menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Rekomendasi Buku Untuk Remaja yang Seru & Menambah Wawasan

Usia remaja sangat tepat untuk memperluas wawasan. Salah satunya yaitu dengan membaca buku. Nah, bagi kamu yang penasaran rekomendasi buku untuk remaja yang seru dan juga menambah wawasan, simak informasi lengkapnya dibawah ini, ya!

Membaca adalah salah satu kegiatan yang sangat penting bagi semua orang, terutama bagi anak-anak dan remaja. Bagi remaja, melalui buku yang dibaca akan mendapatkan banyak manfaat yang akan dipelajari.

Beberapa manfaat membaca buku bagi remaja adalah sebagai berikut.

  1. Menambah wawasan.
  2. Memperkaya sudut pandang.
  3. Mengatasi depresi dan stres.
  4. Meningkatkan kemampuan berbahasa. 
  5. Mengurangi waktu bermain gadget.
  6. Meningkatkan kemampuan melakukan analisa.
  7. Meningkatkan rasa ingin tahu terhadap hal yang positif.
  8. Meningkatkan keterampilan menulis.
  9. Meningkatkan kesehatan.
  10. Menghibur diri.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan, masih ada banyak lagi manfaat membaca buku bagi remaja.

Bagi Yupiers yang sedang mencari rekomendasi buku untuk remaja, kali ini Yumin akan memberikan beberapa rekomendasi buku terbaik yang bisa segera dibaca, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Buku Apa yang Cocok Untuk Remaja? Ketahui Jenis-Jenisnya Dulu!

Sebelum mengetahui beberapa rekomendasi buku untuk remaja dari Yumin kali ini, Yupiers perlu mengetahui beberapa jenis buku yang akan dibahas kali ini. Berikut ini adalah beberapa jenis buku tersebut.

Fiksi

Jenis rekomendasi buku untuk remaja yang pertama akan dibahas oleh Yumin kali ini adalah buku fiksi. Buku fiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan imajinasi dari penulisnya. 

Buku fiksi sering kali tidak terkait dengan dunia nyata atau fakta, sekalipun ada beberapa hal yang terkait dengan dunia nyata atau fakta, namun tetap isinya akan lebih banyak berdasarkan imajinasi penulisnya. 

Beberapa jenis buku fiksi adalah seperti cerpen, novel  dongeng, komik yang kemudian diangkat menjadi anime, dan masih banyak lagi. 

Buku dengan jenis ini memiliki beberapa kelebihan seperti dapat mengajak pembacanya masuk ke dalam dunia imajinatif, menyajikan cerita yang menarik, seringkali berisi nilai-nilai moral, dan tentu saja dapat menghibur pembacanya.

Baca Juga : 
8 Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur yang Lucu & Edukatif

Non-Fiksi

Jenis rekomendasi buku untuk remaja yang kedua dari Yumin kali ini adalah buku non-fiksi. Sesuai dengan namanya, jenis buku ini adalah buku yang berkebalikan dari buku fiksi.

Jenis buku non-fiksi adalah buku yang berisi fakta, kejadian yang benar-benar terjadi di dunia nyata, dan dapat dipertanggung jawabkan tentang kenyataannya.

Buku non-fiksi ini memiliki beberapa ciri-ciri. Ciri-ciri buku non-fiksi adalah menggunakan bahasa yang formal atau resmi, tegas atau tidak berbelit-belit, disampaikan secara faktual, berbentuk tulisan ilmiah, dan sering kali menyajikan penemuan baru atau menyempurnakan penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Adapun beberapa kelebihan jenis buku non-fiksi ini adalah sering dijadikan sumber referensi, lebih informatif, dapat meningkatkan minat dan kualitas bacaan seseorang, memiliki masa edar yang lebih lama, memiliki nilai royalti yang lebih tinggi serta tidak dibatasi oleh kurikulum.

Biografi

Jenis rekomendasi buku untuk remaja yang terakhir dari Yumin kali ini adalah buku biografi. Jenis buku biografi adalah buku yang menceritakan kisah atau kehidupan seseorang.

Tidak hanya sekedar berisi informasi umum seperti tanggal lahir, tempat kelahiran dan pekerjaan seseorang, buku biografi juga bercerita tentang pengalaman dan kisah hidup seseorang serta bagaimana perasaan orang dalam buku biografi tersebut menjalani kehidupannya.

Adapun beberapa ciri dari buku biografi ini, beberapa ciri buku biografi adalah berisi fakta atau kejadian asli seseorang, diceritakan dalam bentuk narasi, terdapat kisah yang menginspiratif dari orang yang diceritakan, dan dapat memotivasi serta menjadi teladan Yupiers.

Kelebihan dari buku biografi adalah Yupiers dapat lebih menghargai proses, belajar tentang kehidupan dari tokoh atau orang diceritakan dalam buku biografi, dapat menjadi bahan evaluasi diri sendiri, dapat membangun kepercayaan diri, dapat meningkatkan kemampuan berempati, dan mengajarkan cara berpikir yang kritis. 

Rekomendasi Buku Remaja Seru, Menarik & Menambah Wawasan

Setelah mengetahui beberapa jenis rekomendasi buku untuk remaja, berikut ini adalah beberapa judul buku yang dapat Yupiers baca berdasarkan jenis.

Buku Fiksi Untuk Remaja

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku fiksi untuk remaja yang bisa Yupiers baca.

1. Harry Potter

Rekomendasi buku fiksi untuk remaja yang pertama dari Yumin adalah buku Harry Potter. Kisah petualangan Harry Potter sudah sangat terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Buku fiksi Harry Potter buku fiksi dengan tujuh seri karya penulis J.K. Rowling.

Kisah Harry Potter dan beberapa orang temannya adalah kisah petualangan yang menceritakan mereka sebagai murid dari sebuah sekolah sihir yang terkenal melawan penyihir jahat yang berupaya menguasai dunia.

Buku fiksi kisah Harry Potter pertama kali terbit pada 30 Juni 1997 dengan judul Harry Potter and The Philosopher’s Stone. Sementara untuk seri terakhirnya rilis pada 14 Juli 2007 dengan judul Harry Potter and The Deathly Hallows.

2. Bulan Karya Tere Liye

Rekomendasi buku fiksi untuk remaja yang kedua adalah buku dengan judul Bulan karya Tere Liye. Buku ini termasuk dalam jenis novel yang merupakan serial lanjutan dari novel Bintang dalam serial Bumi.

Novel kedua dari serial Bumi karya Tere Liye yang berjudul Bulan ini menceritakan petualangan tiga sekawan yang bernama Ali, Seli dan Raib. Mereka dibawa oleh Miss Selena dan Av untuk melakukan diplomasi di Klan Matahari dengan tujuan membuka portal atau gerbang yang sudah tertutup selama ribuan tahun.

Novel ini akan bisa memberikan nilai-nilai persahabatan, rasa kemanusiaan, kerendahan hati, nilai perjuangan untuk mendapatkan sesuatu, dan kegigihan. Selain itu juga, novel ini memuat nilai edukatif terhadap ilmu pengetahuan seperti pada bidang fisika dan bidang biologi.

3. The Chronicles of Narnia

Rekomendasi buku fiksi untuk remaja yang selanjutnya dari Yumin kali ini adalah salah satu buku novel fiksi yang juga cukup terkenal di dunia, yaitu novel series The Chronicles of Narnia karya C.S. Lewis. Karena sangat terkenal, kisah novel fiksi ini juga sudah diangkat dalam film.

Novel fiksi ini terdiri dari 7 buku, yang ditulis dari tahun 1950 sampai 1956. Buku ini menceritakan beberapa anak-anak laki-laki dan perempuan yang memasuki dunia penuh sihir Narnia dengan pemimpinnya yang bernama Aslan, seekor singa besar serta bijak, berperang melawan kejahatan.

Buku Non Fiksi Untuk Remaja

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku non fiksi untuk remaja yang bisa Yupiers baca.

1. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Rekomendasi buku non fiksi untuk remaja pertama dari Yumin kali ini adalah sebuah buku yang sudah cukup terkenal, yaitu buku yang berjudul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson.

Buku ini adalah buku yang sangat baik untuk Yupiers, karena melalui buku ini, Yupiers akan belajar tentang bagaimana menentukan prioritas, mengubah sudut pandang Yupiers terhadap sebuah masalah agar bisa menjadi lebih produktif.

2. Kamu Gak Sendiri

Rekomendasi buku non fiksi untuk remaja kedua dari Yumin kali ini adalah buku dengan judul Kamu Gak Sendiri karya Syahid Muhammad yang terbit pada tahun 2019. Melalui buku ini, Yupiers akan mengajarkan Yupiers bagaimana cara mengatasi rasa khawatir yang Yupiers rasakan. 

Buku dengan tebal 340 halaman ini, juga akan berisi beberapa quotes atau pesan-pesan yang sangat baik untuk meningkatkan diri Yupiers.

3. Filosofi Teras

Rekomendasi buku non fiksi untuk remaja selanjutnya dari Yumin adalah buku dengan judul Filosofi Teras karya Henry Manampiring. Buku ini adalah buku yang dimana pesan-pesannya dapat diaplikasikan dalam kehidupan modern.

Dalam buku ini, Yupiers dapat meningkatkan diri dan kemampuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, menjaga dan mengatur emosi Yupiers, serta mengurangi overthinking.

Buku Biografi Remaja Untuk Self Improvement 

Rekomendasi buku untuk remaja yang terakhir dari Yumin kali ini adalah beberapa buku biografi yang bisa Yupiers baca untuk memperkaya diri atau self improvement, berikut ini adalah beberapa buku tersebut.

1. Becoming Michelle Obama

Rekomendasi buku biografi untuk self improvement pertama dari Yumin kali ini adalah buku biografi Michelle Obama. Yupiers tentunya mengetahui bahwa Michelle Obama adalah ibu negara dan juga istri dari mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama.  

Melalui buku biografi ini, Yupiers akan lebih mengetahui bagaimana pemikiran seorang mantan ibu negara yang sangat disukai oleh penduduk Amerika Serikat.

2. Steve Jobs

Rekomendasi buku biografi untuk self improvement kedua dari Yumin adalah buku salah satu tokoh yang terkenal saat ini, yaitu Steve Jobs. Buku biografi Steve Jobs ini ditulis oleh seorang penulis yang bernama Walter Isaac.

Melalui buku ini, Walter Isaac menuliskan kisah lengkap kehidupan Steve Jobs yang merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam kemajuan teknologi saat ini.

3. Biografi Gus Dur

Rekomendasi buku biografi untuk self improvement terakhir dari Yumin adalah buku biografi dari salah satu tokoh yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu mantan presiden Indonesia yaitu Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan nama Gus Dur.

Buku biografi Gus Dur ini merupakan salah satu buku yang sangat laris di dunia dan juga tersedia dalam dua bahasa.

Itulah beberapa buku untuk remaja yang bisa segera Yupiers baca untuk mengisi waktu dan  mendapatkan manfaat dalam setiap bukunya. 

Membaca buku tentunya merupakan aktivitas positif yang bisa Yupiers lakukan untuk mengisi waktu luang. Agar aktivitas ini semakin menyenangkan, tentunya Yupiers bisa membaca buku sambil menikmati cemilan lezat dari Yupi.

Semoga informasi tentang rekomendasi buku untuk remaja dari Yumin kali ini dapat bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile