menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

11 Game Mengasah Otak Terbaik Secara Offline & Online, Seru!

Bermain game merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Meskipun sering dinilai dapat memberikan dampak negatif untuk anak-anak karena dianggap hanya membuang-buang waktu dan dapat membuat kecanduan, namun ternyata bermain game dapat mengasah otak anak, lho!

Selain mengasah otak anak, juga bermanfaat mengasah kreativitas dan melatih kemampuan memecahkan masalah atau problem solving bagi anak-anak.

Selain beberapa manfaat tersebut ada juga beberapa rekomendasi game mengasah otak anak secara online dan offline yang akan Yumin bahas lebih lanjut pada artikel kali ini.

Lalu apa sajakah game mengasah otak yang bisa Yupiers perkenalkan dan berikan kepada anak-anak? Simak rekomendasinya dibawah ini!

Rekomendasi Game Mengasah Otak Secara Offline & Online

Memberikan game pada anak-anak bukanlah hal yang terlarang, bahkan dari beberapa permainan atau game tersebut, ada game mengasah otak yang perlu Yupiers ketahui dan bisa berikan kepada anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa game mengasah otak anak terbaik yang perlu Yupiers ketahui.

1. Rubik
rubik game mengasah otak

Game mengasah otak yang pertama dari Yumin kali ini adalah rubik. Rubik adalah permainan teka-teki yang sudah lama ada dan pertama kali ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang pemahat serta seorang profesor arsitektur dari Hungaria bernama Erno Rubik.

Rubik adalah mainan dengan bentuk kubus yang memiliki enam warna yang berbeda pada setiap sisinya dan juga terdapat sembilan kotak kecil pada setiap sisinya. 

Mainan ini dimainkan dengan cara memutarkan atau memindahkan kotak kecil pada setiap sisinya tersebut hingga nantinya semua kotak kecil tersebut memiliki warna yang seragam pada setiap sisi rubik. Permainan rubik ini dapat Yupiers berikan kepada anak-anak dengan usia diatas 5 tahun.

Nah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara bermain rubik yang mudah, bisa klik disini caranya!

2. Catur
catur

Jika sudah berbicara tentang tentang permainan atau game mengasah otak, maka catur tentunya merupakan salah satu permainan mengasah otak yang paling terkenal. Catur adalah permainan strategi yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam memainkannya.

Dengan bermain catur, tentunya ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan. Beberapa manfaat bermain catur adalah seperti melatih daya ingat, meningkatkan kemampuan otak dalam menyusun strategi dan melatih kemampuan dalam mengambil keputusan.

3. Tetris
game mengasah otak anak tetris

Tidak kalah terkenal dengan catur, tetris adalah game mengasah otak yang sudah sangat lama terkenal sejak tahun 1984. Game tetris merupakan game yang mengharuskan pemainnya untuk dapat menyusun berbagai bentuk balok yang tersedia dengan baik.

Dalam beberapa studi mengatakan bahwa game tetris dapat membantu meningkatkan kemampuan efisiensi otak, beberapa kemampuan spasial otak seperti visualisasi spasial, persepsi spasial dan rotasi mental.

4. Sudoku
sudoku

Game mengasah otak berikutnya dari Yumin kali ini adalah sudoku. Sudoku adalah permainan teka-teki klasik yang berasal dari Jepang.

Dalam permainan sudoku ini, pemainnya harus mengisi setiap kotak kecil dengan angka 1 sampai 9 pada setiap kotak besar yang tersedia dalam permainan ini.

Game klasik asal Jepang ini dapat mengasah kemampuan dalam berpikir secara logis dengan memori jangka pendek. Seiring dengan perkembangan, sudoku yang dahulu hanya tersedia dalam media kertas, kini juga sudah banyak tersedia dalam media permainan di smartphone.

5. Permainan Balok Tradisional
permainan balok

Hampir sama seperti permainan tetris yang mengharuskan pemainnya menyusun berbagai bentuk balok, pada permainan balok tradisional ini akan lebih mengasah daya imajinasi anak-anak dalam menyusun berbagai macam balok tersebut.

Permainan akan membuat anak-anak menyusun balok-balok tersebut menjadi sebuah bagunan sesuai dengan kemampuan dan daya imajinasi mereka. 

Meskipun termasuk permainan tradisional, permainan adalah permainan yang sangat sering dijadikan permainan atau game mengasah otak anak dan bahkan pasti tersedia pada setiap sekolah tingkat TK.

Selain mengasah daya imajinasi anak-anak, permainan balok tradisional ini juga dapat membantu anak-anak mengenal bentuk, ruang, dan warna.

6. Teka-Teki Silang
teka teki silang

Salah satu permainan atau game mengasah otak yang sudah cukup lama terkenal di Indonesia lainnya adalah Teka-teki silang. 

Permainan teka-teki silang adalah permainan yang mengharuskan pemainnya menjawab setiap pertanyaan sesuai dengan kolom atau baris kosong yang tersedia. 

Seiring dengan perkembangan juga, permainan teka-teki silang ini juga kini banyak tersedia di Smartphone.

Permainan teka-teki silang ini dapat mencegah penurunan fungsi kognitif, meningkatkan fungsi memori otak, melatih konsentrasi dan kemampuan verbal.

7. Puzzle
puzzle

Hampir sama seperti rubik dimana kita diharuskan mencocokan suatu hal, pada permainan puzzle pemainnya diharuskan mencocokan beberapa potongan gambar hingga menjadi satu gambar yang utuh atau sempurna.

Permainan puzzle ini dapat melatih koordinasi tangan dan mata serta dapat meningkatkan kreativitas serta daya ingat seseorang.

Puzzle juga kini sudah tersedia cukup banyak di beberapa perangkat smartphone dengan berbagai nama seperti salah satunya adalah Infinity Loop yang bisa Yupiers unduh atau download untuk memainkannya.

8. Kosakata Bahasa
game mengasah otak kosakata bahasa

Permainan atau game mengasah otak berikutnya adalah permainan kosakata bahasa yang kini juga banyak tersedia di smartphone dengan berbagai nama seperti salah satunya adalah Word Search Sea: World Puzzle.

Game ini mengharuskan pemainnya untuk mencari atau menyusun berbagai huruf yang tersedia untuk membentuk sebuah kata.

Permainan ini sangatlah baik bagi anak-anak yang sedang belajar berbagai kosakata karena dapat memperkaya perbendaharaan kosakata mereka. Permainan ini juga baik bagi anak-anak yang mulai berlatih untuk menggunakan bahasa asing karena beberapa game kosakata bahasa ini juga ada yang menggunakan bahasa asing dalam permainannya.

9. Tile Connect
tile connect

Kini kita beralih ke beberapa permainan yang memang hanya tersedia di perangkat smartphone saja.

Kali ini Yumin akan membahas game mengasah otak yang bernama Tile Connect. Dalam game ini, pemainnya diharuskan menghubungkan gambar dengan bentuk dan pola yang sama dalam waktu yang terbatas.

Cara memainkannya juga sangat mudah dan anak-anak pasti bisa memainkannya. Selain itu juga dalam game ini gambar-gambar yang dihadirkan cukup menarik seperti gambar hewan yang lucu, gambar kue, gambar pakaian, kendaraan, mainan dan masih banyak lagi sehingga akan senang memainkan game ini.

10. 2048
game 2048

Hampir sama seperti permainan Tile Connect dimana Yupiers harus mencocokan suatu hal, pada permainan 2048 ini pemainnya harus mencocokan suatu angka dengan angka yang lainnya.

Permainan ini sangat baik untuk melatih kemampuan logika dan respon anak serta dapat mulai membuat anak-anak lebih tertarik terhadap angka-angka agar mereka lebih tertarik dalam belajar matematika nantinya.

11. Roll The Ball - Slide Puzzle
roll the bar slide puzzle

Rekomendasi game mengasah otak berikutnya dari Yumin kali ini adalah game yang bernama Roll The Ball - Slide Puzzle.

Game yang termasuk cukup populer dengan jumlah unduh atau download lebih dari 900.000 kali di PlayStore.

Dalam game ini, pemainnya diharuskan menyusun berbagai potongan pipa yang tersedia dalam sebuah kotak kecil agar membentuk sebuah jalur bagi sebuah bola, agar nantinya bola ini dapat menggelinding dari awal hingga akhir jalur pipa.

Baca Juga : 12 Permainan Anak yang Mendidik, Seru dan Manfaatnya

Manfaat Bermain Game Mengasah Otak

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi permainan atau game mengasah otak dari Yumin, seperti yang telah Yumin jelaskan pada awal pembahasan kali ini, berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut.

  1. Memperkenalkan teknologi kepada anak-anak.
  2. Dapat meningkatkan kepercayaan diri.
  3. Dapat melatih otak dan mental anak.
  4. Dapat menambah pengetahuan baru bagi anak-anak.
  5. Dapat mengasah kreativitas anak.
  6. Dapat melatih anak-anak untuk mengendalikan emosi mereka.
  7. Dapat menjadi sarana belajar bagi anak-anak.
  8. Dapat meningkatkan kemauan dan kemampuan membaca anak-anak.
  9. Dapat melatih kemampuan memecahkan masalah atau problem solving pada anak.
  10. Dapat mendorong imajinasi anak-anak.

Dari beberapa manfaat tersebut, maka tidaklah salah memberikan game kepada anak-anak selama hal tersebut tidaklah berlebih.

Selain beberapa game mengasah otak tersebut, beberapa game yang berbeda juga bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan pada acara ulang tahun anak.

Bermain game adalah aktivitas yang menyenangkan bagi semua orang termasuk anak-anak, aktivitas ini akan semakin menyenangkan dengan ditemani beberapa camilan lezat dan sehat dari Yupi seperti Yupi Strawberry Kiss, Yupi Bolicious Lychee, dan masih banyak lagi camilan dari Yupi lainnya.

Semoga informasi dari Yumin tentang permainan atau game mengasah otak kali ini bermanfaat untuk Yupiers dan selamat bermain.

Home Our Story Events Games Profile