menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Peringati Hari Anak Nasional 2023, Inilah Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Hari Anak Nasional adalah salah satu hari perayaan yang cukup penting bagi bangsa Indonesia. Hari Anak Nasional diperingati sebagai bentuk untuk menghormati hak-hak anak-anak di Indonesia sebagai generasi masa depan bangsa Indonesia. Biasanya Hari Anak Nasional dirayakan dengan berbagai kegiatan atau aktivitas seru yang akan sangat bermanfaat bagi anak-anak.

Karena hal tersebut, pada kesempatan kali ini, Yumin akan menjelaskan tentang Hari Anak Nasional mulai dari apa itu Hari Anak Nasional, sejarahnya, kapan Hari Anak Nasional dirayakan dan berbagai informasi penting lainnya, simak selengkapnya berikut ini ya.

Apa itu Hari Anak Nasional? Ketahui Sejarahnya!

Tema Hari Anak Nasional 2023

Informasi pertama tentang Hari Anak Nasional dari Yumin kali ini adalah tentang apa itu Hari Anak Nasional dan bagaimana sejarahnya.

Hari Anak Nasional adalah hari untuk yang diperingati sebagai bentuk kepedulian bangsa Indonesia terhadap perlindungan, penghormatan dan pemenuhan hak anak-anak sebagai generasi penerus bangsa agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Dalam memperingati Hari Anak Nasional ini, KPPAI atau Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Indonesia dalam resminya juga menyampaikan bahwa masyarakat dari tingkat daerah sampai provinsi bebas mengadakan aktivitas yang menarik seperti lomba, seminar atau aktivitas lainnya.

Berbagai macam aktivitas Hari Anak Nasional tersebut juga bisa menggunakan dana APBN atau Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang disediakan oleh pemerintah.

Selain itu juga Hari Anak Nasional juga bisa menjadi pengingat rakyat Indonesia untuk melakukan gerakan World Fir For Children dengan merealisasikan kota layak anak di sejumlah kota di Indonesia.

Menurut sejarahnya ide tentang hari anak pertama kali dikeluarkan oleh Kongres Wanita Indonesia atau Kowani pada sidang tahun 1951. Pada sidang berikutnya di tahun 1953, ide tentang hari anak ini dibahas dengan lebih serius kembali.

Setelah itu pemerintah menetapkan hari anak di Indonesia jatuh tanggal 1 sampai 3 Juni dan ketetapan ini juga dengan pertimbangan agar bisa dirayakan bersama dengan Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

Setelah masa kepemimpinan orde lama Soekarno berakhir, pada masa kepemimpinan orde baru Soeharto, perayaan hari anak di Indonesia pun berubah.

Sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) No.44 tahun 1984, akhirnya memutuskan Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juni.

Pemilihan tanggal 23 Juni ini juga didasarkan untuk menyelaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang kesejahteraan anak pada tanggal 23 Juli 1979.

Kapan Hari Anak Nasional Diperingati?

Setelah mengetahui tentang apa itu Hari Anak Nasional dan sejarahnya, berdasarkan informasi tersebut, maka Yupiers telah mengetahui bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya.

Keputusan perayaan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli tersebut mengacu pada Keputusan Presiden (Keppres) No.44 tahun 1984.

Setiap tahunnya juga, Hari Anak Nasional dirayakan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah anak.

Hari Anak Nasional juga biasanya memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya, dan tentunya, Hari Anak Nasional 2023 ini juga memiliki tema tersendiri.

Inilah Tema Hari Anak Nasional 2023
kapan memperingati hari anak nasional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, peringatan Hari Anak Nasional akan memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya, dan pada tahun ini, Hari Anak Nasional 2023 akan mengusung tema “Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak”

Selain dirayakan di seluruh Indonesia, pada peringatan Hari Anak Nasional 2023 ini presiden Joko Widodo juga akan memperingatinya dengan berkunjung ke Jawa Tengah.

Rangkaian acara tersebut akan dimulai dari tanggal 20 Juli 2023 sampai 23 Juli 2023. Dalam acara tersebut juga, nantinya akan ada berbagai aktivitas untuk memperingati Hari Anak Nasional 2023, seperti mengunjungi berbagai tempat ikonik di Kota Semarang, beberapa diantaranya adalah Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, dan Kota Lama.

Acara punya peringatan Hari Anak Nasional 2023 sendiri akan dilakukan di Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah.

Aktivitas Seru Memperingati Hari Anak Nasional
Aktivitas Seru Memperingati Hari Anak

Setelah mengetahui berbagai hal tentang Hari Anak Nasional, berikut ini adalah beberapa aktivitas seru untuk memperingati Hari Anak Nasional yang bisa Yupiers coba.

1. Menyelenggarakan Lomba atau Pertunjukan Pentas Seni

Ide aktivitas seru memperingati Hari Anak Nasional adalah tentunya menyelenggarakan lomba atau pertunjukan pentas seni anak-anak.

