menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

11 Rekomendasi Buku Belajar Membaca Anak TK dan SD, Terbaik!

Membaca adalah salah satu hal dasar yang harus dipelajari anak-anak demi masa depan mereka, baik untuk masa remaja mereka, termasuk saat mereka dewasa. Untuk meningkatkan dan melatih kemampuan membaca pada anak-anak, maka sebagai orang tua yang baik, Yupiers harus mengetahui beberapa rekomendasi buku belajar membaca yang bagus dan efektif untuk mereka.

Apa sajakah rekomendasi buku belajar membaca yang bagus dan efektif tersebut? Simak informasi dari Yumin berikut ini ya.

Rekomendasi Buku Belajar Membaca Untuk Anak TK-SD, Dijamin Langsung Bisa!

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku belajar membaca yang bagus dan efektif untuk anak-anak dengan usia TK sampai SD.

1. Ayo, Belajar Membaca AIUEO
buku ayo belajar membaca aiueo

Rekomendasi buku belajar membaca yang pertama dari Yumin adalah buku dengan judul Ayo, Belajar Membaca AIUEO. Buku belajar membaca yang satu ini bisa menjadi pedoman Yupiers untuk membimbing anak-anak untuk belajar, sekalipun anak-anak belum memiliki kemampuan dasar membaca sama sekali.

Dalam buku ini, akan diawali dengan semua suku kata, kemudian berlanjut dengan merangkai suku kata tersebut hingga menjadi kata dan kemudian menjadi sebuah kalimat. Selain itu juga, dalam buku juga terdapat latihan menulis yang juga sangat penting bagi anak-anak.

2. Pintar Membaca AIUEO

Rekomendasi buku belajar membaca yang kedua dari Yumin buku dengan judul Pintar Membaca AIUEO. Buku ini adalah buku yang memiliki halaman, dan terbit pada tahun 2019 lalu oleh Bhuana Ilmu.

Dalam buku ini, anak-anak akan belajar membaca tanpa perlu harus mengeja. Buku belajar membaca satu ini juga dilengkapi dengan berbagai gambar yang menarik dan dapat membuat anak-anak semakin bersemangat untuk belajar membaca.

3. Metode 1 Jam Pintar Membaca Tanpa Dieja
buku Metode 1 Jam Pintar Membaca Tanpa Dieja

Selama anak-anak belajar membaca, agar anak-anak dapat membaca dengan baik, tentunya membutuhkan waktu yang tidaklah singkat. Salah satu rekomendasi buku belajar dari Yumin berikut ini mungkin pilihan yang tepat untuk mempersingkat waktu proses belajar membaca anak-anak.

Buku dengan judul Metode 1 Jam Pintar Membaca Tanpa Dieja ini telah dilengkapi pelatihan suku kata, permainan kata, hingga latihan membaca singkat dan menyenangkan bagi anak-anak. Dengan membaca buku ini 1 jam setiap harinya, maka anak-anak akan semakin mahir dalam membaca.

4. Jago Membaca Tanpa Mengeja

Rekomendasi buku belajar membaca yang selanjutnya dari Yumin adalah buku dengan berjudul Jago Membaca Tanpa Mengeja. Buku yang ditulis oleh Chyntia Monica ini sangat cocok untuk anak-anak yang memasuki usia sekolah TK, PAUD, dan Sekolah Dasar.

Selain menghadirkan bacaan yang menarik, buku Jago Membaca Tanpa Mengeja ini juga dilengkapi dengan gambar dan warna yang bisa daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Baca Juga : Yuk Belajar Metode Jarimatika, Cara Berhitung Cepat Dengan 10 Jari

5. Membaca, Menulis, Menghitung, Mewarnai
buku Membaca, Menulis, Menghitung, Mewarnai

Meskipun membaca sangat penting bagi anak-anak, Yupiers tentunya juga tidak boleh melupakan beberapa kemampuan dasar lainnya yang harus dikuasai oleh anak-anak, yaitu menulis dan menghitung, serta bisa juga ditambah dengan mewarnai.

Untuk melatih semua hal tersebut, maka buku dengan judul Membaca, Menulis, Menghitung, Mewarnai ini sangat tepat untuk Yupiers pilih.

Buku dengan isi 64 halaman ini juga berisi tantangan bagi anak-anak untuk menyelesaikan teka-teki sambil belajar. Selain itu juga, buku ini menjadi pilihan yang tepat untuk melatih kemampuan anak-anak untuk belajar menyelesaikan masalah.

6. Belajar Membaca dan Menulis Huruf Kecil

Membaca dan menulis sebuah huruf, terdapat huruf besar dan huruf kecil. Untuk melatih anak-anak agar dapat mengenali dan mengetahui tentang berbagi huruf besar serta huruf kecil tersebut, maka buku dengan berjudul Belajar Membaca dan Menulis Huruf Kecil ini sangat cocok untuk Yupiers pilih.

Buku dengan jumlah 48 halaman ini cocok untuk anak-anak dengan usia sekolah PAUD, karena melalui buku ini, anak-anak akan belajar berbagai huruf kecil, dari A sampai Z. Tidak hanya membaca, dalam buku ini juga terdapat panduan bagaimana menulis berbagai huruf tersebut.

7. Calistung Plus Siap Masuk SD
buku Calistung Plus Siap Masuk SD

Bagi Yupiers yang memiliki anak-anak dengan usia yang akan memasuki usia Sekolah Dasar atau SD, maka buku berjudul Calistung Plus Siap Masuk SD ini sangatlah Yupiers butuhkan untuk membantu anak-anak dalam proses membaca, menulis dan berhitung mereka.

Melalui buku yang tersusun dari 144 halaman ini, Yupiers akan lebih mudah untuk memahami persiapan perkembangan anak-anak dalam menyerap materi pelajaran mereka saat mereka memasuki tingkat Sekolah Dasar atau SD.

8. Membaca Menyenangkan Ala Montessori

Rekomendasi buku belajar membaca selanjutnya dari Yumin adalah buku berjudul Membaca Menyenangkan Ala Montessori. Melalui buku ini, anak-anak akan lebih mudah untuk mengenal tentang berbagai kata a, i, u, e, dan o.

Selain itu juga, terdiri dari beberapa seri, dan pada setiap serinya, dilengkapi dengan berbagai gambar yang menarik sehingga akan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak.

9. Buku Belajar Membaca Si Bocan: Buku Belajar Baca Cepat Bisa
Buku Belajar Membaca Si Bocan Buku Belajar Baca Cepat Bisa

Rekomendasi buku belajar membaca berikutnya dari Yumin adalah buku berjudul Buku Belajar Membaca si Bocan: Buku Belajar Baca Cepat Bisa. Buku yang diterbitkan oleh Kubus Media CV pada tahun 2021 lalu ini, dapat membantu anak-anak untuk mengenal huruf dan alfabet sebagai bagian dari proses belajar mereka.

Tidak hanya belajar membaca, anak-anak juga akan belajar sambil bermain melalui permainan tracing huruf, mengenal warna, bentuk, dan berbagai macam hal lainnya. Buku ini juga dikemas dengan lengkap untuk anak auditori, visual dan kinestetik.

Baca Juga : 
10 Kumpulan Cerpen Anak Singkat, Lucu & Edukatif [Terbaru]

10. 60 Jam Pintar Baca Tanpa Dieja

Rekomendasi buku belajar selanjutnya dari Yumin adalah buku berjudul 60 Jam Pintar Baca Tanpa Dieja karangan Yuliani Yusuf. Buku ini dikatakan bisa membantu anak-anak dalam proses belajar membaca mereka dengan jangka waktu belajar 10 menit setiap harinya.

Agar anak-anak tidak cepat bosan dalam proses belajar membaca mereka, buku ini juga dilengkapi dengan gambar dan warna-warna yang dapat menarik perhatian anak-anak.

11. Bercerita Sambil Asyik Belajar Membaca
buku bercerita sambil asyik belajar membaca

Rekomendasi buku belajar terakhir dari Yumin kali ini adalah buku yang berjudul Bercerita Sambil Asyik Membaca. Buku yang ditulis oleh Stella Ernes ini memiliki tiga tokoh utama di dalamnya, yaitu Sasa Semangka, Jeje Jeruk, dan Bebe Strawberry. 

Dalam buku ini bercerita tentang ketiga toko tersebut yang kesulitan membaca kertas petunjuk pemberian Mama Anggur untuk menuju rumah Bibi Nanas, dan anak-anak Yupiers akan diajak membantu mereka bertiga dalam buku ini.

Nantinya juga, anak-anak akan mempelajari banyak hal dari buku ini, mulai dari membaca suku kata tanpa akhiran atau dengan akhiran, huruf vokal, huruf konsonan dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa rekomendasi buku belajar membaca untuk anak-anak yang akan membantu Yupiers dalam mengajarkan anak-anak untuk membaca. 

Belajar membaca termasuk salah satu kegiatan yang akan membosankan untuk anak-anak. Namun, Yupiers dapat mengatasinya, Yupiers dapat memberikan beberapa camilan dari Yupi seperti Yupi Gummy permen candy Strawberry Kiss, Yupi Gummy Breakfast, dan masih banyak lagi camilan sehat dan enak dari Yupi lainnya.

Semoga informasi tentang beberapa rekomendasi buku belajar membaca dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile