada situasi yang berbeda-beda.

2. Anak Lebih Sehat Secara Mental

Untuk apa kita mengajari anak belajar berenang? Selain berenang menjadikan anak sehat secara fisik, manfaat mengajarkan anak berenang secara rutin akan dapat meningkatkan kesehatan secara mental. Hal itu terjadi karena adanya aktivitas fisik yang menyenangkan sang anak.

Hormon endorfin akan lepas yang nantinya membuat anak lebih bahagia. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dapat meredakan stres yang terjadi pada anak.

3. Kualitas Tidur Lebih Baik

Dengan melakukan aktivitas berenang, tidak heran jika anak lebih lahap saat makan dan tidur lebih nyenyak. Hal itu dikarenakan banyak energi yang dikeluarkan pada saat melakukan aktivitas tersebut.

Baca Juga : Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Tidur

4. Mempercepat Perkembangan Otak Anak

Riset menunjukkan bahwa berenang dapat mempercepat tahapan perkembangan kognitif sang anak seperti berpikir, belajar, serta mengingat suatu hal.

Tidak hanya itu, anak yang melakukan kegiatan berenang sejak dini akan memiliki kemampuan membaca dan dapat memahami sesuatu dengan cepat.  

5. Mempererat Hubungan Orang Tua Dan Anak

Perlu kamu ketahui bahwa berenang tidak hanya bermanfaat bagi anak saja, tetapi juga untuk kamu para orang tua.

Karena dalam melakukan aktivitas tersebut, kamu akan selalu menjaga dan mengawasi anak agar tetap aman. Dengan begitu hubungan antara orang tua dan anak akan semakin erat.

Berenang Dapat Menyehatkan Organ Tubuh Apa Saja?

Selain mempunyai manfaat secara psikis, berenang juga sangat bermanfaat bagi organ tubuh sang anak loh.

Aktivitas yang dilakukan anak akan mempengaruhi kerja sistem organ didalam tubuh. Lantas, apa saja manfaat belajar berenang bagi organ tubuh anak?

1. Melatih Kerja Otot

Manfaat yang secara nyata dapat dirasakan adalah apabila anak melakukan kegiatan berenang yang pastinya melakukannya di dalam air, maka sang anak akan mengeluarkan tenaga yang lebih besar untuk melawan air.

Anak akan menggerakkan otot untuk melakukan sebuah gerakan demi gerakan. Hal tersebut pastinya sangat membantu perkembangan otot dan membuat anak lebih kuat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Salah satu manfaat penting berenang bagi anak adalah dapat mempengaruhi sistem kardiovaskulernya. Hal itu berarti kesehatan jantung dan paru-paru anak menjadi lebih kuat.

Pernyataan tersebut tentunya dibuktikan oleh para peneliti yang mengatakan bahwa berenang dapat mengurangi risiko kematian. Berenang dapat membantu menurunkan denyut jantung saat beristirahat dan pernafasan yang baik.

3. Mencegah Obesitas

Seperti yang kita ketahui, bahwa obesitas pada anak sangat rawan dan mudah terjadi apabila tidak melakukan kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Apabila anak telah mengalami obesitas, maka fleksibilitas mereka dalam melakukan aktivitas fisik akan berkurang.

Untuk itu, berenang sangat bermanfaat bagi anak untuk mencegah terjadinya obesitas. Tidak hanya itu, berenang juga dapat meningkatkan stamina tubuh dan membuat postur tubuh semakin baik.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Perlu kamu ketahui, aktivitas renang bermanfaat untuk menjaga dan menyehatkan sistem pencernaan. Mengapa hal itu dapat terjadi? Karena ketika anak melakukan aktivitas berenang, seluruh anggota tubuh menjadi sangat aktif dalam pergerakan.

Dengan aktifnya seluruh anggota tubuh seperti tangan, kaki, kepala, maka tidak heran bahwa berenang dapat menyehatkan sistem pencernaan.

5. Bagus Pada Anak Penderita Asma

Seperti kita ketahui bahwa berenang memerlukan latihan pernafasan agar dapat bertahan di dalam air. Maka dari itu, berenang menjadi aktifitas bagus bagi anak yang sedang menderita asma.

Dengan melatih pernafasan, maka anak akan memperluas kapasitas paru-paru dan akan mendapatkan kendali terhadap pernafasannya.

Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan aktivitas berenang.

Baca Juga : Apa itu Musim Pancaroba? Ini Tips Sehat Dengan Yupi CDZ

Pengenalan Air Wajib Dilakukan Sebelum Berenang

Pada saat pertama kali belajar berenang apa yang harus dilakukan? Yaitu melakukan pengenalan.

Jadi, apabila anak takut untuk berenang, kamu juga bisa melakukan pengenalan air terlebih dahulu kepada anak. Pengenalan air adalah sebuah latihan dasar atau kegiatan sebelum melakukan gaya renang.

Tujuan Pengenalan Air Sebelum Berenang

Apa tujuan pengenalan air bagi anak yang belajar berenang? tujuan dari pengenalan air dalam renang adalah sebagai berikut :

  • Mengenalkan gerakan dasar, sikap, dan keamanan pada saat di dalam air sebelum melakukan renang.
  • Membiasakan anak untuk bergerak dalam air.
  • Melatih anak bagaimana cara masuk ke air, daya apung yang baik, dan keseimbangan tubuh anak.
  • Menanamkan jiwa keberanian sang anak terhadap kolam air renang.
  • Memberikan pemahaman dasar lewat permainan atau gerakan yang sesuai.
  • Mengetahui dan memahami peraturan selama berada di kolam renang.

Diatas kita sudah mengetahui beberapa tujuan mengapa sebelum berenang kita harus melakukan pengenalan air. Selanjutnya ada beberapa cara mengajari anak belajar berenang dan juga melatih keberanian anak di air. Penasaran bagaimana caranya? Simak di part selanjutnya dibawah ini!

Contoh Pengenalan Air Pada Anak

Bagaimana cara melatih keberanian di air? Berikut ini adalah beberapa contoh pengenalan air pada anak agar terbiasa dan berani pada saat berada di kolam renang.

  • Masuk kedalam kolam

Sesuai dengan usia anak, anak akan mulai masuk kolam dengan cara melalui tangga dengan hati-hati. Saat belajar berenang sebaiknya di kolam yang tingginya tidak melebihi tinggi badan anak.

  • Menjaga keseimbangan

Anak juga akan dilatih mengenai keseimbangan yang pas saat berada di kolam renang.

  • Melatih teknik pernapasan

Teknik pernapasan pada saat berenang harus dikuasai dengan baik agar anak bisa bertahan di air dengan waktu yang lama. Itulah sebabnya mengapa teknik pernapasan renang penting untuk dikuasai.

Anak akan melakukan teknik mengambil napas, yang dimulai atas permukaan air sampai saat harus menyelam dengan cara yang berbeda dan berhati-hati. 

  • Menggerakkan tangan dan kaki

Salah satu bentuk pengenalan air yang penting yaitu menggerakkan tangan dan kaki pada saat berada didalam air. Hal tersebut merupakan sebuah fondasi kuat yang harus dipelajari sebelum melakukan gaya renang.

  • Mengapung

Sebelum menguasai gaya dalam renang perlu berlatih gerak dasar seperti mengapung. Keberanian anak memang berbeda-beda, tetapi teknik kali ini menjadi penting yang harus dikuasai anak dalam mengapung dengan punggung diatas maupun dibawah.

Disamping kegiatan berenang yang membuat anak cepat lelah dan meningkatkan nafsu makan, Yupi Gummy memberikan rekomendasi kamu untuk memberikan anak cemilan sehat untuk temani waktu berenang.

Yupi merupakan salah satu makanan yang aman, sehat, dan pastinya halal untuk dikonsumsi. Banyak varian rasa dan bentuk dari produk yupi yang membuat sang anak lebih senang sambil belajar. Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu sudah bisa memberikan makanan sehat.

Nah, itulah beberapa manfaat mengajarkan anak berenang. Semoga bisa bermanfaat untuk Yupiers, ya. Selamat belajar berenang bersama anak!