cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Cara Mudah Belajar Berhitung untuk Anak Paud-TK

Dalam masa tumbuh kembang anak yang optimal, mereka akan melewati banyak sekali proses belajar, dan salah satunya adalah berhitung. Belajar berhitung sangat dibutuhkan untuk anak-anak, terutama saat masa sekolah Paud sampai TK. Bagaimana cara mengajari belajar berhitung anak Paud-TK yang baik? Simak informasi selengkapnya di bawah ini :

Manfaat Mengajari Anak Paud-TK Belajar Berhitung

Sebelum ke topik pertama yaitu cara mengajari belajar berhitung untuk anak Paud sampai TK, ada baiknya Yupiers mengetahui terlebih dahulu beberapa manfaat belajar berhitung bagi anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mengajari anak belajar berhitung sejak dini :

  • Membuat anak menjadi cerdas dan kreatif
  • Membuat anak menjadi sosok yang inovatif
  • Menjadikan anak lebih teliti dan cermat
  • Membuat anak menjadi pribadi yang lebih sabar
  • Meningkatkan kemampuan anak untuk memecahkan masalah
  • Meningkatkan kejujuran pada anak-anak
  • Mengajarkan kedisiplinan pada anak-anak
  • Mengajarkan anak-anak berpikir kritis
  • Meningkatkan kecerdasan logika anak-anak
  • Membantu anak-anak mengenal dunia dengan lebih baik

Dengan berbagai manfaat berhitung tersebut, tentunya akan sangat bermanfaat untuk masa depan si anak.

Baca Juga : Manfaat Mengajarkan Anak Dua Bahasa

Kapan Anak Mulai Belajar Berhitung?

Yupiers wajib mengetahui kapan waktu yang tepat untuk seorang anak mulai belajar berhitung. Waktu yang paling tepat untuk mulai belajar berhitung bagi anak-anak bisa dimulai sejak berusia dini, yaitu 0-8 tahun.

Hal ini karena pada rentan waktu usia tersebut anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan yang pesat. Pada usia tersebut juga umumnya anak-anak memiliki ketertarikan untuk berhitung yang lebih tinggi.

Pada tahap awal yaitu usia 0-4 tahun, Yupiers bisa mulai memperkenalkan anak-anak dengan angka dengan cara yang efektif dan menyenangkan. Cara belajar yang efektif dan menyenangkan sangat penting agar anak-anak tidak merasa bosan dan tertekan selama proses belajar.

Memasuki usia 4-6 tahun, Yupiers bisa mulai mengajak anak-anak untuk menghafal dan menulis angka. Lalu pada usia 6-8 tahun, Yupiers sudah bisa memperkenalkan tentang cara berhitung dimulai dari tahap awal yaitu menambah dan mengurangi angka satu digit, kemudian berlanjut ke tahap dua digit, hingga akhirnya pada tahap mengalikan dan membagi angka.

Cara Mengajari Anak Paud dan TK Belajar Berhitung

Setelah mengetahui kapan waktu terbaik untuk anak-anak mulai belajar berhitung, berikut ini adalah beberapa cara belajar berhitung paud tk yang bisa Yupiers kepada anak-anak.

1. Menghitung Makanan

Mengajari anak berhitung, tidak hanya dengan memberikan contoh soal belajar berhitung paud tk saja. Namun, sebagai orangtua Anda bisa memberikan cara yang lebih menyenangkan dan kreatif.

Salah satu caranya yaitu dengan menghitung makanan. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan bisa dilakukan dimanapun serta kapanpun. Saat Yupiers memberikan makanan kepada anak-anak, ajak mereka untuk menghitung makanan mereka. 

Menghitung dengan menggunakan makanan juga akan semakin menyenangkan bagi anak-anak jika menggunakan makanan yang enak seperti Yupi Strawberry Kiss, Yupi School Of Fish, Yupi Jungle Fun, dan masih banyak lagi produk Yupi lainnya.

2. Menghitung Melalui Mainan

Cara belajar berhitung paud TK adalah dengan cara menghitung melalui mainan yang anak-anak mainkan. Mainan tentunya merupakan salah satu benda paling menarik bagi anak-anak, dan karena hal tersebut Yupiers dapat memanfaatkannya.

Sebagai contoh Yupiers dapat memanfaatkan bola dengan cara ajak anak-anak untuk menghitung bola-bola yang mereka mainkan. Yupiers juga bisa menggunakan mainan kereta dengan cara menempelkan angka pada setiap gerbong kereta mainan anak-anak, lalu mengajarkan mereka untuk mengurutkan angka.

3. Berhitung Melalui Aplikasi Game

Dengan semakin canggihnya teknologi, maka berhitung kini juga bisa Yupiers ajarkan kepada anak-anak melalui berbagai macam game edukasi pada smartphone. Hal paling penting ketika mengajarkan anak-anak menggunakan aplikasi game pada smartphone adalah dampingi anak-anak saat bermain smartphone dan batasi waktu penggunaan smartphone pada anak-anak.

Berbagai aplikasi game di smartphone juga umumnya tidak hanya bisa mengajarkan anak-anak berhitung, tapi bisa juga untuk mengajarkan anak-anak menulis sejak dini. Manfaatkanlah aplikasi game untuk kecerdasan anak-anak dengan semaksimal mungkin.

4. Menghitung Orang Disekitar Anak-anak

Cara belajar berhitung paud TK selanjutnya yaitu dengan menghitung berapa banyak orang-orang yang berada disekitar mereka. Hal ini sangat mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan kapanpun.

Yupiers bisa memulai dengan mengajarkan anak-anak menghitung jumlah anggota keluarga dirumah dan bahkan bisa mengajarkan mereka urutan angka berdasarkan usia dari masing-masing anggota. Saat berada di luar rumah, Yupiers bisa mengajarkan mereka untuk menghitung orang-orang yang berada disekitar anak-anak.

5. Menghitung Makanan di Kulkas

Pernahkah Yupiers melihat anak-anak tertarik dengan apa yang berada di dalam kulkas? Hal ini sangat umum terjadi pada anak-anak karena selain rasa lapar, anak-anak tertarik dengan berbagai macam makanan yang berada di dalam kulkas karena memiliki warna dan bentuk yang menarik bagi mereka.

Ajarkan anak-anak untuk berhitung makanan yang ada di kulkas seperti buah atau yang lainnya. Selain belajar berhitung, Yupiers juga bisa mengajarkan anak-anak tentang berbagai macam warna. Selain kulkas, Yupiers juga bisa memanfaatkan lemari pakaian.

Baca Juga : Inilah Kebiasaan dan Cara Agar Pintar dengan Mudah

6. Melalui Lagu atau Video

Cara belajar berhitung paud TK yang sangat menarik bagi mereka adalah dengan melalui lagu atau video. Ada banyak sekali lagu atau video yang mengajarkan anak-anak untuk berhitung seperti lagu Balonku, Sayang Semuanya, dan masih banyak lagi lagu atau video yang menarik bagi mereka.

Yupiers juga bisa memanfaatkan lagu atau video ini untuk mengajarkan anak-anak berbahasa inggris atau bahasa negara lainnya sejak dini. Hal ini karena saat ini juga sudah banyak lagu atau video dengan bahasa inggris atau bahasa negara lainnya di berbagai situs online.

7. Melalui Film

Selain lagu atau video, Yupiers juga bisa memanfaatkan film yang menarik bagi anak-anak untuk mengajarkan cara berhitung. Ada berbagai film edukatif yang mengajarkan anak-anak tentang berhitung dan bisa ditemukan dengan mudah di situs online seperti YouTube.

Yupiers juga bisa mengajarkan anak-anak berbahasa inggris dan berhitung dengan beberapa film kartun yang mendidik seperti Umizoomi, Sparkabilities Baby Einstein dan masih banyak lagi. Sebelum memberikan film edukatif untuk anak-anak, ada baiknya Yupiers memastikan film tersebut dengan cara menontonnya terlebih dahulu.

8. Menghitung Langkah

Bagaimana cara membuat anak pintar matematika? yaitu dengan menghitung langkah. Mungkin cara ini tidak terlintas dalam pikiran Yupiers, namun langkah ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk dilakukan.

Ada beberapa cara yang menyenangkan dan bisa Yupiers lakukan bersama anak-anak. Beberapa cara tersebut adalah seperti menghitung langkah saat menaiki tangga.

Yupiers bisa mengajak anak-anak untuk menghitung setiap anak tangga yang mereka lewati. Cara lainnya adalah ajak anak-anak untuk menghitung langkah kaki mereka saat berpindah dari satu alat bermain ke alat bermain lainnya saat bermain di taman bermain.

9. Menggunakan Jam Dinding

Salah satu benda yang berada di rumah dan bisa Yupiers manfaatkan untuk mengajarkan berhitung anak paud dan TK adalah jam dinding. Yupiers bisa memanfaatkan jam dinding untuk memperkenalkan angka dan berhitung sesuai urutan angka pada jam dinding.

Selain itu juga Yupiers bisa memanfaatkan jam dinding untuk mengajarkan perhitung sederhana seperti 4 tambah 4. Dengan menggunakan jam dinding anak-anak juga akan lebih mudah untuk menghitung penambahan sederhana.

10. Melalui Buku

Cara belajar berhitung paud TK yang terakhir adalah tentunya dengan melalui buku. Yupiers bisa menggunakan buku lembar kerja anak belajar berhitung paud tk yaitu calistung (baca tulis hitung).

Buku calistung biasanya sudah memiliki metode tersendiri agar mudah dipahami oleh anak-anak seperti menghubungkan titik atau garis, menyesuaikan bentuk dan masih banyak lagi metode lainnya.

Itulah beberapa cara belajar berhitung paud TK yang bisa Yupiers lakukan untuk mendukung pertumbuhan anak-anak. Selain berhitung tentunya sangat penting juga bagi Yupiers untuk mengajarkan anak-anak membaca dan juga mengajarkan anak-anak untuk menulis.

Membaca, menulis dan berhitung merupakan tiga hal dasar yang harus Yupiers ajarkan kepada anak-anak agar mereka nantinya bisa bersekolah dan mencapai apa yang mereka inginkan serta meraih apa yang menjadi cita-cita mereka.

Semoga informasi dari Yupi kali ini bisa membantu Yupiers untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati.