menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Apa itu Hari Valentine? Inilah Kado Spesial Untuk Orang Tersayang

Hari Valentine merupakan salah satu hari perayaan yang terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Lantas apa itu hari valentine? Hari Valentine adalah hari mengucapkan kasih sayang dengan memberikan sesuatu kepada orang-orang yang mereka sayang, misalnya seperti sepasang kekasih, sahabat, orangtua, hingga kepada anaknya.

Mungkin sebagian dari Yupiers tidak mengetahui beberapa manfaat dari perayaan Hari Valentine ini. Beberapa manfaat perayaan hari kasih sayang ini adalah sebagai berikut. 

  1. Memperkuat suatu hubungan.
  2. Menghargai kehadiran seseorang.
  3. Menurunkan tingkat stres.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Menurunkan tingkat risiko serangan jantung.
  6. Membuat terlihat awet muda.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Hari Valentine sangat identik dengan sesuatu yang diberikan kepada pasangan atau orang tersayang yaitu berupa kado. 

Jika Yupiers ingin memberikan kado untuk pasangan pada saat Hari Valentine, kali ini Yupi akan memberikan beberapa rekomendasi ide kado valentine untuk orang tersayang. Simak informasi selengkapnya tentang Hari Valentine beserta rekomendasi kado dari Yupi berikut ini.

Mengenal Arti Hari Valentine dan Kisah Sejarahnya

Sebelum mengetahui beberapa rekomendasi ide kado Hari Valentine, sebaiknya Yupiers mengetahui terlebih dahulu arti valentine dan kisah sejarahnya.

Jika berbicara tentang sejarah atau legenda Hari Valentine sendiri ada cukup banyak versinya. Seperti yang dilansir dari Britannica.com, Hari Valentine ini berasal dari seorang pendeta yang bernama Valentine.

Pendeta ini menentang perintah kaisar pada saat itu dengan diam-diam menikahkan pasangan mudah demi menyelamatkan para pria muda dari perang. Karena kisah ini, Hari Valentine identik dengan hari cinta atau hari kasih sayang.

Ada juga kisah sejarah lainnya dari Hari Valentine. Sejarah lainnya juga mengatakan dahulu kala ada seseorang yang bernama Valentine yang dibunuh karena berusaha membantu orang Kristen melarikan diri dari penjara Romawi.

Sejarah ini mengatakan bahwa Valentine jatuh cinta kepada seorang gadis muda yang sering mengunjunginya selama dia di penjara. Sebelum kematiannya, Valentine menuliskan surat untuk gadis muda yang dia cintai dengan mengatakan “From your Valentine”.

Karena kisah yang kedua ini, Hari Valentine juga identik dengan pemberian ucapan melalui tulisan seperti dalam surat, kartu atau yang lainnya.

Dari beberapa kisah tersebut, dapat disimpulkan bahwa Hari Valentine adalh hari yang indentik dengan berbagai cinta dan kasih sayang. Berbagai cinta dan kasih sayang ini juga menjadi salah satu filosofi permen Yupi yaitu spread joy.

Melalui filosofi tersebut hadirlah beberapa permen Yupi seperti Candy Strawberry Kiss, Yupi Strawberry Kiss, dan masih banyak lagi permen Yupi lainnya yang akan memberikan kebahagiaan bagi semua orang.

Kapan Hari Valentine Dirayakan? Dan Bagaimana Tradisinya?

Setelah mengetahui sedikit sejarah tentang Hari Valentine, apakah Yupiers sudah mengetahui kapan Hari Valentine dirayakan dan ternyata ada juga berbagai tradisi yang orang-orang lakukan di berbagai belahan dunia untuk merayakan Hari Valentine. 

Hari Valentine sendiri dirayakan setiap tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Tradisi Hari Valentine di berbagai negara juga berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Berikut ini adalah beberapa tradisi valentine di berbagai negara di dunia.

1. Jerman

Tradisi Hari Valentine di Jerman sangat unik. Orang dewasa di Jerman tidak menggunakan simbol hati untuk pada Hari Valentine. Orang dewasa di Jerman justru menggunakan simbol babi karena dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan gairah. 

Karena hal tersebut, perayaan Hari Valentine di Jerman akan identik dengan babi seperti kue berbentuk babi, figura babi dan masih banyak lagi.

2. Korea Selatan

Di Korea Selatan, perayaan Hari Valentine dilakukan dengan cara yang cukup unik. Dimana pada tanggal 14 Februari, wanita di Korea Selatan akan memberikan coklat kepada pria yang disukai atau pria yang dia sayang. 

Lalu sebulan setelahnya, yaitu pada tanggal 14 Maret, pria yang diberikan cokelat sebelumnya akan membalas dengan memberikan permen kepada wanita yang memberikannya coklat. Hari dimana pria membalas pemberian coklat dengan memberikan permen dari wanita yang menyukainya ini juga dikenal dengan White Day.

Lalu sebulan setelah itu, yaitu pada tanggal 14 Maret, bagi seseorang yang tidak mendapatkan jawaban atau permen dari orang yang telah diberikan coklat pada Hari Valentine atau tidak mendapatkan coklat di Hari Valentine akan merayakan Black Day dengan cara mengenakan pakaian hitam, memakan mie hitam atau yang lainnya yang identik dengan warna hitam.

3. Jepang

Tradisi Hari Valentine di Jepang hampir mirip dengan yang ada di Korea Selatan. Perbedaanya adalah wanita di Jepang akan memberikan dua jenis coklat, yaitu Choco Giri untuk sahabat atau kolega kerja, dan Honmei Choco untuk orang yang disukai atau pasangannya.

Setelahnya, akan berlanjut pada perayaan White Day seperti di Korea Selatan atau bisa juga berakhir dengan perayaan Black Day seperti di Korea Selatan.

4. Paris, Prancis

Jika berbicara tentang Hari Valentine yang identik dengan kasih sayang dan hal romantis, tentu akan banyak orang yang langsung teringat tentang Paris, Perancis yang terkenal sebagai kota romantis di dunia.

Perayaan Hari Valentine di Paris, Perancis biasa dilakukan dengan cara menaruh gembok yang sudah bertuliskan nama dari masing-masing pasangan di jembatan Pont des Arts lalu kunci gembok tersebut akan dibuang di Sungai Seine.

Namun tradisi ini sejak 2015 sudah tidak dilakukan karena gembok dari jembatan tersebut dihilangkan. Sebagai gantinya, orang-orang di Paris, Perancis menggunakan jembatan lain yang tersedia.

Selain gembok tersebut, Hari Valentine di Paris, Perancis juga dilakukan dengan bertukar surat cinta yang dinamakan juga dengan cartes d’amities.

5. Denmark

Tradisi Hari Valentine terakhir yang akan dibahas oleh Yupi adalah tradisi Hari Valentine dari negara Denmark. Jika biasanya Hari Valentine identik dengan mawar yang merupakan simbol cinta, di Denmark perayaan Hari Valentine identik dengan bunga salju atau snowdrops.

Selain bunga, pria di Denmark juga akan memberikan puisi kepada pasangannya dan akan bagian berupa titik-titik yang diisi oleh orang yang menerima puisi ini. Jika orang tersebut bisa mengisi dengan benar, maka orang tersebut akan menerima telur paskah sebagai hadiahnya.

Baca Juga : 10 Ide Kado Untuk Anak Perempuan Usia 3-10 Tahun

Ide Kado Valentine yang Berkesan Untuk Orang Tersayang

Setelah mengetahui banyak hal tentang Hari Valentine, lantas apa yang harus di lakukan di Hari Valentine? Salah satunya yaitu dengan memberikan kado yang berkesan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kado Hari Valentine terbaik dari Yupi.

1. Yupiness Love Bouquet
Ide Kado Valentine yang Berkesan Untuk Orang Tersayang

Rekomendasi kado Hari Valentine terbaik yang pertama adalah Yupiness Love Bouquet. Yupiness Love Bouquet adalah bouquet yang terdiri dari permen yupi yang telah dihias dengan sangat cantik dan pasti orang yang menerimanya akan merasa dirinya sangat spesial bagi Yupiers.

Membuat Yupiness Love Bouquet tidaklah sulit, Yupiers bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan berbagai bahan yang mudah untuk didapatkan dan digunakan.

2. Parfum
kado parfum valentine

Rekomendasi kado Hari Valentine yang kedua adalah parfum. Parfum identik dengan kasih sayang dan pastinya ketika Yupiers memberikan kado parfum ini, orang yang menerimanya akan menggunakannya dengan senang hati.

Untuk memberikan kado parfum ini, Yupiers bisa wangi seperti apa yang disukai oleh pasangan Yupiers. Selain itu juga Yupiers bisa memberikan parfum berdasarkan aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh pasangan. 

3. Produk Perawatan Wajah
produk perawatan wajah

Rekomendasi kado Hari Valentine yang selanjutnya adalah berbagai macam produk produk perawatan wajah. Produk perawatan wajah ada banyak sekali jenisnya, mulai dari facewash, skincare, sun block, dan masih banyak lagi.

Yupiers dapat mencari paket perawatan wajah yang berisi banyak produk sekaligus di situs jual beli di Indonesia. Memberikan paket produk perawatan wajah di Hari Valentine juga bisa menjadi bentuk kasih sayang dan kepedulian Yupiers terhadap pasangan. 

4. Album Berisi Foto
album foto

Foto merupakan suatu hal yang sangat spesial bagi banyak orang karena pastinya akan memiliki cerita dan sejarahnya tersendiri. Karena hal tersebut, memberikan pasangan album foto yang berisi foto Yupiers dan pasangan pastinya akan menjadi hal yang memiliki kesan tersendiri. 

Setelah memberikan kado Hari Valentine berupa album foto Yupiers dan pasangan ini, Yupiers dan pasangan bisa menghabiskan banyak waktu berdua untuk memandangi foto dan bercerita tentang  kenangan Yupiers dan pasangan melalui foto tersebut.

5. Coklat
Coklat valentine

Hari Valentine pasti sangat identik dengan coklat. Pastinya akan ada banyak orang yang menggunakan coklat sebagai kado untuk pasangannya pada Hari Valentine. Karena hal tersebut, Yupiers bisa mengemas cokelat ini dengan berbagai hiasan yang akan membuat kado cokelat ini menjadi semakin berkesan.

Agar lebih mudah melakukan hal tersebut, Yupiers bisa membeli paket cokelat yang telah dihias dengan sedemikian rupa di situs jual beli di Indonesia.

Baca Juga : Kreasi Coklat Batang Dengan Yupi Gummy Untuk Camilan

6. Pakaian atau Sepatu
kado

Ide kado Hari Valentine yang berikutnya adalah pakaian atau sepatu. Pakaian akan sepatu adalah dua hal yang pasti akan digunakan oleh seseorang termasuk pasangan Yupiers. Karena hal tersebut, kedua barang ini tentunya selalu bisa menjadi kado yang bermanfaat bagi penerimanya termasuk pada saat Hari Valentine. 

Yupiers dapat memberikan pakaian atau sepatu akan membuat pasangan tampil lebih menarik terlebih jika pakaian atau sepatu tersebut adalah barang yang diinginkan oleh pasangan.

Memberikan pakaian atau sepatu ini juga cocok untuk Yupiers dan pasangan yang memiliki love language receiving gift atau love language act of services.

7. Menghabiskan Waktu Bersama
Menghabiskan Waktu Bersama

Ide kado Hari Valentine yang terakhir dari Yupi kali ini adalah menghabiskan waktu bersama pasangan. Menghabiskan waktu bersama pasangan mungkin menjadi hal yang sangat umum dan bisa dilakukan kapan saja.

Namun, kado ini akan menjadi sangat bermakna karena dilakukan pada saat Hari Valentine yang akan semakin menunjukan rasa kasih sayang Yupiers kepada pasangan. 

Selain itu juga, kado satu ini akan sangat bermakna jika dalam kurun waktu kebelakang Yupiers dan pasangan sangat sibuk sehingga tidak banyak memiliki waktu berdua.

Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan atau keluarga bisa beragam aktivitasnya. Mulai dari menonton film di bioskop, mengunjungi tempat wisata, memasak bersama, pergi ke museum untuk melakukan museum date, pergi menikmati restoran atau tempat makan yang ingin dikunjungi dan masih banyak lagi.

Menghabiskan waktu bersama pasangan ini juga sangat cocok jika Yupiers dan pasangan yang memiliki love language quality time.

Itulah beberapa informasi tentang Hari Valentine dari Yupi yang perlu Yupiers ketahui. Semoga informasi dari Yupi tentang Hari Valentine ini dapat membantu Yupiers mendapatkan Hari Valentine yang terbaik.

Home Our Story Events Games Profile