cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

6 Tips Mengajari Anak Belajar Mewarnai dengan Menyenangkan

Belajar mewarnai merupakan salah satu pelajaran anak TK yang memiliki banyak manfaat bagi mereka. Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, tidak sering juga seorang anak merasa bosan dalam melakukan pembelajaran yang satu ini.

Jika hal tersebut sudah terjadi, tentunya Yupiers perlu beberapa tips mengajari anak belajar mewarnai dengan benar yang efektif pada anak TK maupun Paud.

Namun sebelum mengetahui beberapa tips tersebut, apakah Yupiers sudah mengetahui kapan usia paling tepat untuk mengajari anak mulai belajar mewarnai? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pada saat anak berusia 3 tahun.

Pada awalnya mungkin anak-anak mulai mewarnai dengan sembarangan sesuai dengan kemauan mereka. Namun seiring berjalannya waktu, Yupiers bisa mengarahkan anak-anak untuk menggunakan warna yang lebih tepat pada beberapa gambar.

Jika anak-anak sudah memasuki masa-masa untuk  mewarnai, berikut ini adalah beberapa informasi tentang mewarnai dari Yupi. Mulai dari beberapa cara mengajari anak-anak belajar mewarnai, teknik mewarnai, manfaatnya hingga beberapa rekomendasi aplikasi untuk mewarnai. Penasaran kan? Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini! 

Cara Mengajari Anak TK/Paud Belajar Mewarnai dengan Benar

Mengajari anak Paud dan TK untuk belajar mewarnai memang tidaklah mudah, terkadang mereka ingin mewarnai sesuai dengan kemauan mereka. Belum lagi bisa saja anak merasa bosan dengan kegiatan ini, karena hal tersebut berikut ini beberapa cara mengajari anak belajar mewarnai dengan benar dan menyenangkan.

1. Gunakan Peralatan yang Menarik

Cara mengajari anak belajar mewarnai yang pertama adalah gunakanlah peralatan yang menarik. Menggunakan peralatan yang menarik akan membuat mereka semakin bersemangat dalam mewarnai gambar.

Dalam memilih peralatan yang menarik, Yupiers bisa melibatkan anak-anak untuk memilih sendiri peralatan mewarnai mereka mulai dari buku, pensil warna atau krayon dan peralatan lainnya.

2. Mengenalkan Warna Dasar

Selain menggunakan peralatan yang menarik, langkah awal yang bisa Yupiers lakukan untuk mengajari anak-anak mewarnai adalah dengan memperkenalkan beberapa warna dasar. 

Yupiers bisa memulai dengan beberapa warna dasar yang sering berada disekitar anak-anak, Hal tersebut akan lebih mempermudah anak-anak dalam mengenal berbagai macam warna.

3. Mewarnai Sambil Bermain

Salah satu cara paling ampuh untuk mengajari anak-anak tentang berbagai macam hal adalah dengan belajar sambil bermain. Hal tersebut juga berlaku untuk mewarnai, Yupiers dapat mengajari belajar mewarnai sambil bermain.

Ada berbagai cara untuk mengajari anak mewarnai sambil bermain dan salah satunya adalah dengan memberikan gambar yang menarik.

Contoh gambar untuk belajar mewarnai yang menyenangkan yaitu seperti beberapa produk Yupi Gummy ada binatang, buah-buahan, dan karakter lainnya yang unik. Yupiers juga bisa mewarnai sambil menikmati produk permen Yupi seperti Yupi Strawberry, Yupi Baby Bears, Yupi Gummy Lunch, dan masih banyak lagi produk lainnya.

4. Mengajarkan Mewarnai Dari Lingkungan Sekitar

Cara untuk mengajari anak-anak belajar mewarnai gambar yang selanjutnya adalah pemandangan dari lingkungan sekitar. Anak-anak memiliki daya imajinasi yang besar, dan karena hal tersebut anak-anak seringkali memberikan warna yang berbeda pada suatu objek atau benda saat belajar mewarnai.

Hal tersebut tidaklah salah, namun akan menjadi lebih baik jika Yupiers memberikan arahan tentang warna yang seharusnya digunakan pada suatu objek atau benda. Yupiers bisa mulai dari beberapa objek atau benda dari lingkungan sekitar anak-anak seperti daun yang biasanya berwarna hijau, kayu yang berwarna coklat, dan lain sebagainya.

5. Mewarnai Objek Sederhana

Cara belajar mewarnai untuk anak TK dan Paud yang menyenangkan lainnya adalah dengan mewarnai objek dengan bentuk yang sederhana.

Beberapa bentuk sederhana seperti segitiga pada gambar genteng rumah, lingkaran pada bola dan lain sebagainya bisa Yupiers berikan kepada anak-anak.

Yupiers juga bisa memberikan arahan tentang warna yang seharusnya digunakan pada gambar tersebut, namun jika anak-anak mempunyai imajinasi dengan warna lainnya jangan larang atau hentikan mereka.

6. Berikan Apresiasi

Belajar mewarnai sama seperti proses belajar yang lainnya seperti belajar membaca atau belajar berhitung, dimana sangat penting bagi Yupiers untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak.

Yupiers dapat memberikan apresiasi seperti kata-kata pujian, pelukan atau bahkan sampai hadiah menarik dari Yupi seperti Yupi Lunch Box, atau hadiah menarik lainnya saat anak-anak berhasil menyelesaikan tugas mewarnai mereka dengan baik.

Inilah Teknik-Teknik Dalam Mewarnai yang Wajib Diketahui

Setelah mengetahui beberapa cara mengajari anak belajar mewarnai yang benar dan menyenangkan, lantas bagaimana teknik mewarnai yang benar? Berikut ini adalah beberapa teknik dalam mewarnai yang perlu Yupiers ketahui agar bisa semakin mengasah kemampuan anak-anak. Simak selengkapnya di bawah ini :

1. Teknik Gradasi

Bagaimana cara mewarnai dengan teknik gradasi? Teknik gradasi ini bisa digunakan untuk memberikan tingkat kecerahan yang berbeda pada sebuah gambar dengan warna yang sama. Tekanan pada alat mewarnai akan memberikan hasil yang berbeda.

Jika ingin memberikan warna yang lebih cerah, maka tekanan bisa diberikan dengan lebih sedikit. Sebaliknya jika ingin memberikan warna yang lebih gelap, maka bisa memberikan tekanan yang lebih besar.

2. Teknik Layer

Teknik yang kedua adalah teknik layer. Dengan menggunakan teknik layer bisa memperkuat warna atau ingin menggabungkan beberapa warna. Pada awalnya, Yupiers bisa menggunakan suatu warna secara tipis, lalu kemudian memberikan warna yang lebih tebal di atas warna yang sebelumnya.

3. Skema Warna

Teknik mewarnai yang selanjutnya adalah dengan menggunakan skema warna. Skema warna adalah teknik membagi beberapa warna menjadi satu atau beberapa kelompok.

Bisa dikatakan juga teknik ini adalah teknik untuk mengelompokkan warna. Yupiers bisa membagi beberapa warna menjadi beberapa kelompok seperti warna hangat menggunakan warna kuning atau orange, sementara warna dingin adalah biru.

4. Menambahkan Kontras

Teknik menambahkan kontras ini sangat cocok untuk memperjelas bentuk sebuah gambar dengan satu warna yang sama. Cara menggunakan teknik ini sangat mudah, yaitu hanya perlu memberikan warna yang lebih gelap atau tebal pada bagian yang luar suatu gambar.

5. Menambahkan Variasi

Teknik yang berikutnya adalah menambahkan variasi. Variasi yang dimaksud ini adalah menambahkan warna lain dalam suatu gambar.

Teknik ini akan memberikan sebuah gambar beberapa warna yang cerah dan menyenangkan. Dalam menggunakan teknik ini, bagian yang paling sering diberikan variasi warna adalah pada bagian luar suatu gambar.

6. Mengeksplorasi Tekstur

Teknik mengeksplorasi tekstur sangat cocok untuk anak-anak untuk lebih meningkatkan kreativitas mereka. Cara menggunakan teknik ini adalah dengan menambahkan tekstur sederhana pada sebuah warna. Sebagai contoh, Yupiers bisa memberikan tekstur seperti huruf s secara horizontal pada air dengan warna biru.

7. Mencampurkan Warna

Teknik yang terakhir adalah dengan mencampurkan warna. Mencampurkan warna adalah teknik yang paling sering digunakan ketika mewarnai, namun perlu Yupiers arahkan agar beberapa warna yang dicampurkan terlihat serasi. Melalui teknik yang satu ini anak-anak akan lebih mengenal tentang perpaduan warna yang tepat. 

Sebagai contoh, Yupiers dapat mengajarkan anak-anak untuk mencampurkan warna kuning, orange dan merah. Melalui cara ini anak-anak akan melihat bagaimana perubahan warna bisa terjadi dari kuning menjadi orange lalu menjadi merah.

Baca Juga : Bosan? Ini Aktivitas untuk Anak di Rumah yang Menyenangkan

Manfaat Kegiatan Belajar Mewarnai dan Menggambar Untuk Anak

Belajar mewarnai tentunya akan memberikan beberapa manfaat tersendiri bagi anak-anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut.

1. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Manfaat belajar mewarnai bagi anak-anak yang pertama adalah dapat meningkatkan kemampuan motorik mereka. Kemampuan motorik adalah kemampuan untuk menggerakan anggota tubuh seperti tangan dan jari-jari tangan, mata, bibir, lidah, mulut dan yang lainnya.

2. Meningkatkan Fokus

Manfaat mewarnai yang kedua adalah dapat meningkatkan fokus anak-anak. Hal tersebut karena pada saat mewarnai, mereka akan memusatkan perhatian mereka untuk melakukan hal tersebut dan secara tidak langsung melatih mereka untuk fokus mengerjakan suatu hal.

3. Membantu Membuat Tulisan Tangan Menjadi Lebih Bagus

Manfaat mewarnai yang selanjutnya adalah dapat membantu anak-anak membuat tulisan tangan mereka menjadi lebih bagus.

Hal tersebut karena kegiatan mewarnai tentunya akan melatih anak-anak untuk menggunakan alat tulis dengan benar yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan alat tulis dan membuat tulisan tangan mereka menjadi lebih bagus.

4. Meningkatkan Kreativitas

Salah satu manfaat belajar mewarnai yang paling banyak orang ketahui adalah dapat meningkatkan kreativitas anak-anak. Hal ini karena mewarnai merupakan contoh kegiatan kreatif untuk anak yang sangat mengedukasi. Kreativitas merupakan hal penting yang harus diasah sejak dini pada anak-anak. Kreativitas pada akhirnya juga akan meningkatkan kemampuan anak-anak dalam memecahkan suatu masalah.

5. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Selain meningkatkan kreativitas, manfaat yang banyak orang ketahui tentang kegiatan mewarnai adalah dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Melalui kegiatan mewarnai, secara tidak langsung dan tanpa sadar anak-anak akan terus melatih koordinasi mata dan tangan mereka.

6. Meningkatkan Percaya Diri

Kegiatan mewarnai juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak. Hal tersebut karena ketika anak-anak sudah selesai memberikan warna pada suatu gambar, akan ada perasaan puas atas apa yang mereka telah lakukan dan akan meningkatkan kepercayaan diri mereka. 

Selain itu juga dengan membebaskan anak-anak mengekspresikan diri untuk memberikan warna juga akan semakin meningkatkan kepercayaan diri mereka. 

7. Mengekspresikan Emosi

Manfaat yang terakhir dari kegiatan mewarnai adalah sebagai sarana untuk mengekspresikan emosi. Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, emosi yang dipendam akan membuat anak-anak menjadi murung dan mudah depresi. Karena hal tersebut, mewarnai merupakan wadah yang tepat untuk menyalurkan emosi mereka.

Baca Juga : Manfaat Mengajarkan Anak Dua Bahasa

Rekomendasi Aplikasi yang Digunakan Untuk Belajar Mewarnai

Informasi terakhir dari Yupi tentang mewarnai adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan atau membantu anak-anak dalam belajar mewarnai. Dari berbagai macam aplikasi yang tersedia di smartphone, Yupiers dapat mencoba beberapa aplikasi berikut ini.

  1. Happy Color - Warnai dengan Angka
  2. Coloring and Drawing for Kids
  3. ABC Draw
  4. Simple Line Drawing for Kids
  5. Kids Doodle

Selain aplikasi untuk mewarnai, Yupiers juga ada rekomendasi game edukasi anak yang bisa digunakan untuk belajar, bisa langsung cek artikelnya disini ya,  game edukasi anak free download.

Itulah informasi lengkap tentang belajar mewarnai dari Yupi untuk Yupiers. Belajar mewarnai merupakan salah satu tahapan tumbuh kembang anak dan harus Yupiers maksimalkan. Semoga informasi tentang belajar mewarnai dari Yupi tersebut bermanfaat untuk Yupiers.