menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan Tubuh dan Psikologis

Sayuran adalah kelompok makanan yang berasal dari bagian tanaman, seperti akar, batang, daun, bunga, buah, atau biji, yang biasanya dikonsumsi sebagai bagian utama atau pelengkap dalam makanan manusia. 

Dilansir dari Medical News Today, mengkonsumsi sayuran setiap hari penting untuk kesehatan. Sayuran menyediakan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya, seperti antioksidan dan serat.

Fungsi utama sayuran dalam kesehatan manusia mencakup memberikan nutrisi esensial untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu dalam mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. 

Selain itu, konsumsi sayuran dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, mengatur tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi. 

Dengan variasi jenis sayuran yang beragam, seperti sayuran hijau, wortel, tomat, dan kacang-kacangan, memasukkan berbagai jenis sayuran dalam pola makan sehari-hari dapat membantu memastikan penerimaan nutrisi yang seimbang dan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, kali ini Yumin akan berbagi wawasan mengenai 10 manfaat sayuran untuk kesehatan tubuh dan psikologis. Simak baik-baik, ya!

1. Stimulasi Kekebalan dan Perlawanan terhadap Penyakit

Sistem kekebalan tubuh bekerja untuk mengenali ancaman seperti bakteri dan virus guna menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. 

Dilansir dari salah satu jurnal penelitian berjudul "Effects of fruit and vegetable consumption on inflammatory biomarkers and immune cell populations: a systematic literature review and meta-analysis" mengenai efek mengonsumsi buah dan sayuran, ketika mengonsumsi sayuran yang kaya nutrisi, hal ini dapat memberikan dukungan pada sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih efektif melawan potensi penyakit atau infeksi. 

Beberapa jenis sayuran yang sangat mendukung kekebalan termasuk sayuran hijau tua, seperti bayam dan kale, serta sayuran akar berwarna cerah, seperti wortel dan bit. Sayuran-sayuran ini dapat memberikan kontribusi besar dalam mencegah penyakit dan menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh.

Kekurangan nutrisi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. 

Oleh karena itu, dengan memasukkan berbagai jenis sayuran dalam pola makan sehari-hari, Yupiers dapat membantu menjamin asupan nutrisi yang cukup dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

2. Peningkatan Fungsi Pencernaan Usus

Kesehatan saluran pencernaan sangat penting bagi kesehatan secara menyeluruh. Sebagian besar saraf dalam tubuh terhubung ke saluran pencernaan, yang berarti bahwa kesehatan saluran pencernaan memengaruhi lebih dari sekadar proses pencernaan yang sebenarnya. 

Sebuah studi berjudul "Gut microbiota’s effect on mental health: The gut-brain axis" mengonfirmasi bahwa meningkatkan konsumsi sayuran kaya nutrisi dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mendorong penyerapan nutrisi yang lebih baik dari makanan Anda

Dikatakan bahwa sayuran memberikan manfaat bagi pencernaan saluran pencernaan karena mengandung serat, yang mendorong gerakan usus yang sehat dengan membantu tubuh mencerna makanan.

Sayuran akar dan sayuran hijau daun kaya akan vitamin dan mineral yang mungkin membantu memberi nutrisi bagi bakteri sehat yang ada dalam saluran pencernaan juga dikenal sebagai mikrobioma saluran pencernaan.

Meningkatkan asupan sayuran yang kaya nutrisi dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mendorong penyerapan nutrisi yang lebih baik dari makanan.

3. Mengurangi Risiko Sakit Jantung dan Stroke

Sayuran kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan beta karoten, mereka dapat membantu melindungi sel-sel kamu dari kerusakan dan menjaga kesehatan tubuh kamu secara seluler.

Dalam sebuah penelitian yang berjudul "Intakes of Vegetables and Fruits are Negatively Correlated with Risk of Stroke in Iran," disebutkan bahwa karena kandungan nutrisi seperti vitamin C dan beta karoten, sayuran dapat berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan menjaga tingkat kesehatan sel. 

Penelitian ini menemukan bahwa menerapkan pola makan dengan asupan tinggi sayuran dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit jantung, kondisi kronis yang semakin umum pada usia

4. Membantu Mengelola Berat Badan

Dilansir dari UCF Health, mengganti makanan olahan dengan makanan utuh berkualitas tinggi seperti sayuran dapat meningkatkan gaya hidup sehat dan menjaga berat badan, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kualitas hidup. 

Semakin banyak mengonsumsi sayuran dibandingkan makanan rendah nutrisi, semakin baik pola makan kamu tentunya. Sayuran kebanyakan rendah kalori dan lemak, bahkan yang tinggi kalori tetap bermanfaat karena kaya nutrisi.

Sayuran membantu merasa kenyang lebih lama dan memuaskan rasa lapar, bukan hanya sebagai pengisi sementara seperti camilan tidak sehat lainnya, yang pada akhirnya mendukung penurunan berat badan. 

Memakan sayuran memungkinkan konsumsi lebih banyak dengan menjaga jumlah kalori rendah, memberikan manfaat positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Energi bagi Tubuh

Manfaat sayuran yang selanjutnya adalah meningkatkan energi bagi tubuh. Merasa lelah dan kelelahan dapat menyebabkan ketidaknyamanan besar dalam kehidupan. Dilansir dari jurnal National Sleep Foundation lebih dari 40% dewasa mengalami kesulitan merasa lelah sepanjang hari. 

Mengkonsumsi banyak sayuran hijau tua, seperti kale, bayam, collard greens, dan Swiss chard, membantu menyediakan tubuh kamu dengan zat besi, magnesium, dan vitamin B, yang semuanya membantu menjaga tingkat energi yang tepat.

Zat besi membantu membawa darah ke seluruh tubuh dan menjaga oksigenasi. Oksigenasi yang tepat membantu kewaspadaan dan fokus mental. Magnesium memiliki banyak fungsi, dan mungkin membantu mendukung pola tidur yang sehat. Vitamin B membantu sel-sel mengubah bahan bakar menjadi energi.

Jika Yupiers merasa lesu sepanjang hari, mungkin karena tidak mendapatkan cukup sayuran dalam diet. Yupiers dapat memulai untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran untuk mendapatkan energi alami yang benar-benar dapat bertahan sepanjang hari. 

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Makan sayuran yang tepat secara rutin dapat memberikan kontribusi positif pada kesehatan mata kamu, membantu menjaga ketajaman penglihatan dan mengurangi kemungkinan membutuhkan kacamata korektif. 

Beberapa contoh sayuran yang mendukung kesehatan mata meliputi kale, bayam, collard greens, dan wortel. Nutrisi seperti lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam sayuran-sayuran tersebut telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung semakin umum di masyarakat dewasa ini. Mengonsumsi sayuran adalah salah satu kebiasaan harian yang paling penting untuk menjaga kesehatan yang baik. 

Dilansir dari UCF Health, sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya, sambil tetap rendah kalori dan lemak, manfaatnya bagi tubuh sangat beragam, termasuk dalam mengurangi peradangan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengkonsumsi berbagai jenis sayuran setiap hari, tubuh dapat tetap sehat, sehingga risiko terkena penyakit kronis seperti hipertensi menjadi lebih rendah. 

Selain itu, mengonsumsi sayuran dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran hijau, dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko resistensi insulin, yang merupakan tahap awal dari diabetes tipe 2.

8. Mendorong Penuaan yang Sehat

Semua orang tahu bahwa segalanya mulai berubah seiring bertambahnya usia. Banyak orang bisa merasakan perubahan tersebut, baik itu dalam bentuk penurunan energi atau rasa sakit dan pegal yang muncul secara rutin. 

Maka dari itu, mengonsumsi sayuran sehat dapat membantu tubuh tetap bugar seiring bertambahnya usia dengan menyediakan nutrisi lengkap dan semua vitamin, mineral, serta antioksidan yang dibutuhkan.

9. Meningkatkan Asupan Serat dan Nutrisi Alami

Sayuran merupakan makanan utuh, yang berarti tumbuh dari tanah dan kaya akan nutrisi. Mengonsumsi sayuran secara alami meningkatkan asupan nutrisi dan vitamin, mengurangi kebutuhan untuk mengkonsumsi suplemen dan vitamin tambahan. 

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam sayuran mencakup vitamin, mineral, antioksidan, fitokimia, dan serat pangan. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Yupiers dapat mengonsumsi wortel, brokoli, bayam, hingga kentang untuk memberikan tubuh asupan sayuran yang kaya akan nutrisi.

10. Dapat Memberi Dampak Positif untuk Lingkungan

Diet berbasis tanaman lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan diet yang melibatkan produk hewani seperti daging dan produk susu.

Hal ini disebabkan oleh dampak negatif industri pertanian pada lingkungan, termasuk penggunaan lahan alami dan peningkatan emisi gas rumah kaca. 

Mengonsumsi lebih banyak sayuran dapat mengurangi jumlah limbah, karena sayuran umumnya memiliki kemasan yang lebih sedikit dan umur simpan yang baik.

Jika kamu mengganti makanan kemasan dengan sayuran, semakin sedikit kemasan plastik sekali pakai yang akan digunakan. Pilihan untuk membuat lebih banyak hidangan berbasis tanaman, daripada yang berfokus pada produk hewani atau daging, dapat membantu mengurangi jejak karbon kamu.

Mengapa kita perlu makan sayuran setiap hari?

Dilansir dari salah satu jurnal di United States Department of Agriculture, mengonsumsi makanan seperti sayuran yang rendah kalori daripada makanan lain yang tinggi kalori mungkin berguna untuk membantu mengurangi asupan kalori. Sayuran menyediakan nutrisi yang penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuh kamu, seperti vitamin A dan C, serat, folat, dan kalium.

Maka dari itu, sayuran adalah salah satu asupan yang perlu kita konsumsi setiap hari.

Berapa kali anjuran Makan Sayur dalam Sehari?

Dilansir dari Healthline, dalam hal berapa banyak porsi sayuran yang sebaiknya dikonsumsi, sebagian besar penelitian mencatat bahwa manfaat terbesar terjadi ketika orang mengonsumsi 3-4 porsi per hari.

Yupiers juga bisa mengkonsumsi sayuran dalam berbagai bentuk, baik yang dibeli di toko, beku, kaleng, atau dijadikan jus, meskipun sayuran segar yang baru dipetik tetap menjadi opsi terbaik.

Kapan waktu yang tepat makan sayur?

Kamu bisa menambahkan sayuran (dan buah-buahan) ke dalam menu sarapan. Nutrisi yang kamu dapatkan menjadi tambahan untuk kesehatan, tetapi mengkonsumsi produk-produk ini di pagi hari juga dapat membantu kamu menjaga berat badan yang sehat karena serat yang terdapat dalam banyak buah dan sayuran akan membuat kamu kenyang lebih lama, membuat kamu merasa puas.

Maka dari itu, kamu dapat mengonsumsi sayuran di pagi hari, untuk menunjang energi yang kamu butuhkan untuk menjalani hari. Namun tidak ada salahnya juga jika kamu mengonsumsi sayuran di sore dan malam hari.

Apa yang Terjadi jika Kita Tidak Makan Sayur?

Kekurangan konsumsi sayuran dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting, meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan gangguan kesehatan lainnya. Sayuran juga berperan dalam menjaga pencernaan dan mengontrol berat badan.

Sayuran apa saja yang mengandung protein tinggi?

Beberapa macam sayuran yang tinggi protein termasuk brokoli, kacang-kacangan, bayam, kacang kedelai, dan quinoa.

Bagaimana Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Sehat?

Ada cara memilih sayuran yang baik dan sehat untuk asupan nutrisi kamu, yang pertama, pilih sayuran segar dengan warna yang cerah, hindari yang terlalu lembek atau bengkok. Pastikan untuk mencuci sayuran dengan baik sebelum dimasak atau dikonsumsi untuk menghilangkan residu pestisida dan kotoran.

Dengan memiliki sayuran yang segar dan sehat, kamu dapat membuat makanan untuk keluarga dirumah yang penuh nutrisi ataupun memberikan bekal 4 sehat 5 sempurna yang baik untuk anak-anak.

Maka dari itu, berdasarkan beberapa penjelasan diatas, sayuran adalah asupan yang perlu kamu konsumsi setiap harinya karena mengandung berbagai nutrisi dan mampu membantu mengurangi risiko berbagai penyakit.

Kamu juga dapat memilih Yupi Bolicious Mango sebagai salah satu asupan buah-buahan untuk disantap bersama sayuran lain. Yupi Bolicious Mango adalah permen jeli yang lezat dan bernutrisi yang berbahan baku utama buah mangga.

Semoga bermanfaat, ya!

Home Our Story Events Games Profile