Selain menyenangkan, berbagai lomba yang dilakukan tentunya akan memberikan manfaat bagi anak-anak seperti dapat mengasah kemampuan mereka, meningkatkan motivasi, dan mengembangkan jiwa sportifitas yang sehat.

Sementara pertunjukan pentas seni pada Hari Anak Nasional tentunya bisa menjadi tontonan atau hal menarik bagi anak-anak. Selain itu juga, dalam pentas seni tersebut bisa dimasukan berbagai pesan moral yang penting bagi kehidupan anak-anak nantinya.

2. Mendorong Anak untuk Berpartisipasi dalam Seni dan Musik

Ide aktivitas seru memperingati Hari Anak Nasional yang kedua dari Yumin kali ini adalah mendorong anak-anak untuk berpartisipas dalam seni dan musik.

Kedua aktivitas tersebut selain bisa menjadi pengalaman berharga bagi anak-anak, juga bisa memberikan beberapa manfaat lainnya.

Beberapa manfaat dalam mengikuti seni dan musik adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan dan mengasah kemampuan koordinasi mata dan tangan pada anak.
  2. Dapat menjadi wadah mengembangkan kreativitas anak-anak.
  3. Meningkatkan konsentrasi dan disiplin pada anak.
  4. Menjadi wadah anak untuk belajar mengekspresikan diri.
  5. Membangun kerja sama dan tanggung jawab dengan teman lainnya.
  6. Dapat meningkatkan kreativitas pada anak.
  7. Dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri sendiri pada anak.
  8. Mengoptimalkan kecerdasan pada anak.

3. Berdonasi untuk Anak-Anak yang Membutuhkan

Tidak hanya melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi diri anak-anak sendiri, pada Hari Anak Nasional, Yupiers dan anak-anak juga bisa melakukan aktivitas sosial yang bermanfaat bagi banyak orang seperti salah satunya adalah berdonasi untuk anak-anak yang membutuhkan.

Aktivitas sosial yang satu ini tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak. Tidak hanya itu ada beberapa manfaat penting yang akan didapatkan dari aktivitas yang satu ini bagi anak-anak, seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menanamkan sikap empati kepada anak-anak.
  2. Menghindari anak-anak dari sifat kikir atau pelit dan juga sombong.
  3. Mengajarkan anak-anak bahwa manusia adalah makhluk sosial.
  4. Mengajarkan anak-anak tentang sikap ikhlas.
  5. Mengajarkan anak-anak tentang bersyukur.
  6. Menghindari anak-anak dari sifat materialistis.
  7. Mengajarkan kepada anak-anak bahwa bersedekah tidak harus selalu dalam bentuk uang.
  8. Dapat menjadi sarana untuk mengajarkan dan meningkatkan keimanan pada anak-anak.

4. Membuat Makanan Sehat Bersama Anak

Salah satu aktivitas menghabiskan waktu yang seru bersama anak-anak dalam memperingati Hari Anak Nasional adalah membuat makanan sehat bersama dengan anak-anak.

Membuat makanan atau memasak tentunya bisa menjadi hobi yang bermanfaat bagi anak-anak, terlebih jika memang anak-anak sangat tertarik pada bidang ini.

Pada Hari Anak Nasional, Yupiers bisa mengajak anak untuk membuat berbagai makanan sehat yang disukai oleh mereka. Dengan hal tersebut, tentunya keterampilan anak-anak akan semakin terasah.

Selain itu juga, aktivitas yang satu ini dapat Yupiers jadikan sebagai aktivitas untuk bermain dan belajar anak-anak di rumah.

Agar aktivitas satu ini semakin menyenangkan, maka tentunya aktivitas ini bisa ditemani oleh berbagai produk permen Yupi seperti Yupi Gummy Breakfast, Yupi Gummy Lunch, dan masih banyak lagi produk permen Yupi lainnya.

5. Mengunjungi Tempat Wisata/Tempat Bermain/Tempat Bersejarah Bersama Anak

Ide aktivitas seru pada Hari Anak Nasional yang terakhir dari Yumin kali ini adalah dengan melakukan aktivitas di luar rumah yang menyenangkan seperti mengunjungi tempat wisata, tempat bermain anak-anak atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah dengan mereka.

Agar aktivitas satu ini dapat berjalan dengan lancar, tentunya akan sangat penting bagi Yupiers melakukan riset terlebih dahulu tentang berbagai macam tempat yang dikunjungi nantinya.

Dengan hal tersebut, tentunya Yupiers bisa melakukan berbagai persiapan yang lebih baik sebelum mengunjungi tempat tersebut.

Itulah beberapa informasi tentang Hari Anak Nasional dari Yumin kali ini. Semoga berbagai informasi lengkap tentang Hari Anak Nasional tersebut bisa bermanfaat untuk Yupiers semua.

Home Our Story Events Games Profile