cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Daftar Cita-Cita yang Bagus Untuk Masa Depan Anak

Cita-cita merupakan suatu hal yang sangat penting dalam hidup seseorang terlebih untuk anak-anak. Anak-anak yang sudah mempunyai rencana cita-cita yang bagus untuk masa depan tentunya merupakan kebanggaan bagi semua orang tua.

Secara umum, cita-cita adalah keinginan, kehendak dan tujuan yang dicapai serta diwujudkan oleh seseorang. Cita-cita pada diri seseorang seringkali muncul saat masih anak-anak.

Seiring berjalannya waktu, merupakan tugas dan kewajiban orang tua untuk membantu anak-anak mewujudkan cita-cita mereka. Nah, kali ini Yupi akan membagikan beberapa cita-cita yang baik untuk masa depan anak. Penasaran apa saja? Langsung saja simak berikut ini!

Daftar Contoh Cita-Cita yang Bagus Untuk Jangka Panjang

Sebelum mengetahui daftar dan contoh cita-cita terbaik, Yupiers harus tahu dulu apa sih manfaatnya kalau anak sudah mempunyai cita-cita sejak dini? Memiliki cita-cita akan memberikan beberapa manfaat bagi anak-anak dan juga Yupiers sebagai orang tua, antara lain :

  1. Membantu anak-anak meraih apa yang mereka inginkan.
  2. Membuat anak-anak termotivasi untuk belajar.
  3. Memberikan gambaran untuk pendidikan anak.
  4. Melatih anak-anak untuk bersabar dalam meraih apa yang mereka inginkan.
  5. Mengajarkan untuk menghargai usaha dan kerja keras.

Dengan beberapa manfaat tersebut, maka sekaligus akan membantu tumbuh kembang anak secara optimal. Nah,  kali ini Yupi akan memberikan beberapa rekomendasi cita-cita yang bagus untuk masa depan anak-anak.

1. Pengusaha

cita cita pengusaha

Rekomendasi cita-cita yang bagus pertama dari Yupi adalah dengan menjadi seorang pengusaha. 

Menjadi pengusaha merupakan cita-cita yang baik karena dapat membantu orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan, mengajarkan anak-anak untuk berjuang, mengelola uang, dan bahkan tidak sedikit juga orang dewasa yang sudah bekerja di kantor tetap ingin menjadi pengusaha dengan membuka sebuah usaha.

Menjadi pengusaha sangat cocok untuk anak-anak yang sering memiliki ide inovatif dan memiliki kemampuan manajemen yang baik. Menjadi seorang pengusaha juga akan membantu anak-anak kelak mempunyai finansial untuk mereka sendiri dengan lebih baik tergantung dari seberapa besar usaha yang mereka jalankan.

2. Dokter
cita cita dokter

Apa cita-cita yang biasanya diinginkan oleh anak kecil? Jawabannya yaitu seorang dokter.

Menjadi dokter merupakan salah satu contoh cita cita jangka panjang dan sering mereka katakan ketika ditanya apa cita-cita mereka. Dengan menjadi dokter, anak-anak akan dapat membantu banyak orang melalui bidang kesehatan.

Selain itu juga, perlu Yupiers ketahui bahwa gaji seorang dokter tidaklah kecil. Dengan menjadi dokter, selain dapat menolong banyak orang, anak-anak akan mempunyai pendapatan uang yang cukup banyak dari pekerjaan menjadi dokter ini.

Untuk membantu mereka menjadi dokter, Yupiers bisa mulai mencoba permainan pretend play (bermain peran) seakan-akan menjadi seorang dokter secara nyata. Tentunya akan sangat seru sekali bukan?

3. Pengacara

Bagi anak-anak yang berani membela keadilan, bersikap adil dan membantu banyak orang, maka menjadi pengacara merupakan salah satu contoh cita cita jangka panjang untuk mereka. Menjadi seorang pengacara juga akan cocok bagi anak-anak tertarik dengan hukum di Indonesia.

Menjadi pengacara juga akan memberikan anak-anak pendapatan finansial yang cukup saat mereka dewasa. Perlu Yupiers ketahui juga, menjadi pengacara tidaklah mudah, teruslah dukung anak-anak untuk mendapatkan cita-cita yang bagus ini.

4. Guru

Contoh cita-cita yang bagus untuk perempuan adalah menjadi seorang guru. Guru merupakan orang tua kedua bagi anak-anak dan juga merupakan sebuah profesi yang mulia. Bagi anak-anak yang memiliki kepandaian dalam bidang akademis lebih, menjadi guru merupakan pilihan yang tepat bagi mereka.

Selain menjalani profesi yang mulai, menjadi guru juga akan membuat anak-anak dengan berbagai ilmu yang mereka dapatkan karena mereka akan terus berbagai ilmu tersebut dengan anak didik mereka kelak. 

Namun menjadi guru tidaklah mudah, anak-anak tentunya harus menempuh beberapa jenjang pendidikan dan serangkaian tes yang disiapkan oleh pemerintah untuk menjadi guru. Bagi anak-anak yang ingin menjadi guru, teruslah dukung cita-cita tersebut.

5. Koki

cita cita yang bagus menjadi koki

Bagi anak-anak yang mempunyai hobi dalam bidang kuliner, maka menjadi koki merupakan cita-cita yang baik untuk mereka. Menjadi koki kini tidak lagi identik dengan perempuan, kini juga sudah banyak koki laki-laki yang cukup terkenal karena keahliannya.

Selain dapat menyalurkan hobi dalam bidang kuliner, menjadi koki juga cukup menjanjikan bagi masa depan anak-anak. Untuk mendukung cita-cita ini, Yupiers dapat mengajak anak memasak bersama. Misalnya membuat puding dan berkreasi dengan beberapa produk Yupi seperti Yupi Little Star, Yupi Yogurt Gummy, dan masih banyak lagi. 

6. Programmer

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang teknologi juga terus meningkat, dan salah satu cita-cita yang bagus dalam bidang teknologi adalah dengan menjadi programmer.

Menjadi programmer sangat cocok bagi anak-anak yang memiliki bakat dalam bidang digital seperti komputer dan teknologi, memiliki ketelitian yang baik, sifat sabar serta mau terus berusaha.

Memiliki ketelitian yang baik, sifat sabar dan mau terus berusaha sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Hal tersebut karena nantinya dalam bidang pekerjaan ini anak-anak akan terus berusaha dalam memperbaiki kesalahan dalam program yang mereka temukan.

7. Musisi

cita cita menjadi musisi

Bagi anak-anak yang memiliki bakat dan minat dalam bidang musik, senang tampil di depan banyak orang dan mempunyai rasa percaya diri yang baik, tentunya menjadi musisi adalah cita-cita yang bagus untuk mereka. Menjadi musisi terkenal juga merupakan salah satu impian banyak orang.

Cita-cita menjadi musisi ini juga sangat menjanjikan bagi masa depan anak-anak. Namun untuk menjadi seorang musisi yang sukses sangatlah tidak mudah, banyak hal yang mereka perjuangkan dan ajarkan mereka untuk mau terus berusaha mengejar cita-cita mereka.

Baca Juga : Inilah Ajang Pencarian Bakat di Indonesia 2022, Kalian Pilih Mana?

8. Atlet

Bagi anak-anak yang mempunyai minat dan bakat dalam bidang olahraga, maka tentunya cita-cita yang bagus untuk mereka adalah dengan menjadi atlet olahraga. Selain dapat menjaga kesehatan, menjadi atlet juga menjanjikan masa depan yang baik untuk mereka.

Menjadi seorang atlet juga tidaklah mudah, sangat penting bagi Yupiers untuk mendukung anak-anak mencapai cita-cita yang bagus ini. 

Beberapa bentuk dukung tersebut adalah seperti dengan mendukung anak dalam kegiatan ekstrakurikuler bagi anak, menyediakan peralatan olahraga yang baik sampai mendukung setiap langkah mereka untuk menjadi atlet.

9. Polisi

Menjadi seorang polisi juga sering menjadi daftar cita-cita yang bagus untuk masa depan dan sering menjadi jawaban anak-anak ketika diberikan pertanyaan apa cita-cita mereka. Hal tersebut karena polisi adalah sosok yang akan melindungi dan menolong banyak orang serta berani menumpas kejahatan.

Menjadi polisi tidaklah mudah, anak-anak harus memiliki kondisi fisik yang prima, memiliki sikap yang tegas, mandiri, dan memiliki disiplin yang tinggi.  Karena hal tersebut bagi anak-anak yang memiliki cita-cita ini, sangat penting bagi Yupiers untuk mengajarkan mereka tentang hal-hal tersebut dengan baik.

10. Pilot

Selain menjadi polisi, menjadi pilot merupakan cita-cita yang bagus dan sering menjadi jawaban anak-anak ketika diberikan pertanyaan apa cita-cita mereka. Hal tersebut karena memiliki kemampuan untuk menerbangkan pesawat merupakan suatu daya tarik tersendiri bagi mereka.

Menjadi pilot juga tidak terbatas hanya menerbangkan pesawat penumpang saja, masih ada beberapa jenis pesawat lainnya seperti pesawat kargo atau barang, sampai dengan pesawat tempur.

Usaha Untuk Meraih Cita-Cita yang Bagus & Diinginkan Anak

Setelah mengetahui beberapa daftar dan rekomendasi contoh cita-cita yang bagus untuk anak-anak, ada beberapa usaha atau tindakan yang dapat membantu mereka mendapatkan cita-cita mereka. Berikut ini adalah beberapa usaha tersebut. 

  • Merencanakan tujuan dengan spesifik.
  • Membuat rencana secara bertahap.
  • Tidak menunda pekerjaan.
  • Memperluas wawasan pengetahuan.
  • Menikmati proses yang dijalani.
  • Tidak mengeluh.
  • Tidak malas.
  • Percaya pada kemampuan diri sendiri.
  • Memiliki pola pikir yang positif.
  • Berdoa dan berusaha.

Faktor-Faktor yang Sering Menghambat Cita-Cita Anak

Informasi terakhir dari Yupi tentang cita-cita yang terbaik bagi anak-anak adalah beberapa faktor yang dapat menghambat mereka untuk meraih cita-cita. Berikut ini adalah beberapa faktor tersebut.

  1. Tidak percaya diri.
  2. Kurang memiliki ambisi.
  3. Takut gagal.
  4. Tidak tahu bagaimana cara untuk memulai.
  5. Terlalu mendengarkan pendapat orang lain.

Itulah beberapa informasi tentang daftar contoh cita-cita yang bagus untuk masa depan anak, mulai dari beberapa rekomendasi yang bisa Yupiers lihat sesuai dengan bakat dan minat anak-anak, usaha untuk meraihnya, dan beberapa faktor yang dapat menghambatnya.

Semoga informasi tentang daftar cita-cita yang terbaik untuk anak dari Yupi tersebut bisa bermanfaat untuk Yupiers. Sampai jumpa di artikel menarik Yupi lainnya, ya!