cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

7 Cara Belajar Menulis Anak TK, Ampuh dan Efektif!

Menulis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang saat ini termasuk anak-anak. Kemampuan menulis ini biasanya akan dapat dilatih saat anak memasuki usia TK. Karena hal tersebut, sangat penting bagi Yupiers untuk mengetahui beberapa cara belajar menulis anak TK yang tepat bagi mereka.

Apabila anak-anak kurang memiliki kemampuan dalam menulis, akan ada beberapa permasalahan yang bisa timbul dan mempengaruhi masa depan mereka.

Beberapa permasalahan tersebut adalah seperti tidak menyelesaikan tugas, sulit untuk belajar, dan tidak dapat menjawab soal-soal latihan atau pertanyaan dalam bentuk tulisan sekalipun mereka dapat menjawab hal tersebut secara verbal atau ucapan.

Karena hal ini sangat penting bagi anak-anak, kali ini Yupi akan membahas beberapa hal tentang menulis termasuk cara belajar latihan menulis yang ampuh dan efektif, simak informasinya berikut ini.

Baca Juga : Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan yang Perlu Dicoba

Apakah Anak TK Harus Bisa Menulis?

Apakah anak TK harus bisa menulis? Apa saja yang diajarkan pada anak TK? Pertanyaan tersebut mungkin sering terlintas di pikiran banyak orang tua termasuk Yupiers.

Berdasarkan pernyataan dari Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud, Harris Iskandar, anak-anak usia TK sebaiknya jangan dipaksakan untuk membaca, menulis dan berhitung. Anak-anak pada usia TK, sebaiknya sebaiknya diajarkan untuk membaca, menulis dan berhitung dengan melalui pendekatan praliterasi dan pra membaca.

Setiap anak pasti memiliki kecerdasannya masing-masing. Pada dasarnya setiap anak akan memiliki satu atau beberapa jenis kecerdasan dasar yang bisa mereka miliki.

Beberapa kecerdasan dasar tersebut adalah kecerdasan kinestetik, musik, spasial, logika, matematika, intrapersonal dan naturalis.

Terlalu memaksakan anak-anak untuk bisa membaca, menulis dan berhitung pada usia terlalu dini akan bisa berdampak negatif pada mereka.

Beberapa dampak negatif tersebut adalah seperti menurunnya kemampuan kognitif anak saat memasuki masa sekolah dasar pada saat kelas 3 SD atau 4 SD, dapat merusak mental mereka dan juga bisa menjadi pemborosan bagi Yupiers.

Bagaimana Cara Mengajari Anak TK Menulis?
mengajarkan-anak-menulis

Untuk mengajari anak TK menulis, ada beberapa cara belajar menulis anak TK A maupun TK B yang efektif dan bisa Yupiers lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara tersebut:

1. Menghubungkan Titik atau Garis

Bagaimana cara kita melatih menulis kepada anak? Langkah awal belajar menulis yang pertama adalah dengan menghubungkan titik atau garis.

Cara ini merupakan cara paling dasar, sering dilakukan oleh banyak orang tua, dan banyak terdapat pada beberapa buku yang mengajarkan anak-anak tentang cara menulis.

Cara ini dapat dilakukan oleh anak-anak dengan menghubungkan antara satu titik atau garis dengan titik atau garis yang lainnya sehingga membentuk sebuah huruf atau angka. Titik atau garis tersebut akan menjadi panduan anak-anak dalam menulis.

Cara ini juga dapat memberikan beberapa manfaat seperti melatih sel saraf, memperkuat cengkraman tangan saat menulis dan melatih tangan anak-anak agar terbiasa untuk menulis.

2. Belajar Mengeja

Setelah anak-anak mulai terbiasa untuk membentuk berbagai macam huruf, Yupiers dapat melanjutkan dengan cara mengajarkan anak-anak untuk mengeja kata.

Pada saat latihan membaca dan mengeja, Yupiers sebaiknya tidak memberikan kata-kata yang rumit untuk anak TK.

Yupiers dapat mengajarkan cara mengeja beberapa kata-kata yang sederhana seperti nama benda atau hewan.

Baca Juga : Inilah Kebiasaan dan Cara Agar Pintar dengan Mudah

3. Berlatih Menulis Nama

Setelah anak terbiasa atau mengenal berbagai huruf dan juga mengeja kata-kata, Yupiers dapat memulai mengajarkan bagaimana cara menulis nama mereka.

Untuk hal ini, Yupiers dapat memberikan contoh terlebih dahulu kepada mereka. Pada awalnya mereka mungkin hanya dapat menulis beberapa huruf saja, namun seiring dengan berkembangnya waktu dan sering melakukan latihan, dengan sendirinya anak-anak akan bisa menulis nama mereka sendiri dengan lancar.

4. Menulis Kalimat

Selain menuliskan nama sendiri, Yupiers juga sudah bisa mengajarkan anak-anak untuk menuliskan beberapa kalimat yang sederhana. Pada tahap ini, Yupiers juga sudah bisa memperkenal beberapa hal tentang menulis.

Beberapa hal tersebut adalah seperti kapan menggunakan huruf kapital dan juga beberapa tanda baca, dan bagaimana cara dan maksud dari sebuah tanda baca.

5. Pilih Topik yang Menyenangkan

Selain beberapa hal dasar tentang cara belajar menulis anak TK pada beberapa poin sebelumnya, ada juga beberapa hal yang perlu Yupiers perhatikan. Hal tersebut adalah seperti memilih topik yang menyenangkan bagi anak-anak.

Beberapa topik yang menyenangkan adalah seperti tentang diri mereka sendiri, keluarga, lingkungan, beberapa hal yang mereka sukai dan apa yang menjadi bakat anak-anak tersebut. Jika anak-anak terus menulis tentang hal yang sama, maka hal ini sebaiknya Yupiers tetap dukung karena dapat membangun kepercayaan diri mereka.

6. Menggunakan Media Lainnya

Menulis sesuatu tidak harus selalu di sebuah kerta, modul, atau buku belajar menulis anak TK. Hal ini bertujuan agar anak-anak tidak merasa bosan dalam proses belajar mereka.

Beberapa media lainnya tersebut adalah seperti papan tulis, pasir, dan sampai gadget dengan beberapa aplikasi yang membantu mereka belajar menulis. Sangat penting juga bagi Yupiers mengawasi penggunaan gadget kepada anak-anak.

Selain itu juga Yupiers dapat mengajarkan cara menulis dengan berangan-angan atau di udara dengan jari. Hal ini akan membantu mereka membayangkan seperti apa huruf yang akan mereka tulis, cara mengucapkan huruf tersebut, meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak.

7. Tunjukan Antusiasme dan Support

Hal penting terakhir yang harus Yupiers lakukan adalah menunjukan antusiasme dan support terhadap proses belajar menulis anak-anak. Kedua hal tersebut dapat dipercaya meningkatkan motivasi anak-anak dan membuat mereka lebih bersemangat dalam proses belajar menulis.

Beberapa bentuk antusiasme dan support dalam proses belajar menulis bagi anak-anak ini adalah seperti memberikan tepuk tangan, pujian, sampai hadiah berupa makan ringan dari Yupi seperti Yupi Dino Land, Yupi Sea World, Yupi Aquarium, Yupi Milly Moos, dan masih banyak lagi. 

Selain lezat dan bergizi, beberapa produk makanan Yupi tersebut juga memiliki bentuk seperti hewan yang menarik dan dapat menjadi media Yupiers untuk memperkenalkan berbagai bentuk hewan serta anak-anak dapat belajar bagaimana cara menuliskan nama hewan tersebut.

Waktu Terbaik Mengajari Anak Menulis

Waktu terbaik untuk mengajari anak menulis adalah saat sebelum memasuki sekolah dasar atau di bawah 6 tahun. Sebelum mulai belajar menulis, Yupiers harus memperhatikan bahwa anak-anak sudah memiliki beberapa kemampuan dasar yang diperlukan untuk menulis.

Beberapa kemampuan dasar tersebut adalah seperti memiliki kemampuan motorik halus seperti menggunakan pensil atau pulpen, memahami bahwa huruf bisa dirangkai menjadi sebuah kata, kemampuan mengorganisasi huruf, mengenal kosakata dan cara mengucapkannya, serta kemampuan mengingat apa yang mereka pelajari.

Jika anak-anak sudah berusia 3 sampai 4  tahun dan memiliki beberapa kemampuan dasar tersebut, maka Yupiers sudah bisa mulai mengajarkan menulis ke anak-anak dengan metode praliterasi.

Beberapa metode praliterasi adalah seperti mengajarkan anak untuk mengetahui banyak hal melalui bermain seperti bermain permainan umpan balik atau berbicara dan memperkenalkan banyak kosa kata pada anak-anak, membacakan buku, melalui budaya daerah, dan juga berdasarkan apa yang menjadi hobi anak tersebut.

Saat anak-anak memasuki usia TK, Yupiers dapat mencoba beberapa cara mengajarkan anak menulis pada poin sebelumnya. Namun hal ini tidak bisa menjadi patokan untuk diterapkan pada semua anak-anak.

Jika anak-anak memiliki kemampuan lebih cepat daripada usia yang seharusnya, maka tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak-anak menulis sebelum masuk usia TK.

Hal tersebut bahkan bisa menjadi pertanda bahwa mereka memiliki skill dan bakat bagi mereka. Hal terpenting adalah terus memperhatikan pertumbuhan anak-anak.

Manfaat Menulis Bagi Anak

Setelah mengetahui mengetahui tentang beberapa cara belajar menulis anak TK dan kapan waktu terbaik untuk mengajarkannya, menulis juga bisa memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat dari menulis tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Membantu melatih koordinasi tangan dan mata.
  2. Membantu anak-anak mengekspresikan apa yang ada dipikirannya.
  3. Meningkatkan kepercayaan diri anak.
  4. Meningkatkan intelegensi atau kemampuan berpikir anak-anak.
  5. Meningkatkan daya ingat anak-anak.
  6. Meningkatkan kreativitas anak-anak.
  7. Berlatih memecahkan masalah, dan
  8. Mengihindari disgrafia atau kesulitan menyusun huruf menjadi kata-kata

Itulah beberapa informasi penting mengenai cara dan langkah belajar menulis anak-anak untuk usia TK. Mulai dari latihan menulis, waktu yang tepat untuk mengajari anak menulis dan beberapa manfaat menulis.