cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Yuk Kenali Materi Pelajaran Untuk Anak TK yang Perlu Diajarkan

Masa sekolah TK adalah salah satu masa tumbuh kembang anak yang sangat penting dalam hidup anak-anak. Dalam memasuki usia sekolah pertama mereka ini, ada beberapa materi pelajaran untuk anak TK yang bisa Yupiers bantu ajarkan selama anak-anak berada di rumah.

Dengan mengetahui apa saja pelajaran anak TK yang bisa Yupiers ajarkan kepada anak-anak, hal tersebut akan membantu anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Namun hal yang paling penting adalah mengajari mereka dengan cara belajar yang efektif dan menyenangkan.

Selama masa sekolah TK anak-anak juga nantinya akan mempelajari berbagai macam hal yang akan bermanfaat bagi masa depan mereka. Apa saja materi pelajaran anak TK yang perlu untuk diajarkan? Simak informasi pentingnya tersebut hanya dari Yupi berikut ini.

Macam-Macam Materi Pelajaran Anak TK A & B

Berikut ini adalah beberapa materi pelajaran anak TK A maupun TK B yang bisa Yupiers bantu untuk ajarkan kepada anak-anak.

1. Mengenal Huruf

Pelajaran yang cocok diajarkan untuk anak TK yang pertama adalah belajar untuk mengenal huruf. Anak-anak usia sekolah TK akan mengenal berbagai macam huruf, yang nantinya akan terus berlanjut sampai ke tahap kata dan kalimat.

Untuk membantu proses belajar ini, Yupiers bisa mengajak anak-anak untuk membaca bersama di rumah. 

Kegiatan ini akan membuat proses belajar mengenal huruf menjadi lebih maksimal. Selain itu juga bisa untuk meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak, konsentrasi, fokus serta menambah kosa kata yang diketahui anak-anak.

Untuk membantu proses belajar ini, ada berbagai cara efektif mengajari anak membaca untuk awal mengenal huruf yang bisa Yupiers coba dan salah satunya adalah dengan menggunakan buku belajar.

2. Belajar Menulis

Selain mengenal huruf dan membaca, belajar menulis juga merupakan salah satu pelajaran anak TK yang bisa Yupiers ajarkan kepada mereka. Pada saat anak-anak di sekolah, mereka akan belajar menulis beberapa kata-kata sederhana.

Menulis juga akan membantu anak-anak dalam mengenal huruf dan membaca. Untuk proses belajar yang satu ini, Yupiers juga bisa membantu mereka dengan berbagai cara.

Beberapa cara mengajarkan anak menulis adalah seperti dengan menghubungkan titik atau garis, berlatih menulis nama, dan masih banyak lagi.

3. Belajar Berhitung dan Mengenal Angka

Selain mengenal huruf, anak-anak usia TK juga akan belajar tentang angka dan cara untuk berhitung. Berhitung juga merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan bagi masa depan anak-anak.

Pada usia TK, tentunya anak-anak akan mulai belajar dari perhitungan sederhana dan akan semakin meningkat seiring dengan usia dan jenjang sekolah mereka.

Yupiers dapat membantu mengajari pelajaran anak TK ini di rumah dengan berbagai macam cara. Beberapa cara untuk mengajari anak berhitung adalah seperti menghitung makanan, menghitung mainan, melalui lagu atau video, dan masih banyak lagi cara lainnya.

4. Mengenal Bentuk dan Benda

Mengenal bentuk dan benda juga merupakan salah satu materi pelajaran anak TK yang Yupiers bisa bantu ajarkan kepada mereka. Mereka akan mengenal berbagai macam bentuk dimulai dari bentuk sederhana seperti lingkaran, segitiga, kotak dan masih banyak lagi.

Dalam memperkenalkan bentuk dan benda ini, Yupiers bisa mengajak anak-anak dengan berbagai macam kegiatan kreatif untuk anak TK seperti menyusun benda sesuai dengan bentuk dan warna, bernyanyi, menari, bermain peran, serta masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Mengenal bentuk juga akan semakin menyenangkan dengan berbagai produk permen Yupi seperti Yupi Gummy Lunch yang memiliki bentuk seperti makan, Yupi Little Star yang memiliki bentuk seperti bintang dan berbagai produk lainnya dengan rasa enak dan tentu kenyalnya bikin hepi, lho!

5. Mengenal Waktu

Mengenal waktu ternyata juga merupakan salah satu pelajaran anak TK yang mereka terima saat bersekolah. Meskipun untuk memperkenalkan waktu dan musim ini cukup sulit, namun Yupiers tetap dapat membantu mereka.

Yupiers dapat membantu mereka dengan cara memperkenalkan waktu dalam kegiatan sehari-hari mereka seperti memberitahu mereka jam berapa mereka akan berangkat sekolah, jam berapa mereka akan makan, dan masih banyak lagi.

6. Sains

Sains atau ilmu pengetahuan alam bisa menjadi pelajaran anak TK paling menarik untuk mereka. Melalui sains, anak-anak akan mempelajari tentang tumbuhan, hewan, kesehatan, cuaca, tubuh mereka dan masih banyak lagi melalui panca indera mereka.

Pelajaran sains ini akan lebih mudah untuk diingat oleh anak-anak jika dilakukan dengan cara bereksperimen. Hal tersebut karena biasanya anak-anak akan takjub dan terkesan dengan hasil eksperimen sains yang mereka lihat serta lakukan.

Dalam melakukan pelajaran sains ini untuk mengenal berbagai macam jenis hewan, Yupiers juga bisa menggunakan Yupi School Of Fish atau Yupi Sea World yang memiliki bentuk seperti hewan laut yang menarik untuk anak-anak.

7. Bersosialisasi

Pelajaran anak TK yang terakhir akan dibahas oleh Yupi adalah pelajaran bersosialisasi. Pelajaran bersosialisasi tentunya sangat penting bagi masa depan anak-anak.

Pada awal pelajaran ini, akan dimulai pada diri anak-anak dan lingkungan sekitar mereka seperti keluarga. Beberapa hal yang dipelajari pada tahap ini adalah seperti alamat, nomor telepon rumah, nama orang tua dan berbagai macam hal tentang diri mereka.

Setelah itu pelajaran akan berlanjut pada beberapa hal yang lebih luas seperti budaya, lingkungan sampai dengan komunitas tertentu.

Baca Juga : Bangun Interaksi Sosial Si Kecil Lewat Bekal Untuk Teman Tercinta

Anak TK Harus Bisa Apa? Apa Harus Sudah Bisa Membaca & Menulis?

Informasi atau pertanyaan yang sering diterima orang tua saat anak memasuki usia TK adalah apakah anak TK harus bisa membaca dan menulis?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh anak-anak sebelum memasuki sekolah TK, beberapa kemampuan tersebut adalah seperti:

  1. Mampu mengikuti aturan sederhana.
  2. Mau berinteraksi dengan orang lain atau teman sebaya.
  3. Tahu cara menggunakan alat tulis.
  4. Mampu mempertahankan fokus atau perhatian dalam waktu sekitar 4 menit.
  5. Tahu alamat rumah dan nomor telpon rumah.
  6. Mampu atau lulus training toilet.

Jika anak-anak sudah memiliki beberapa kemampuan tersebut, maka anak sudah siap untuk memasuki sekolah TK. Namun jika anak belum memiliki beberapa kemampuan tersebut, maka sangat penting bagi Yupiers untuk mulai mengajarkan dan melatih beberapa kemampuan tersebut.

Lalu apakah anak harus bisa membaca dan menulis? Dilansir dari Media Indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini atau Ditjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Dikmas-Kemendikbud mengatakan bahwa anak-anak janganlah dipaksakan untuk dapat membaca, menulis dan berhitung atau calistung.

Pendekatan yang paling tepat untuk anak usia tersebut adalah dengan pendekatan pra-literasi dan pra-membaca.

Setiap anak memiliki kemampuan dan kecerdasan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. 

Kecerdasan pada anak pada dasarnya adalah 8 kecerdasan, yaitu linguistik, logika dan matematika, intrapersonal, interpersonal, musik, spasial, kinetik serta naturalis.

Sangat penting sebagai orang tua yang baik, Yupiers dapat mendukung kecerdasan anak sesuai dengan kemampuannya dan tidak terpaku pada satu kecerdasan saja.

Jika anak dipaksakan pada suatu kecerdasan yang kurang dia miliki, maka dikhawatirkan akan menutup kecerdasan lainnya yang menonjol pada anak tersebut.

Memaksakan anak-anak untuk dapat membaca, menulis dan berhitung pada usia yang terlalu dini juga dikhawatirkan akan menurunkan kemampuan kognitif mereka saat mereka memasuki usia sekolah dasar pada kelas 3 atau 4 SD. 

Usia yang paling tepat untuk benar-benar memulai mengajarkan anak-anak membaca, menulis dan berhitung adalah pada usia 6 tahun atau pada tingkat satu sekolah dasar.

Cara Mengajar Pelajaran Anak TK, Orang Tua Wajib Tahu!

Bagaimana cara mengajar pelajaran anak TK? Ada beberapa tips cara mengajarkan pelajaran anak TK yang wajib Yupiers ketahui. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut, antara lain :

  • Ajarkan anak untuk aktif menggerakan tangannya.
  • Biarkan anak belajar apa yang mereka sukai.
  • Ajarkan anak dengan menggunakan warna-warna yang menarik.
  • Berikan contoh kepada anak-anak.
  • Siapkan berbagai macam mainan yang edukatif.
  • Bacakan pelajaran anak-anak.
  • Jangan lupakan pelajaran sosial.
  • Lebih mendekatkan anak pada buku.
  • Kenalkan anak pada huruf.
  • Ajari cara membaca suku kata.
  • Ajari anak membaca kata secara utuh.
  • Jangan memaksakan anak-anak.
  • Konsisten dalam mengajari anak-anak.
  • Bermain permainan tulis dan baca.
  • Tempelkan kertas bacaan di rumah.
  • Banyak berbicara dengan anak-anak.
  • Gunakan buku bacaan yang ringan.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik dan Disukai Anak

Itulah beberapa informasi tentang pelajaran apa saja untuk anak TK yang bisa diajarkan oleh Yupiers. Untuk mendukung pertumbuhan anak-anak haruslah Yupiers lakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak memaksakan mereka, kecerdasan setiap anak juga berbeda antara satu dengan yang lainnya serta sangat penting untuk terus mendukung mereka. Semoga informasi dari Yupi tersebut bermanfaat untuk Yupiers.