cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun Terbaik & Murah, Yuk Siapin!

Bulan Desember seringkali menjadi pilihan sebagai waktu liburan akhir tahun yang tepat bagi banyak orang. Setelah hampir satu tahun penuh melalui banyak kegiatan dan penatnya aktivitas. Yupiers dapat mengambil waktu akhir tahun ini untuk berlibur dengan orang-orang tersayang, siapa lagi kalau bukan keluarga. 

Liburan bersama keluarga sangat penting, selain menghilangkan kepenatan, berlibur bersama keluarga juga bermanfaat untuk menambah kebahagiaan di hati Yupiers. Tak hanya itu, liburan bersama keluarga juga memberikan kenangan yang mengesankan dan tak mudah untuk dilupakan. 

Untuk membuat liburan akhir tahun ini berkesan bagi semua orang, ada beberapa ide liburan akhir tahun dari Yupi yang bisa menjadi inspirasi Yupiers. Selain itu, ada juga beberapa tips penting yang harus Yupiers ketahui. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

6 Ide Liburan Akhir Tahun 2022 yang Bagus dan Seru 

Kira-kira apa saja ya ide liburan yang bisa Yupiers dan keluarga lakukan yang tentunya bagus dan seru. Kali ini ada beberapa ide liburan akhir tahun untuk Yupiers yang ramah di kantong dan ternyata juga seru. 

1. Membuat Pesta Kecil di Rumah
liburan akhir tahun ala yupi

Liburan memang biasanya identik dengan berpergian ke tempat yang jauh. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan aktvitas seru di dalam rumah seperti membuat pesta kecil di rumah. Liburan bersama keluarga ini bisa dilakukan dengan membuat acara yang menarik seperti memasak makanan kesukaan atau barbeque, berkemah di halaman rumah dan membuat dokumentasi dengan sesi foto keluarga di rumah. 

Yupiers juga bisa menyediakan camilan sehat dari Yupi seperti Yupi Bolicious Lychee dengan rasa leci yang lezat . Bisa dibayangkan sensasi menyegarkan ditambah dengan tawa canda dan diskusi yang menarik antar anggota keluarga, tentunya akan menambah hangatnya suasana.

2. Berwisata Alam 
wisata alam bersama keluarga

Wisata alam, cocok untuk Yupiers yang suka jalan-jalan. Wisata alam bersama seperti pergi ke pantai, gunung, pemandian air panas, air terjun, cocok untuk dijadikan pilihan liburan akhir tahun bersama keluarga. 

Dengan melakukan aktivitas ini, Yupiers bisa menikmati udara segar, suara menenangkan dari angin yang berhembusan, dan pemandangan yang indah. Berdasarkan penelitian, berwisata ke alam juga mampu menyegarkan pikiran dari penatnya kegiatan setelah hampir satu tahun yang Yupiers lewati. 

Untuk anak-anak, wisata alam sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif serta fokus mereka. Selain itu, berkunjung ke wisata alam cenderung lebih nyaman dan aman karena sirkulasi udaranya terbuka dan tiap pengunjung masih bisa menjaga jarak.

3. Berkunjung ke Museum
berkunjung ke museum

Ide liburan akhir tahun berikutnya adalah berkunjung ke museum untuk liburan. Museum jadi tempat edukatif yang aman dan tetap menarik untuk keluarga. Setiap kota biasanya memiliki museum, galeri ataupun tempat wisata yang identik dan berkaitan dengan sejarah. 

Dengan melakukan aktivitas yang satu ini, Yupiers dan keluarga bisa mendapatkan pengalaman baru yang berkesan. Selain itu juga, semua anggota keluarga juga mempunyai kesempatan untuk belajar banyak hal menarik seputar sejarah atau seni.

4. Camping
rekomendasi liburan akhir tahun 2022 camping (1)

Pergi camping bersama keluarga juga cocok sebagai ide liburan akhir tahun yang bisa Yupiers lakukan. Dengan melakukan aktivitas ini, Yupiers bisa mendirikan tenda bersama, menata bagian dalam tenda, memasak dan berbagi makanan dengan anggota keluarga lain.

Selain itu juga, dengan melakukan aktivitas ini, Yupiers juga dapat mengenalkan bagaimana cara hidup bersahabat dengan alam dan pentingnya menjaga kelestarian dan tentunya kebersihan lingkungan kepada anak-anak.

5. Bermain di Taman Bermain
taman bermain anak Playground kemang

Ide liburan akhir tahun yang selanjutnya adalah bermain di taman bermain. Yupiers bisa mengajak anak-anak untuk bermain dan beraktivitas di luar rumah dengan aktivitas yang satu ini. Taman bermain merupakan sebuah tempat dengan wilayah yang cukup luas dan memang dirancang khusus agar anak-anak bisa bermain di tempat tersebut. 

Taman bermain juga dilengkapi dengan beberapa wahana permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, panjat dinding, dan masih banyak lainnya. Yupiers harus tahu ternyata bermain di wahana anak juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan motorik anak, mengembangkan kreativitas dan mengasah keterampilan sosial mereka. 

6. Berwisata Budaya
wisata budaya candi prambanan

Yupiers pasti sudah tahu, kalau Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya. Setiap daerah memiliki bahasa, budaya, adat, dan tradisinya masing-masing dan sangat menarik untuk dijelajahi.

Jadi, mengapa Yupiers tidak mencoba memanfaatkan liburan akhir tahun ini untuk melihat langsung kekayaan budaya Indonesia dengan berwisata budaya bersama keluarga. Beberapa tempat yang bisa jadi pilihan untuk Yupiers adalah seperti Candi Borobudur, Candi Ratu Boko, Candi Prambanan, dan masih banyak tempat warisan budaya yang lainnya. 

Baca Juga : 8 Ide Family Time dan Manfaatnya Untuk Keluarga

Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun 2022

Berikut ini ada beberapa tips buat Yupiers dalam mempersiapkan liburan akhir tahun agar menjadi kegiatan yang berkesan, bisa berjalan lancar dan tentunya nyaman.

1. Survey Lokasi Lebih Dahulu

Sebelum Yupiers pergi menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga, Yupiers harus menentukan terlebih dahulu tempat yang dituju. Pastikan bahwa tempat yang ingin dikunjungi cocok dan nyaman untuk Yupiers dan keluarga. 

Melakukan survey lokasi terlebih dahulu bisa dilakukan melalui internet, mengingat canggihnya teknologi masa kini sehingga Yupiers tidak perlu bingung jika tidak punya banyak waktu untuk cek lokasi secara langsung.

2. Pesan Tempat dari Jauh Hari

Setelah melakukan survei lokasi terlebih dahulu, Yupiers sebaiknya lekas memesan banyak hal mulai dari tiket transportasi, penginapan, atau bahkan tiket wisata di lokasi. 

Biasanya, jika pemesanan dari jauh hari sebelum hari yang inginkan untuk berlibur, Yupiers akan mendapatkan harga spesial yang tentunya lebih murah dan bahkan bisa mendapatkan penawaran menarik lainnya selama Yupiers dan keluarga berlibur bersama di tempat yang diinginkan. 

3. Utamakan Kenyamanan dan Keamanan

Sebelum berangkat, pastikan perlengkapan traveling dan semua hal yang berkaitan dengan kelancaran selama Yupiers berlibur sudah clear. Tak hanya  perlengkapan travelling, Yupiers harus memastikan kenyamanan mulai dari memilih transportasi, tempat tinggal, atau guide liburan. Asal nyaman, pasti semua akan senang bukan?. 

4. Persiapkan Budget Liburan 

Traveling menjadi kegiatan yang menyenangkan, namun Yupiers tidak boleh lalai dan harus memastikan momen liburan tidak berakhir buruk karena budget yang dikeluarkan ternyata menguras keuangan Yupiers. 

Rencanakan dan atur budget atau pengeluaran sesuai dengan kemampuan Yupiers selama melakukan liburan akhir tahun bersama keluarga ini.

5. Membawa Uang Tunai

Tips untuk melakukan liburan akhir tahun berikutnya adalah dengan membawa uang tunai saat Yupiers berlibur. Membawa uang tunai saat pergi berlibur bersama keluarga akan lebih memudahkan Yupiers mengatur pengeluaran selama berlibur. 

Dengan membawa uang tunai, Yupiers bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga akan lebih hemat dan sesuai dengan rencana biaya pengeluaran yang telah Yupiers rencanakan sebelumnya.

6. Gandakan Dokumen Penting

Gandakan dokumen-dokumen penting Yupiers baik dalam bentuk softcopy atau hardcopy. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, misalnya seperti kehilangan atau rusak. 

Yupiers bisa menggandakan kartu identitas seperti KTP, Visa, atau Paspor dan sebagainya. Gandakan dan simpanlah di tempat yang aman. 

7. Bawa Bekal Saat Liburan 

Jika Yupiers memilih tempat berlibur yang tidak harus menginap, Yupiers perlu membuat menu bekal yang lezat dan sederhana dari rumah.

Tujuannya selain untuk lebih menghemat pengeluaran, tentunya juga lebih sehat. Yupiers bisa membawa kotak bekal, dan membuat makanan yang sederhana misalnya sandwich, roti panggang, sampai dengan camilan sehat dari Yupi agar pengeluaran juga tak terlalu banyak. 

8. Catat Pengeluaran Selama Liburan 

Tips liburan akhir tahun berikut yang tidak boleh Yupiers lupakan adalah mencatat pengeluaran yang dilakukan meski sekecil apapun itu. 

Hal ini akan memudahkan Yupiers mengatur dan mengetahui pengeluaran selama liburan. Dengan seperti itu, Yupiers akan lebih hemat dan menekan kemungkinan untuk pengeluaran berlebihan yang dilakukan selama melakukan liburan. 

9. Cermat Dalam Berbelanja

Belanja di tempat wisata sudah dipastikan harganya akan lebih tinggi jika membandingkannya dengan berbelanja di tempat yang biasa.

Yupiers perlu lebih cermat jika ingin membeli barang. Meskipun tempat wisata atau berlibur identik dengan oleh-oleh, jangan sampai Yupiers lalai dan menjadikan belanja oleh-oleh sebagai hal utama saat berlibur dan menghabiskan terlalu banyak pengeluaran dalam melakukan hal ini.

10. Perhatikan Kondisi Cuaca

Yupiers juga sebaiknya memperhatikan prakiraan cuaca sebelum berangkat. Sebab ini juga akan mempengaruhi persiapan perjalanan Yupiers. 

Misalnya saat musim hujan, Yupiers perlu menyiapkan payung atau mantel sebelum berangkat berlibur. 

11. Jaga Kondisi Kesehatan

Tips untuk melakukan liburan akhir tahun dari Yupi kali ini adalah Yupiers wajib menjaga kondisi kesehatan Yupiers dan keluarga. 

Oleh karena itu, jaga pola konsumsi makan dan minum yang sehat dan bergizi. Jangan lupakan juga untuk istirahat yang cukup dan lakukanlah olahraga ringan.

Itulah beberapa informasi penting mengenai ide liburan akhir tahun yang mudah dan beberapa tips yang perlu disiapkan sebelum Yupiers berlibur bersama keluarga. Semoga informasi tentang liburan akhir tahun kali ini dari Yupi bermanfaat untuk Yupiers.