menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Lezatnya Resep Mango Sticky Rice Dengan Yupi Bolicious Mango!

Mango Sticky Rice adalah hidangan penutup tradisional Thailand yang terdiri dari nasi ketan manis yang disajikan dengan mangga matang dan santan. Hidangan ini memiliki asal yang panjang dan kompleks, dan telah menjadi populer di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Mango Sticky Rice menjadi populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia dalam beberapa tahun terakhir karena beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah meningkatnya minat pada makanan Thailand. Faktor lainnya adalah kemudahan membuat hidangan ini. Mango Sticky Rice dapat dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, dan tidak memerlukan keterampilan memasak khusus.

Selain itu, hidangan ini juga bisa dibilang sebagai salah satu hidangan yang cukup bergizi karena bahan-bahannya adalah sumber gizi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi manusia. 

Ada banyak sekali manfaat buah mangga untuk kesehatan. Dilansir dari Healthline, mangga adalah buah yang mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan. Mangga juga merupakan sumber vitamin A, C, dan B6 yang baik.

Kombinasi mangga dengan nasi ketan semakin bergizi, mengingat nasi ketan memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Nasi ketan memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, serat, hingga mineral yang mampu mencukupi gizi manusia sehari-hari.

Oleh karena itu, kali ini Yumin akan berbagai resep Mango Sticky Rice kepada Yupiers agar kalian dapat membuat hidangan yang bergizi bagi keluarga dirumah. Simak baik-baik, ya!

Bahan-bahan membuat Mango Sticky Rice

Nah, berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang Yupiers perlukan untuk membuat Mango Sticky Rice di rumah. Jangan sampai terlewat, ya!

  • 1 buah mangga harum manis atau jenis mangga lain
  • 500 gram beras ketan
  • 400 ml santan (300 ml santan kara + 100 ml air)
  • 2 lembar daun pandan (untuk simpul)

Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat saus santan.

  • 250 ml santan encer (150 ml santan kara + 100 ml air)
  • 1 sdm tepung maizena
  • Garam (sejumput)
  • Gula pasir (secukupnya)

Cara membuat Mango Sticky Rice

Ini dia bagian yang paling ditunggu-tunggu, yakni cara membuat Mango Stick Rice yang lezat dan bergizi. Perhatikan baik-baik, ya setiap langkahnya!

  • Rendam beras ketan selama 3 jam setelah dicuci bersih. Setelah direndam, kukus beras selama sekitar 15 menit.
  • Sembari menunggu beras dikukus, masak santan dengan wajan sampai mendidih dan tambahkan pandan.
  • Setelah beras selesai dikukus, pindahkan beras yang sudah selesai dikukus ke wajan yang berisi santan, lalu aduk dengan api yang kecil hingga santan merata dan matang.
  • Kukus kembali beras hingga pulen.
  • Setelah selesai mengukus, buat saus santan dengan cara didihkan santan, lalu berikan gula dan garam secara perlahan.
  • Setelah itu, masukkan tepung maizena dan aduk sembari mencobanya, untuk mengatur rasa.
  • Matikan kompor, dan sajikan ketan dengan potongan mangga.
  • Siram dengan saus santan, lalu kalian sudah berhasil membuat Mango Sticky Rice untuk disantap bersama keluarga dirumah.

Biar makin enak, Mango Sticky Rice bisa ditambahkan topping Yupi Bolicious Mango, lho!
Yupi Bolicious Ripe Mango

Agar Mango Sticky Rice buatan Yupiers terasa lebih enak, kalian dapat menambahkan beberapa jenis topping di dalam resep Mango Sticky Rice. Topping-topping yang bisa kalian gunakan yakni seperti susu bubuk, susu kental manis, keju, durian, meses, hingga selai coklat.

Namun, jika Yupiers dirumah ingin topping yang anti-mainstream, kalian dapat menggunakan Yupi Bolicious Mango untuk topping Mango Sticky Rice yang sudah kalian buat. Yupi Bolicious Mango adalah salah satu varian terbaru dari Yupi yang memiliki kandungan 20% jus mangga.

Yupi Bolicious Mango tidak hanya memiliki rasa yang lezat, namun juga memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Varian Yupi yang satu ini tentunya dapat menjadi topping di Mango Sticky Rice yang sudah kalian buat tadi.

Dengan menggunakan topping Yupi Bolicious Mango, maka kalian akan mendapatkan kelezatan yang luar biasa dari Mango Sticky Rice beserta topping Yupi Bolicious Mango.

Apa manfaat Mango Sticky Rice?

Karena mango sticky rice terbuat dari bahan utamanya Mangga, maka mangga sendiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah diabetes, menunjang kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, hingga menjaga kesehatan mata, seperti dilansir dari Healthline

Lebih lanjut, mangga juga merupakan sumber antioksidan yang baik, terutama vitamin C, A, dan kaya akan serat.

Maka dari itu, mangga bisa dibilang sebagai buah penambah imun tubuh yang cukup mudah dicari.

Tidak hanya mangga, ketan yang menjadi bahan lain dari resep ini pun memiliki karbohidrat yang memberikan energi, mengandung serat makanan, yang baik untuk pencernaan.

Selain itu, beras ketan juga merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Hal ini didukung ole data dari Organic Facts yang menyebutkan bahwa ketan merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik dan dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Dalam 100 gram ketan, terdapat sekitar 21,9 gram karbohidrat.

Ketan juga mengandung protein dalam jumlah yang baik. Protein adalah aspek yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Dalam 100 gram ketan, terdapat sekitar 2,02 gram protein.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Mango Sticky Rice memiliki berbagai nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi kalian. Nutrisi ini datang dari bahan-bahan dasar seperti mangga dan beras ketan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, dan C, hingga serat yang baik. Maka dari itu, mangga dapat menjadi pilihan buah yang mengandung vitamin C tertinggi.

Berapa Kalori Mango Sticky Rice?

Mengutip dari Eat This Much, satu porsi Mango Sticky Rice sekitar 280 gram mengandung kalori sekitar 460 kkal. Selain itu, satu porsi Mango Sticky Rice juga mengandung sekitar 79 gram karbohidrat, hingga 6 gram protein.

Cukup bergizi bukan? Dengan berbagai kandungan yang ada di Mango Sticky Rice, tentunya hidangan ini dapat menjadi opsi makanan yang dapat kalian hidangkan kepada keluarga dirumah.

Nah, itu dia resep Mango Sticky Rice yang dapat Yumin sampaikan. Kombinasi antara Mango Sticky Rice dan Yupi Bolicious Mango dapat menghasilkan hidangan penutup yang lezat dan bergizi. 

Hidangan ini dapat menjadi sumber energi, protein, dan serat yang baik. Selain itu, hidangan ini juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kalian.

Gimana menurut kalian? Semoga bermanfaat, ya!

Home Our Story Events Games Profile