cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Cara Mengajari Anak Belajar Berani Naik Sepeda

Kegiatan main sepeda merupakan salah satu hal yang menyenangkan bagi anak. Pastinya setiap anak akan menyukai kegiatan ini. Sudah sejauh mana si kecil bisa mengendalikan sepeda? Untuk pertama kali bersepeda biasanya dibutuhkan adanya roda bantuan.

Roda bantuan ini berfungsi agar si kecil tidak jatuh saat mengendarai sepeda. Agar anak bisa berani naik sepeda dengan lancar. Sudah seharusnya kamu mengajarkan bagaimana cara belajar naik sepeda kepada anak.

Baca Juga : 
Balance your life after Riding with Yupi

Anak Ingin Main Sepeda? Inilah Tips Agar Anak Berani Naik Sepeda

Anak akan lebih berani bersepeda jika si kecil pernah mencoba naik sepeda. Jika hal ini sudah pernah dilakukan, maka anak tidak akan merasa takut untuk naik dan bermain sepeda bersama teman-temannya. Selain hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah.

Pilih Sepeda yang Tepat Sesuai Postur Anak

Pemilihan sepeda untuk buah hatimu menjadi hal yang paling penting. Pilihlah jenis sepeda yang memiliki ukuran sesuai postur tubuh anak. Jangan pilih sepeda yang cukup besar, sehingga anak akan kesusahan untuk mengendalikannya.

Kamu bisa memilih sepeda yang memiliki sadel tidak terlalu tinggi, sehingga kaki anak bisa tetap menapak ke tanah. Hal seperti ini akan memudahkan anak untuk mengendalikan sepeda. Selain itu juga bisa mengurangi risiko si kecil jatuh dari sepeda.

Pilih Area yang Luas

Untuk belajar mengendarai sepeda maka pilihlah tempat yang luas, misalnya di lapangan atau taman bermain anak. Apalagi saat pertama kali belajar sepeda, pasti memungkinkan anak jatuh dari sepeda. Tempat yang luas akan memudahkanmu untuk mengajarkan anak mengendarai sepeda.

Tentunya pemilihan tempat yang luas tidak boleh dipilih secara sembarangan. Kamu bisa memilih tempat yang memiliki bantalan lunak seperti di tanah yang berumput. Belajar di jalan beraspal akan memiliki resiko tinggi ketika si kecil jatuh.

Jelaskan Fungsi Setiap Bagian Sepeda

Agar anak berani naik dan main sepeda, maka kamu perlu menjelaskan fungsi setiap bagian sepedanya. Jelaskan apa yang harus dilakukan anak saat akan mengendarai sepeda. Seperti menjelaskan bagaimana posisi duduk yang tepat saat bersepeda.

Kemudian jelaskan mengenai cara naik sepeda yang benar dan fungsi pedal sepeda agar sepeda bisa berjalan dengan baik. Selain itu bagian rem yang digunakan untuk menghentikan laju sepeda. Bagian sepeda seperti ini harus dipahami oleh si kecil dengan baik agar bisa belajar sepeda dengan baik.

Baca Juga : 
Manfaat Mengajarkan Anak Berenang

Ajarkan Mengayuh Sepeda dan Mengerem untuk Berhenti

Setelah mengetahui fungsi setiap bagian sepeda, langkah selanjutnya adalah ajarkan anak untuk belajar mengendarai bersepeda. Ajarkan bagaimana mengayuh sepeda yang benar. Pastikan anak tidak mengayuh sepeda terlalu cepat agar tidak mudah terjatuh. Kamu juga perlu mengajarkan bagaimana mengerem sepeda saat anak ingin berhenti.

Saat anak belajar naik sepeda, kamu bisa mengikutinya dari belakang agar si kecil tidak mudah jatuh dan bisa tetap menjaga keseimbangan sepeda. Agar anak stabil saat bergerak, kamu bisa menempatkan satu tangan pada bahu si kecil atau pada sadel sepeda.

Berikan Reward untuk Si Kecil

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan agar anak berani naik sepeda adalah dengan memberikan reward setelah latihan bersepeda. Kamu bisa memberikan hadiah untuk anak seperti makanan kesukaan si kecil yaitu permen Yupi. Permen kenyal yang menyehatkan ini sudah pasti menjadi camilan sehat dan bikin happy untuk si kecil.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya dengan mudah di www.yupiland.com. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai jenis permen Yupi dengan berbagai rasa dan bentuk lucu di tempat kami. Yuk, beri reward permen yang sehat dan lezat untuk anak. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat.